Kepala LLDIKTI IX Andi Lukman Tantang STIK Stella Maris Beralih Status dan Buka Fakultas Kedokteran

  • Bagikan

Nampak Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Drs Andi Lukman, M.Si bersama Ketua STIK Stella Maris, Siprianus Abdu, S.Si, S.Kep, Ns, M.Kes. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Drs Andi Lukman, M.Si secara resmi atas nama Mendikbudristek, menyerahkan Surat Keputusan izin pembukaan Prodi S1 Administrasi Kesehatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Stela Maris Makassar, Senin 14 Nopember 2022 di Aula Kampus Jl Maipa Makassar.

SK prodi baru itu diterima oleh Ketua STIK Stella Maris, Siprianus Abdu, S.Si, S.Kep, Ns, M.Kes, turut disaksikan Ketua Yayasan Ratna Miriam, Sr. Mariella Ersi SJMU, para pimpinan kampus, dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan serta dari RS Stella Maris Makassar dan undangan lainnya.

Kepala LLDIKTI Andi Lukman pada sambutan usai penyerahan mengatakan, SK Prodi S1 Administrasi Kesehatan kepada STIK Stella Maris adalah amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah.

Kehadiran prodi baru ini ini, berarti menambah pilihan baru bagi masyarakat memilih lanjut studi di STIK Stella Maris setelah sebelumnya pilihan hanya Keperawatan dab Profesi Ners.

STIK Stella Maris termasuk perguruan tinggi kesehatan swasta terbaik di Kantor LLDIKTI IX, terbukti dengan angka kelulusan alumni pada Uji Kompetensi mencapai di atas 90 persen dalam beberapa tahun terakhir ini. Capaian itu termasuk pantastis dan perlu terus dilakukan apresiasi.

Kantor LLDIKTI IX sangat mendukung pengembangan kelembagaan STIK Stella Maris. Termasuk mendukung langkah pihak kampus peralihan status sekolah tinggi jadi institut atau universitas.

Ketika STIK Stella Maris telah beralih status jadi universitas maka secepatnya pihak yayasan mempersiapkan tim pembukaan fakultas kedokteran. Nama besar Stella Maris akan memudahkan membuka fakultas kedokteran, kata Andi Lukman.

Ketua STIK Stella Maris Makassar, Siprianus Abdu, S.Si, S.Kep, Ns, M.Kes, pada kesempatan itu mengatakan, penyerahan SK prodi baru ini merupakan suka cita bagi seluruh civitas akademika kampus. Pembukaan prodi ini adalah kebutuhan dan tuntutan dari stakholder.

Saat ini STIK Stella Maris mengelola 2 prodi yakni Sarjana Keperawatan dan Prodi Ners dengan nilai akreditasi B dari BAN-PT, dengan jumlah total mahasiswa yang bertaransaksi pada PD Dikti mencapai 667 orang.

Jumlah dosen tetap 24 orang dengan kualifikasi 2 orang sedang dalam tahap menyelesaikan Studi Doktoral di Sint Paul University Filiphines dengan beasiswa penuh dari Yayasan Ratna Miriam.

Selain itu ada 1 prodi sedang pengupload borang ke dalam SIAGA yakni Prodi Administrasi Rumah Sakit (S1). Sedangkan 2 Prodi berikutnya yakni Ilmu Gizi (S1) dan Fisioterapi (S1) dalam rencana pengusulan permohonan rekomendasi dari LLDIKTI IX.

Ketua Yayasan Ratna Miriam, Sr. Mariella Ersi, SJMJ pada sambutannya mengatakan, penambahan prodi baru ini adalah kerinduan yang sudah lama dinantikan. Penyerahan SK prodi baru itu adalah prestasi dan kerja keras dari pihak kampus serta bantuan dan dukungan dari Kantor LLDIKTI IX.

Penyerahan prodi baru adalah momen bersejarah dan merupakan hadiah terindah dan tanggung jawab untuk melaksanakan.Sisi lain juga untuk merespon perubahan zaman dengan membuat transformasi pembelajaran pada dunia pendidikan dengan mengedepankan kreatifitas dan inovasi menghadapi tantangan zaman, katanya. (*/pp)

  • Bagikan