Arab Saudi Diterjang Banjir Bandang, 2 Tewas di Jeddah

  • Bagikan
Banjir bandang di Arab Saudi menyebabkan 2 orang tewas di Jeddah. (Times Now News)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JEDDAH-- Cuaca ekstrim saat ini melanda Arab Saudi. Hujan deras menyebabkan banjir bandang. Sebanyak 2 orang tewas di Jeddah.

Mobil tersapu banjir, jalan terendam, dan penerbangan tertunda, serta sekolah ditutup. Hujan deras terjadi di Jeddah disertai badai, guntur, dan kilat menyebabkan banjir bandang. Banjir memblokir jalan menuju Makkah dan memaksa sekolah tutup.

Sedikitnya dua kematian dilaporkan pada Kamis, 24 November 2022 ketika hujan deras mengguyur. Pihak berwenang mencatat bahwa Jeddah menerima curah hujan 965 mm dalam enam jam, yang setidaknya 15 kali curah hujan tahunan rata-rata yang diterima kota tersebut.

Beberapa penerbangan di Bandara King Abdulaziz ditunda. Sekolah-sekolah juga ditutup seperti dilansir dari Times Now News, Sabtu, 26 November 2022. ”Sekolah di kota terdekat Rabigh dan Khulais ditutup untuk menjaga keselamatan siswa,” kata Saudi Press Agency (SPA).

”Dua kematian telah dicatat sejauh ini, dan kami meminta semua orang untuk tidak keluar kecuali jika diperlukan,” kata kicauan dari akun Twitter Pemerintah Daerah Makkah.

Video menunjukkan kendaraan hanyut dalam banjir bandang yang disebabkan oleh hujan. Beberapa video yang di-posting media lokal bahkan memperlihatkan sebuah kapal yang diduga milik Pertahanan Sipil, mengangkut orang-orang yang terdampar di jalan yang terendam air.

”Air luber ke beberapa fasilitas di Kota King Abdulaziz di Jeddah dan situasi ditangani sesuai dengan status darurat yang berlaku,” kata pernyataan Kementerian Urusan Kesehatan Garda Nasional. (jawapos/pp)

  • Bagikan