Hasil Akhir Piala Dunia:Jepang Buat Kejutan, Permalukan Spanyol 2-1, Jerman Menang 4-2 Atas Kostarika Tapi Tersingkir

  • Bagikan

Para pemain Jepang merayakan gol. Jepang berhasil mengalahkan Spanyol 2-1.--afp--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR--Wow, luar biasa! Yah, kejutan demi kejutan dibuat tim nasional Jepang. Dua tim raksasa di babak penyisihan berhasil digebuknya.

Setelah mempermalukan Jerman 2-1, kali ini justru paling dramatis. Yakni, tampil trengginas. Berhasil mempermalukan timnas Spanyol yang penuh dengan pemain andalan.

Yah, dengan kemenangan itu, Jepang pun melenggang manis ke  babak 16 usai menang atas tim Matador di Grup E, Jumat, 2 Desember 2022, dini hari Wita di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar.

Di pertandingan dengan waktu yang sama di Grup E, kemenangan Jerman atas Kosta Rika 4-2 di laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022, tak berarti apa-apa. Hasil itu tak mampu membawa Die Mannschaft lolos ke babak 16 besar. Tim Panser kalah selisih gol dari Spanyol. Tim Matador pun mendampingi Tim Samurai biru ke babak 16 besar.

Pada partai Jepang versus Spanyol, Tim Matador sempat unggul di babak pertama lewat sundulan Alvaro Morata di menit ke-11.

Striker Atletico Madrid itu sukses menuntaskan umpan silang Cesar Azpilicueta.

Memasuki babak kedua, Jepang mencoba bangkit dan menambah intensitas serangan. Hasilnya, tembakan keras Ritsu Doan dari luar kotak penalti pada menit ke-48 sukses mengoyak gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon.

Tiga menit berselang, Jepang kembali membuat kejutan lewat gol yang dilesakkan Ao Tanaka dari jarak dekat usai menyambut umpan tarik Kaoru Mitoma dari sisi kiri.

Wasit sempat meninjau VAR karena bola diduga sudah keluar garis sebelum Mitoma melepaskan umpan. Beruntung wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Jepang pun unggul 2-1.

Tertinggal 1-2 membuat Spanyol terlecut. Pelatih Luis Enrique menginstruksikan para pemainnya untuk meningkatkan tempo permainan dan perpindahan bola lebih cepat.

Beberapa kali para pemain Spanyol melakukan umpan satu dua di kotak penalti, namun upaya mereka masih bisa dipatahkan Maya Yoshida dan kawan-kawan.

Penampilan impresif kiper Jepang Shuichi Gonda juga patut diacungi jempol. Sedikitnya ada dua penyelamatan penting dilakukan Gonda untuk menggagalkan tembakan Marco Asensio dan Yeremi Pino.

Upaya Spanyol untuk membalikkan keadaan tak kunjung membuahkan hasil hingga laga usai. Jerman pun harus rela dikalahkan tim Asia di akhir laga.

Hasil ini membuat Jepang lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E dengan enam poin. Sementara Spanyol tetap lolos sebagai runner up karena unggul selisih gol atas Jerman yang sama-sama mengemas empat poin.

Pemain Jerman meski menang, harus tertunduk malu karena tidak lolos ke babak 16 besar. Tim panser kalah selisih gol dari Spanyol. --net--

Sementara Jerman vs Kostarika, saat bermain di Al Bayt Stadium, Jumat (2/12) dini hari WIB, Jerman menang berkat gol-gol dari Serge Gnabry di menit ke-10, Kai Havertz (73', 85'), dan Niclas Fullkrug (89'). Kosta Rika hanya mampu membalas lewat Yeltsin Tejeda (58') dan Juan Pablo Vargas (70').

Meski menang, hasil ini tak membawa skuad asuhan Hansi Flick melaju ke fase knockout. Mereka hanya finis di posisi tiga dengan empat poin, kalah selisih gol dari Spanyol yang finis di urutan kedua usai kalah 1-2 dari Jepang.

Sedangkan Kosta Rika finis di posisi juru kunci dengan raihan tiga poin. (*/net/pp)

Klasemen Akhir Grup E

Susunan Pemain

Kosta Rika: Navas, Vargas, Waston, Duarte, Oviedo (Wilson 90+3'), Tejeda (Contreras 90+3'), Borges, Fuller (Bennette 74'), Campbell, Aguilera (Salas 46'), Venegas (Matarrita 74')

Jerman: Neuer, Rudiger, Sule (Ginter 90+3'), Raum (Gotze 67'), Kimmich, Goretzka (Klostermann 46'), Gundogan (Fullkrug 55'), Gnabry, Musiala, Sane, Mueller (Havertz 66')

Susunan pemain Jepang vs Spanyol:

Jepang XI (3-4-3): Shuichi Gonda; Ko Itakura, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi; Junya Ito, Hidemasa Morita, Ao Tanaka, Yuto Nagatomo; Diachi Kamada, Daizen Maeda, Take Kubo.

Spanyol XI (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Rodri, Pau Torres, Alejandro Balde; Gavi, Sergio Busquets, Pedri; Nico Williams, Alvaro Morata, Dani Olmo.

  • Bagikan