Kapolres Palopo Turun Tangan Atasi Tawuran Pelajar

  • Bagikan
Kapolres Palopo, AKBP DR (C) M. Yusuf Usman menyampaikan arahan saat Rakor pencegahan dan pengendalian tawuran pelajar di Aula Ratona Kantor Wali Kota, Selasa, 15 November 2022. --ft: istimewa

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-- Tawuran pelajar di Palopo yang kerap terjadi belakangan ini, kian meresahkan. Itu sering terjadi di Jl. Andi Kambo dan sekitar. Terakhir, sejumlah siswa SMA mengeroyok petugas polisi di Kel. Mugkajang, pada 1 November 2022 lalu.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Palopo, AKBP DR (C) M. Yusuf Usman SH SIK MT turun tangan untuk mengatasi masalah tersebut.

Pada Selasa, 15 Nopember 2022 kemarin, Kapolres menghadiri rapat koordinasi (Rakor) pencegahan dan pengendalian tawuran pelajar di Aula Ratona Kantor Wali Kota. Rapat ini dihadiri Sekkot Palopo Drs Firmanza DP SH MSi, Kasdim 1403 Palopo Mayor Cav Suparman SPd, Plt. Kadis Pendidikan Palopo, Plt. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Prov. Sulsel Ahmad Karim SE, para Kepala sekolah SMP/Madrasah, Kepala SMA/SMK/MA, dan guru BK jenjang SMP/madrasah.

Pada Rakor ini, Kapolres memberikan persepsi hukum tentang penganan kasus tindak pidana anak, khususnya pelajar yang terjadi di Palopo. Ia mengajak kepada tenaga pendidik agar mengambil peran penting dalam mengantisipasi terjadinya tawuran antar pelajar dalam menjaga Harkamtibmas. Serta meminimalisir adanya penggunaan obat terlarang di kalangan pelajar yang melibatkan instansi terkait.

Sesuai rilis yang diterima Palopo Pos, pihak kepala sekolah yang hadir meminta agar Pemda/Satpol-PP setiap saat melakukan patroli di setiap sekolah dalam menagantisipasi Harkamtibmas. Menghimbau agar Polisi Santri bisa menyasar sekolah dalam memberikan pendejatan religi (pesantren kilat) bagi pelajar. Serta bisa melakukan pengaturan jalan di sekolah kususnya pada pagi hari dan pulang sekolah.

Agar pihak dinas pendidikan/sekolah melakukan MoU dengan pihak kepolisian terkait pelajar yang mengunakan kendaraan ke sekolah. Menghimbau agar Lurah sampai RT juga melakukan pengawasan setiap pelajar yang berkeliaran diluar saat jam sekolah berlangsung dalam meminimalisir terjadinya tawuran pelajar. (rls)

  • Bagikan