Bangkitkan Pariwisata, Ratusan Pelari Ikuti Fun Run TBTF 2022 di Makale

  • Bagikan

Wabup dr. Zadrak Tombeg didampingi Kapolres AKBP. Juara Silalahi saat melepas ratusan peserta Fun Run 3K dan 8K Toraja & Beyond Tourism Festival di Plaza Kolam Makale, Sabtu (26/11/2022) pagi. --risna-1

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Ratusan pelari mengikuti Fun Run 2022 sebagai rangkaian kegiatan event Toraja & Beyond Tourism Festival (TBTF) di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Pelepasan oleh Wakil Bupati Tana Toraja, dr. Zadrak Tombeg dan Kapolres Tana Toraja, AKBP. Juara Silalahi di seputaran Plaza Kolam Makale, Sabtu (26/11/2022).

Tercatat 101 pelari yang mengikuti Fun Run 2022 dengan dua jarak yakni 3 Kilometer dan 8 Kilometer yang berbeda rute.

Event terlaksana atas kerjasama Toraja Tourism Board, Teman Parekraf Nasional (Tepanas) dan panitia Kongres XXXVIII Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Kota Makale.

Selain Fun Run, pelaksana juga menyediakan pameran kerajinan dan UMKM di Kompleks Pasar Seni Makale, serta berbagai kegiatan diskusi lainnya yang telah dibuka oleh Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong saat kegiatan NGOPI AJA (NGObrol koPI toraAJA) seri perdana di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja di Marante.

Ketua Tepanas, Panca Sarungu yang ikut serta Fun Run bersama peserta menyampaikan sangat antusias melihat para pelari dan berupaya agar kedepan dapat membuat event yang lebih besar lagi bersama komunitas lari di Toraja.

“Hari ini kita kedatangan Bapak Kapolres Tana Toraja yang juga pelari, ada Bapak Wakil Bupati Tana Toraja yang telah mendukung penuh kegiatan kami dari Jakarta,” ujarnya.

Kata Panca, selama Toraja & Beyond Tourism Festival 2022 diadakan di Toraja (Tana Toraja dan Toraja Utara) ada tujuh kegiatan yang digelar dan bekerjsama dengan pemerintah daerah, GMKI, Run Toraja, Lakipadada Run dan beberapa sponsor lainnya.

“Ini juga sebagai rangkaian kegiatan dari Kongres ke 38 GMKI di Tana Toraja, maka itu ada dua rute jarak 3K dan 8K, juga ada Workshop, pameran UMKM, musik jazz penutup acara, Nobar bola dan lainnya,” terangnya.

Peserta Fun Run berasal dari wilayah Luwu Raya dan sekitarnya, Makassar, Toraja, Enrekang, Pinrang.

“Ini momentum kita kembali mengairahkan pariwisata dan ekonomi di Toraja sehingga banyak orang mengenal Toraja dan terus diadakan event-event yang luar biasa,” tutup Panca.

Sementara Wabup Zadrak sebelum melepas peserta menyampaikan terima kasih atas kegiatan Fun Run yang dapat mendongkrak kunjungan wisata di Toraja dan meningkatkan perekonomian yang ada.

“Terima kasih Fun Run Toraja & Beyond Tourism Festival, saya apresiasi dan inisiasi yang telah dilakukan panitia dalam menyukseskan kegiatan selama Kongres GMKI, selamat berolahraga,” tutupnya.

Setelah pelari sampai di garis finish, dilanjutkan senam aerobik dan pembagian Doorprize berupa jersey Run dan G20, sepatu, tas dan hadiah utama sport watch. (risna)

  • Bagikan

Exit mobile version