Imigrasi Palopo Rapat Penguatan Timpora di Lutim

  • Bagikan

Malili – Kamis, 17 November 2022, Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo menggelar Rapat penguatan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Tingkat Kecamatan Kabupaten Luwu Timur berlokasi Aula Wisma Golden House, Malili, Kabupaten Luwu Timur.

Kegiatan rapat penguatan yang bertemakan “Sinergitas Tim Pengawasan Orang Asing dalam Upaya Penegakan Hukum dan Keamanan untuk Menjaga Tegaknya Kedaulatan Negara” dihadiri sejumlah instansi terkait yang merupakan anggota dari TIMPORA yaitu seluruh camat, danramil, dan kapolsek se kabupaten luwu timur.

Kegiatan dibukan langsung oleh Ketua Panitia kegiatan, Adriansyah, beliau menyampaikan bahwa Tim Pora merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan sinergitas antar instansi terkait pengawasan orang asing di wilayah Kabupaten Luwu Timur. Sinergitas akan tercapai jika setiap instansi-instansi pemerintahan terkait pengawasan orang asing aktif berperan dalam kegiatan pengawasan orang asing, sesuai dengan tugas dan fungsi dari masing-masing instansi, serta aktif berupaya meningkatkan komunikasi dan kolaborasi dalam berbagai kegiatan di lapangan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan narasumber yakni Kepala Bidang Intelijen, Penindakan Keimgrasian, Kantor Wilayah Sulawesi Selatan, Mirza Akbar, beliau memamparkan berbagai isu-isu keimigirasian terkini, salah satunya yakni pelaksanaan KTT G20 di Nusa dua Bali yang dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat sinergitas antar instansi-instansi terkait dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing, beliau menyampaikan kita dapat mengambil pelajaran dari kegiatan tersebut untuk dapat kita terapkan di wilayah kerja kita nantinya.

Kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pora Tingkat Kecamatan Kabupaten Luwu Timur berjalan dengan aman dan lancar. Dan dengan adanya Rapat Tim Pora ini diharapkan memudahkan instansi-intsansi terkait untuk berkolaborasi terkait informasi pengawasan orang asing, karena pengawasan orang asing bukan hanya tugas imigrasi semata, namun merupakan tugas dari semua instansi demi menjaga tegaknya kedaulatan negara.(rls/ary)

  • Bagikan