Truk Enam Roda Hanyut Terseret Air di Sungai Makawa

  • Bagikan
BANGKAI truk yang hanyut dihantam banjir di Sungai Makawa, Walenrang, Sabtu sore 3 Desember 2022. IST
  • Sopir Enal: Air Deras dan Tiba-tiba Datang

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID WALMAS -- Hujan deras, disertai angin kencang dan petir yang terjadi di Luwu Raya, menyebabkan air di Sungai Makawa, Kecamatan Walenrang Utara (Walut) Walmas, Kabupaten Luwu, meluap, Sabtu, 3 Desember 2022.


Satu unit mobil truk enam roda yang saat itu sedang mengambil sirtu di sungai, terbawa arus.
Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun, akibat terbawa arus, menyebabkan bodi kendaraan ringset berat dan menyebabkan kerugian ditaksir Rp100 juta.


Pemilik truk, Enal warga Salutubu, kepada Palopo Pos, mengatakan, dia bersama dua rekannya sedang asik menaikkan sirtu ke atas dum truk.


Situasi saat itu, kata dia, hujan deras disertai angin kencang. Salah satu rekannya, Anto, berteriak air besar dari bagian hulu (barat) sungai. Dia bersama dua rekannya itu, kemudian kabur meninggalkan truk.
"Diserebetlah truk saya dengan air dan sempat terbawa arus hingga 1 kilometer dari titik awal. Tapi saya bersyukur karena kami bertiga tidak apa-apa, hanya truk yang jadi korban," kata Enal, menceritakan kejadian, Ahade, 4 Desember 2022.


Pria dua anak itu, mengaku, saat hujan deras, debit air di Sungai Makawa, normal-normal saja.
Berselang, satu jam kemudian, tiba-tiba volume air mulai naik dan tiba-tiba dari bagian barat sungai air dengan tegangan tinggi dan volume yang begitu besar mengalit begitu cepat.


Beruntung, dia mengaku cepat lari dan naik ke tanggul bersama dua rekannya, sehingga jiwa ketiganya selamat dari maut. "Alhamdulillah, kami masih bisa selamat," pungkasnya.(ded)

  • Bagikan