Ramai Srikandi Tana Luwu-Toraja Bidik Senayan

  • Bagikan

Hayarna Siap Kawal Luteng Jika Terpilih

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Perempuan Tana Luwu mulai ramai membidik Senayan. Menjadi bacaleg DPR RI. Kendaraan partai yang digunakan pun beragam warna. Potensi untuk duduk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Tana Luwu di pusat terbuka lebar.

Dari pelbagai sumber yang dihimpun Palopo Pos, beberapa nama srikandi Tana Luwu yang disebut-sebut akan maju ke Senayan. Dimulai dari Dr Hj Hayarna Basmin, SH, M.Si.

Baru-baru ini, bertepatan dengan HUT Partai NasDem ke-11, Pengurus DPD Partai Nasdem Kabupaten beserta para kadernya mengumumkan kepada publik DPD NasDem Sulsel di bawah komando Rusdi Masse, mendorong istri Bupati Luwu, Dr Hj Hayarna Basmin, SH, M.Si untuk maju dalam Pileg DPR RI Dapil Sulsel 3 dari Partai NasDem.
Pengumuman itu disampaikan langsung Ketua DPD NasDem Kabupaten Luwu, H Andi Arham Basmin.

Dalam arahannya itu, Arham Basmin, mengatakan kalau ia mendapatkan dua tugas dari Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse. Pertama menjadi Ketua Garda Pemuda-pemudi Nasdem Sulsel, kemudian kedua kedua meminta Dr Hj Hayarna Basmin untuk maju di Senayan pada Pemilu 2024.
"Partai NasDem Luwu wajib hukumnya bantu duduk di Senayan pada pemilu 2024 atas nama Dr Hj Hayarna Basmin, SH, M.Si," kata Arham.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Partai Nasdem Luwu, Adiatma, mengatakan selain memperingati HUT Nasdem Sulsel hari ini juga Deklarasi Dr Hj Hayarna Hakim menjadi Bacaleg tunggal yang di usung oleh Partai Nasdem Luwu pada Pileg DPR RI. Pasalnya Hayarna Hakim telah memiliki segudang pengalaman.

“Etta ini sudah dua priode menjadi ketua tim penggerak PKK kabupaten Luwu, mengawal bapak Basmin Mattayang. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Luwu, sehingga tentu beliau sudah kaya dengan pengalaman dalam hal mengurus rakyat,” ungkapnya.

Sementara itu Hayarna Basmin mengatakan jika salah satu fokus yang akan dilakukannya jika mendapat kepercayaan dari masyarakat Luwu adalah memperjuangkan terbentuknya Luwu Tengah.

DSP
Selain figur Dr Hj Hayarna Hakim, sebelumnya juga mendeklarasikan diri untuk maju di Senayan, tokoh perempuan Tana Luwu dan Toraja, Ir. Dewi Sartika Pasande.

DSP, tagline sapaan dari Dewi Sartika Pasande menyatakan diri akan maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI 2024.
“Saya Dewi Sartika Pasande mengatakan siap maju dalam pileg 2024 untuk DPR RI,” jelasnya.

DSP maju sebagai caleg bersama Partai Demokrat. Dirinya baru saja bergabung dengan partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pekan lalu.

Ketua Umum AKAR Bersatu, Pengurus KKLR dan Pengurus PMTI ini pun memohon dukungan segenap keluarga besar Luwu Raya dan Toraja. “Mohon Doa dan Dukungan keluarga semua. Semangat ki. Mamesa ki,” tandasnya.

Irmawati Yahya
Selain sosok DSP di Partai Demokrat, masih ada lagi satu figur perempuan dari Partai Demokrat yang disebut-sebut maju caleg DPR RI 2024. Adalah Irmawati Yahya. Istri dari almarhum Dr H Bahrum Daido. Mantan Anggota DPR RI 2 Periode.

Saat ini Ibu Irmawati Yahya tergabung dalam kepengurusan DPD Demokrat Sulsel di bawah kepemimpinan Ni'matullah. Dengan masuknya Ibu Irmawati Yahya, tentunya harapannya suara pemilih dari almarhum Dr H Bahrum Daido dapat tetap terjaga dan solid.

Sarce Bandaso
Lalu ada incumbent Sarce Bandaso dari PDIP, yang siap kembali maju Pileg 2024.

Pada periode pertamanya ini di Senayan, pelbagai program telah digelontorkan ke Tana Luwu dan Toraja.
Seperti, Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Kota Palopo senilai Rp1 miliar.

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), yang telah dikerjakan di Kelurahan Rantepao, Tallunglipu, dan Rantepaku. Program Bedah Rumah di Tana Luwu dan Toraja.

Selain itu, bantuan sosial dengan menyerahkan 500 kg beras, masing-masing isi 5 kilo per puck di Kantor DPC PDI Perjuangan, Toraja Utara, Rabu, 29 Desember 2021.
Peyerahan beras tersebut sebagai tanda kasih dari PDI Perjuangan dan diserahkan kepada sembilan kabupaten meliputi seluruh daerah pemilihan lll Sulsel.

Eva Stevani Rataba
Selain incumbent Sarce Bandaso, juga ada incumbent dari Toraja, yakni Eva Stevani Rataba. Istri dari mantan Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang ini merupakan kader Partai NasDem yang telah duduk di Senayan.

Beberapa hasil perjuangannya yang dibawa ke Tana Luwu dan Toraja, di antaranya menetapkan SMK Negeri 4 Tana Toraja sebagai SMK Pusat Keunggulan tahun 2022.

Selanjutnya, menyalurkan ratusan bea siswa program Indonesia Pintar (PIP) mulai dari SD, SMP, SMA/SMK.

ESR mengatakan bila PIP dari Kemdikbud tidak hanya untuk siswa kurang mampu, melainkan juga siswa disabilitas. Besaran bantuan beragam sesuai tingkat pendidikan penerima beasiswa baik ditingkat.(idr)

  • Bagikan