BPJS Ketenagakerjaan Luwu Timur Bentuk Tim Kepatuhan, Libatkan Kejaksaan

  • Bagikan

Suasana saat pembentukan Forum Kepatuhan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang dilaksanakan di Pendopo Kejaksaan Luwu Timur, Selasa 6 Desember 2022. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI-- BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek membentuk Tim Kepatuhan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Luwu Timur.

Pembentukan Forum Kepatuhan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini dilaksanakan di Pendopo Kejaksaan Luwu Timur, Selasa 6 Desember 2022.

Adapun bentukan Tim terpadu Kepatuhan ini, terdiri dari Kejaksaan Luwu Timur, Dinas PTSP, Disnaker, UPT Pengawas ketenagakerjaan dan keselamatan kerja Wilayah II Palopo.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Luwu Timur (Malili) , Zainuddin mengatakan dengan terbentuknya tim kepatuhan ini ini dapat lebih efektif untuk mendongrak peserta BPJS di Luwu Timur.

"Ya, kita optimis dibentuknya forum ini bisa lebih efektif dalam hal kepatuhan para penyediaan kerja yang ada di Luwu Timur. Dan dapat memberikan dampak yang positif," katanya.

Ia mengatakan,masih banyak dari para penyedia kerja atau Perusahaan yang selama ini belum menjalankan kewajibannya.

"Tercatat masih banyak perusahaan yang tidak mendaftarkan seluruh pekerjanya di BP Jamsostek, Padahal itu adalah hak bagi pekerja dan kewajiban bagi pengusaha,” jelasnya.

Zainuddin mengatakan , dibentuknya Tim ini tentunya akan berdampak positif pada meningkatnya kepesertaan yang bertujuan untuk memberikan kesejahteraan melalui manfaat program BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja.

Dalam menjalankan forum ini, sebagai tindak lanjut implementasi Instruksi presiden Nomor 2 tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan, perlu adanya forum kemitraan dalam memperoleh dukungan dari para pemangku kepentingan.

Sekedar informasi ,Wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Luwu Timur ini meliputi 124 Desa dan 11 Kecamatan.

Sesuai Data BPJS ketenagakerjaan Luwu Timur, saat ini terdapat 734 Perusahaan yang terdaptar sebagai Perseta BPJS Ketenagakerjaan itu terdiri dari 18.490 Tenaga kerja.(abdul karim)

  • Bagikan