Taqwa Muller dan Akbar Leluasa Disepakati Calon Wabup Lutim

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI– Setelah tiga kali gagal melakukan musyawarah untuk menentukan calon wakil bupati Luwu Timur (Lutim) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), akhirnya, Jumat 2 Desember 2022 ditetapkan dua nama cawabup Lutim.

Bertempat di Hotel Swiss Bell Inn Makassar, sebanyak 8 partai pengusung menyepakati Muhammad Taqwa Muller dan Andi Akbar Leluasa sebagai cawabup Lutim yang akan mengikuti tahapan selanjutnya.

“Alhamdulillah telah dilaksanakan musyawarah dan mencapai mufakat. Dua nama telah ditetapkan menjadi calon wakil Bupati Luwu Timur. Terima kasih kepada pimpinan Partai Pengusung yang telah menghadiri undangan musyawarah ini,” kata Aripin Ketua DPRD Lutim sekaligus sebagai Ketua Panitia Pemilihan (Panlih), Jumat (2/12/2022).

Cawabup Muh Taqwa Muller dan Andi Akbar Leluasa sama-sama dari Golkar.Taqwa adalah anggota DPRD Sulsel dari Fraksi Golkar, dan Andi Akbar Leluasa adalah pengurus DPP Golkar.

Terpisah, Direktur Badan Kajian Pengawasan Kebijakan Pembangunan AMJI-RI Muh Rafi’i mengatakan, penetapan ini telah menjawab keraguan masyarakat Lutim.

“Ditetapkannya dua nama cawabup yang akan bersaing menjadi Wabup Lutim telah menjawab keraguan masyarakat jika akan terjadi kekosongan jabatan wabup hingga masa jabatan Bupati Lutim berakhir,” katanya, melalui sambungan telepon, Jumat (2/12/2022.

Keraguan masyarakat bukan tanpa alasan, menurut Rafi’i, proses penentuan cawabup Lutim tergolong lama, sekitar tujuh bulan.

Rafi’i lanjut mengatakan, agar panlih atau gabungan parpol pengusung dapat segera mungkin mengajukan dua nama cawabup tersebut kepada DPRD Lutim melalui Bupati untuk dipilih dalam rapat paripurna DPRD.

“Semoga pemilihan Wabup Lutim dapat segera diputuskan dalam rapat paripurna dan selanjutnya diusulkan pengesahan pengangkatan Wabup kepada Mendagri melalui Gubernur Sulsel,” katanya

Jangan berlarut-larut lagi proses pemilihannya di DPRD, sambungnya.

Ditanyakan soal dua nama cawabup yang telah ditetapkan, tokoh pemuda Luwu Raya ini mengatakan keduanya layak untuk jadi wabup Lutim.

“Kedua sosok semuanya layak. Namun, saya menilai saat ini sosok Taqwa yang paling layak dan tepat untuk menjadi Wabup mendampingi Bupati Budiman,” ujar Rafi’i

Muh Taqwa Muller anggota DPRD Sulsel
Rafi’i mengungkapkan penilaiannya, Taqwa telah memiliki cukup pengalaman sebagai anggota DPRD Sulsel. Ia juga selama ini berdomisili di Lutim sehingga ia sudah paham betul apa yang harus dikerjakan dalam membantu Bupati menjalankan pembangunan di Lutim.

Selain itu, jika Taqwa ditakdirkan diberi mandat sebagai Wabup Lutim tentu masyarakat Lutim dapat menerimanya dengan baik. Sosok Taqwa, salah satunya dapat menjadi pengobat rindu bagi masyarakat Lutim dari almarhum Muh Thoriq Husler, pungkasnya.

Muh Taqwa Muller merupakan adik kandung dari almarhum Muh Toriq Husler yang merupakan Bupati Incumben dan terpilih kembali pada pilkada Lutim 2020 lalu. (rls)

  • Bagikan