KPU Rancang Penambahan Dapil di Tana Luwu

  • Bagikan

Masukan Masyarakat Ditunggu Sampai 6 Desember

PALOPO -- Daerah Pemilihan (Dapil) berpotensi mengalami perubahan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah kini tengah merancang draf dapil yang baru. Mayoritas daerah mengusulkan adanya penambahan dapil.
Seperti dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur yang mengusulkan tiga draft rancangan daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilu 2024 di Luwu Timur.

Usulan tiga draft ini hasil rapat koordinasi penyusunan rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Luwu Timur dalam pemilu 2024 Rapat dihadiri Wakapolres Kompol Syamsul, perwakilan parpol, kepala OPD terkait, TNI dan Polri di Kantor KPU Luwu Timur, Jumat (18/11/2022).
Komisioner Divisi Teknis KPU Luwu Timur, Muhammad Abu mengatakan draft tersebut sudah dikirim ke KPU Sulsel.

KPU Sulsel akan meneruskan tiga usulan draft ini ke KPU RI. KPU RI nanti yang tentukan," kata Muhammad Abu, Ahad (20/11/2022).
Dijelaskan dari tiga draft tersebut ada yang mengusulkan empat dapil, lima dapil dan enam dapil.

Saat ini, Luwu Timur memberlakukan empat dapil yaitu Dapil 1 Malili-Angkona, Dapil 2 Wotu-Burau.
Kemudian Dapil 3 Mangkutana, Tomoni, Kalaena, Tomoni Timur dan Dapil 4 Nuha, Wasuponda dan Towuti.

"Sesuai tahapan, 23 November 2022, akan diumumkan ke publik untuk mendapat tanggapan dan masukan dari masyarakat," kata Abu.
Adapun pada 7 Desember 2022 akan dilakukan uji publik rancangan penataan dapil anggota DPRD kabupaten oleh KPU Luwu Timur.

Diberitakan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur, Zainal mengumumkan penambahan kursi di DPRD Luwu Timur.
Zainal saat rapat koordinasi penyusunan rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Luwu Timur dalam pemilu
2024.
Rapat ini dihadiri Wakapolres Kompol Syamsul, perwakilan parpol, kepala OPD terkait, TNI dan Polri di Kantor KPU Luwu Timur, Jumat (18/11/2022).
"Penambahan penduduk ini mempengaruhi jumlah kursi, dari 30 menjadi 35 kursi," kata Zainal.

Penambahan kursi ini kata Zainal karena adanya penambahan jumlah penduduk Luwu Timur dari pemilu sebelumnya.
"Jadi dari periode 2019 sampai 2022, ada penambahan jumlah penduduk Luwu Timur sekitar 10 ribu lebih," ujar Zainal.

KPU Lutra
Sementara itu, KPU Luwu Utara juga mengajukan dua rancangan dapil. Dijelaskan Kordiv Teknis Penyelenggaraan KPU Lutra Hayu Vandy, rancangan pertama sesuai dengan pemilu 2019 terdapat 4 dapil dan rancangan kedua ada perubahan menjadi 6 dapil.

"Kami juga sudah sampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Sulsel. Selanjutnya juga sudah kami umumkan dilaman, medsos, dan papan pengunjung KPU Luwu Utara untuk mendapat tanggapan masyarakat," ujar Hayu saat dikonfirmasi Palopo Pos, Ahad 27 November 2022.

Ia optimis sebelum pertengahan Desember mendatang, pihaknya ada adakan uji publik pada seluruh stakeholder, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, budayawan hingga akademisi akan dilibatkan nantinya, untuk menampung masukan dan tanggapan masyarakat terkait rancangan dapil ini.

KPU Palopo
Di Kota Palopo, dijelaskan Koordiv Teknis KPU Kota Palopo, Ahmad Adiwijaya saat ini sedang penggodokan draft penambahan dapil, serta jumlah alokasi kursi per dapil.

Dalam pengumuman tentang Rancangan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palopo Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 yang dilakukan di medsos FB, dimana ada 3 rancangan dapil yang diusulkan

Rancangan Pertama, yaitu masih tetap ada 3 Dapil. Yakni, Dapil Kota Palopo 1 (Kec. Wara, Kec. Wara Barat, dan Kec. Mungkajang).
Dapil Kota Palopo 2 (Kec. Wara Utara, Kec. Telluwanua, dan Kec. Bara). Dapil Kota Palopo 3 (Kec. Wara Timur, Kec. Wara Selatan, dan Kec. Sendana).

Sedangkan perubahan hanya terdapat pada jumlah alokasi kursi wakil rakyat di dapil tersebut. Seperti di Dapil Palopo 1 jumlah alokasi kursi dewan sebanyak 7. Lalu Dapil Palopo 2 sebanyak 9 kursi, dan Dapil Palopo 3 sebanyak 9 kursi. Total ada 25 kursi dewan untuk Pileg 2024 Kota Palopo.
Adapun jumlah penduduk Kota Palopo saat ini per November 2022 sebanyak 183.427 jiwa.

Rancangan Kedua, yaitu masih tetap dengan 3 dapil, hanya saja ada dapil yang jumlah kecamatannya bertambah dan ada yang berkurang. Seperti Dapil Palopo 1 (Kec. Wara dan Kec. Wara Timur) dengan alokasi 10 kursi. Dapil Palopo 2 (Kec. Wara Selatan, Wara Barat, Sendana, Mungkajang) dengan alokasi 6 kursi. Dapil Palopo 3 (Wara Utara, Telluwanua, Bara) dengan alokasi 9 kursi.

Rancangan Ketiga, ada 4 dapil. Yaitu, Dapil Palopo 1 (Kec. Wara dan Wara Utara) dengan alokasi 7 kursi. Dapil Palopo 2 (Kec. Wara Timur) dengan alokasi 5 kursi. Dapil Palopo 3 (Kec. Wara Selatan, Wara Barat, Sendana, Mungkajang) dengan alokasi 7 kursi. Dapil Palopo 4 (Kec. Telluwanua dan Bara) dengan alokasi 6 kursi.

Akhmad mengatakan, rancangan ini dapat ditanggapi masyarakat hingga 6 Desember mendatang. "Masukan dan tanggapan masyarakat dibuat secara tertulis sesuai dengan format yang dapat diperoleh di Kantor KPU Palopo atau diunduh pada laman helpdesk.kpu.go.id/tanggapan," pungkasnya.

KPU Luwu
Di Belopa, KPU Kabupaten Luwu menggelar Focus Group Discusion (FGD) Rancangan dan Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) Pemilu 2024 di Warkop D’Payung, Kecamatan, Kabupaten Luwu, Rabu, 23 November 2022, lalu.
Ketua KPU Luwu, Hasan Sufyan SIP, MIP dalam menyampaikan pentaan Dapil menjelang Pemilu 2024 merupakan salah satu tahapan Pemilu yang harus dilaksanakan KPU Luwu.

“Penataan Dapil dalam rangka Pemilu 2024 mendatang, KPU Luwu tetap menerapkan prinsip-prinsip yang harus dijunjung dalam penyusunan Dapil, dimana ada tujuh prinsip, diantaranya Kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsionalitas, Integralitas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan merupakan prinsip-prinsip yang harus dijunjung dalam penyusunan Dapil,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Komisioner KPU Luwu Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Abdullah Sappe Ampin Maja, menjelaskan, terkait Penataan Dapil, KPU Luwu merancang 3 naskah rancangan dapil, Pertama penerapan 4 Dapil sama seperti Pemilu lalu, kedua Penerapan 6 Dapil dan, ketiga, Penerapan 8 Dapil.

“Berdasarkan data DAK2 yang diterima KPU dari Kemendagri (Kpt KPU Nomor 457 tahun 2022), jumlah penduduk kabupaten Luwu yaitu 373.656 jiwa, dengan demikian anggota DPRD Luwu berjumlah 35 kursi dengan bilangan pembagi penduduk (BPPd) yaitu 10.675 jiwa,” Kata Abdullah Sappe.

Sementara untuk komposisi pada rancangan 4 Dapil di Luwu terdiri Dapil 1, meliputi Belopa, Belopa Utara, Kamanre, Bajo,Bajo Barat, Latimojong, Bastem dan Bastem Utara. Dapil 2 meliputi Suli, Suli Barat, Larompong dan Larompong Selatan.

Dapil 3 meliputi Walenrang, Walenrang Timur, Walenrang Barat, Walenrang Utara, Lamasi dan Lamasi Timur.
Dapil 4 meliputi, Bua, Bupon, Ponrang dan Ponrang Selatan.
Sementara jika penerapan 6 Dapil terdiri : Dapil 1 meliputi, Belopa, Belopa Utara, Bajo, Bajo Barat dan Latimojong.

Dapil 2 meliputi Suli, Suli Barat, Larompong dan Larompong Selatan.
Dapil 3 meliputi Walenrang Utara, Lamasi dan Lamasi Timur.
Dapil 4 Meliputi Walenrang, Walenrang Barat dan Walenrang Timur.
Dapil 5 meliputi Bua, Bupon, Bastem dan Bastem Utara. Dapil 6 terdiri dari Ponrang, Ponrang Selatan dan Kamanre. Sementara untuk penerapan 8 Dapil terdiri Dapil 1 meliputi, Belopa, Belopa Utara, dan Kamanre. Dapil 2 meliputi, Suli dan Suli Barat. Dapil 3 meliputi Larompong dan Larompong Selatan.

Dapil 4 meliputi Bajo, Bajo Barat, Latimojong, Bastem dan Bastem Utara. Dapil 5 meliputi, Walenrang Utara, Lamasi dan Lamasi Timur.
Dapil 6 meliputi Walenrang, Walenrang Barat dan Walenrang Timur. Dapil 7 meliputi meliputi kecamatan Bua dan Ponrang serta Dapil 8 meliputi Bupondan Ponrang Selatan.(rul/idr)

Jumlah Dapil Kab/Kota se-Tana Luwu Saat Ini

Kab. Luwu :

Nama Dapil Wilayah Dapil Jumlah Kursi
LUWU 1 Basse Sangtempe Utara, Basse Sangtempe, Bajo Barat, Bajo, Belopa, Belopa Utara, Kamanre, Latimojong 9
LUWU 2 Larompong, Larompong Selatan, Suli, Suli Barat 7
LUWU 3 Lamasi, Lamasi Timur, Walenrang, Walenrang Barat, Walenrang Timur, Walenrang Utara 10
LUWU 4 Bua, Ponrang, Ponrang Selatan, Bua Ponrang 9
TOTAL 35

Kota Palopo :

Nama Dapil Wilayah Dapil Jumlah Kursi
KOTA PALOPO 1 Mungkajang, Wara, Wara Barat 8
KOTA PALOPO 2 Bara, Telluwanua, Wara Utara 9
KOTA PALOPO 3 Sendana, Wara Selatan, Wara Timur 8
TOTAL 25

Kab. Luwu Utara :

Nama Dapil Wilayah Dapil Jumlah Kursi
LUWU UTARA 1 Mappedeceng, Masamba, Rampi 7
LUWU UTARA 2 Bone-Bone, Sukamaju, Tana Lili 10
LUWU UTARA 3 Malangke, Malangke Barat 6
LUWU UTARA 4 Baebunta, Sabbang, Rongkong, Seko 12
TOTAL 35

Kab. Luwu Timur

Nama Dapil Wilayah Dapil Jumlah Kursi
LUWU TIMUR 1 Angkona, Malili 7
LUWU TIMUR 2 Burau, Wotu 7
LUWU TIMUR 3 Kalaena, Mangkutana, Tomoni, Tomoni Timur 7
LUWU TIMUR 4 Nuha, Towuti, Wasuponda 9
TOTAL 30

  • Pileg 2024 Jumlah Kursi Bertambah Menjadi 35
  • Bagikan