Dramatis! Menang Adu Penalti, Argentina Ketemu Kroasia di Semifinal

  • Bagikan

Pemain Argentina saat merayakan kemenangan. --net--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Akhirnya, Argentina menang dalam drama adu penalti saat menjajal Belanda di Perempatfinal Piala Dunia 2022, Sabtu, 11 Desember di Lusail Stadium.

Kemenangan ini tidak diraih dengan mudah. Tim Tango harus berjuang hidup mati untuk mendapatkan kemenangan tersebut lewat drama adu penalti setelah kedudukan 2-2.

Tak ada gol selama extra time dan duel lanjut ke adu penalti. Dalam drama tos-tosan, Argentina menang 4-3 dan berhak ke semifinal untuk bertemu Kroasia.

Sebenarnya, Lionel Messi cs sudah di atas angin sampai menit ke-73. Unggul 2-0, namun tidak dapat dipertahankan. Justru gol terjadi di masa injuri time.

Argentina unggul 2-0 lewat Lionel Messi. Ia menggandakan keunggulan Argentina atas Belanda di babak kedua. La Pulga mencetak gol dari tendangan 12 pas.

Argentina tampil menyerang sejak awal pertandingan. Rapatnya barisan pertahanan Belanda masih sulit ditembus Tim Tango hingga setengah jam pertandingan.

Argentina memecah kebuntuan pada menit ke-36. Nahuel Molina mencatatkan namanya di papan skor.

Lionel Messi menjadi otak di balik gol Argentina. La Pulga mengirim umpan terobosan ke Molina yang diselesaikan menjadi gol. Albiceleste memimpin 1-0 hingga turun minum.

Argentina mendapat hadiah penalti pada menit ke-74. Marcos Acuna dijatuhkan Denzel Dumfries di kotak terlarang.

Lionel Messi yang maju sebagai eksekutor Argentina sukses menjalankan tugas dengan sempurna. Tim Tango unggul 2-0 atas Belanda.

Hanya saja, Belanda kemudian memaksa ke extra time setelah Wout Weghorst mencetak brace untuk mengubah skor menjadi 2-2.

Pertarungan Belanda dengan Argentina berjalan ketat di babak pertama 15 menit hingga tak ada gol. Pada babak kedua, duel mulai sedikit terbuka dan kedua tim sama-sama punya peluang bagus untuk mencetak gol.

Gol tak kunjung datang selama extra time. Adu penalti harus digelar untuk mencari pemenang.

Belanda menjadi penendang pertama di adu penalti dan Virgil van Dijk gagal mencetak gol. Messi kemudian muncul sebagai eksekutor awal Argentina untuk memimpin 1-0.

Belanda masih belum bisa mencetak gol di penendang kedua karena bola tembakan Steven Berghuis ditepis Emiliano Martinez. Paredes kemudian membawa Argentina memimpin 2-0.

Teun Koopmeiners sukses mengeksekusi penalti untuk Belanda dan mengubah skor menjadi 1-2. Gonzalo Montiel kemudian memperbesdar keunggulan Argentina 3-1.

Belanda kembali memperkecil menjadi 2-3 setelah Wout Weghorst menaklukan Martinez. Enzo Fernandez gagal membuat jarak bagi Argentina karena bola tembakannya melebar.

Luuk De Jong membuat Belanda mendapat harapan setelah mengubah skor 3-3. Lautaro Martinez kemudian datang menyelamatkan Argentina setelah eksekusinya masuk dan skor kemenangan 4-3 didapat.

Sementara itu, sebelumnya, Timnas Kroasia menyingkirkan Brasil di fase perempatfinal Piala Dunia 2022. Luka Modric dkk menang adu penalti dan melaju ke semifinal!

Kroasia vs Brasil bentrok di Education City Stadium, Jumat (9/12/2022) malam WIB. Tim Samba tampil dominan sepanjang 2x45 menit, tapi Vatreni memaksa duel imbang tanpa gol dan lanjut ke babak tambahan.

Brasil memecah kebuntuan di extra time pertama melalui Neymar. Kroasia menyamakan skor di extra time kedua lewat Bruno Petkovic. Laga lanjut ke adu penalti!

Kroasia berhasil memenangkan adu penalti 4-2 setelah tendangan penalti Marquinhos membentur tiang gawang. Dejan Lovren cs menang dan lolos ke semifinal Piala Dunia 2022!

Kroasia menjadi tim pertama yang mengunci tiket ke semifinal Piala Dunia 2022.

Extra Time yang Mendebarkan

Pada babak extra time, Brasil tidak mengendurkan serangan. Kroasia fokus bertahan dan mementahkan setiap ancaman Tim Samba.

Brasil memecah kebuntuan jelang penutup extra time pertama. Adalah Neymar. Ia mencatatkan namanya di papan skor.

Bintang PSG ini, meliuk-liuk di kotak penalti Kroasia, sebelum memperdaya Livakovic dan mengirim bola masuk ke gawang. Brasil unggul 1-0 di extra time pertama.

Kroasia berupaya mengejar ketertinggalan di extra time kedua. Hasilnya gol pun tercipta di menit ke-117.

Gol balasan pun terjadi 5 menit sebelum pertandingan usai. Adalah Mislav Orsic mengirim umpan tarik ke arah Bruno Petkovic yang melepaskan bola sepakan terukur ke dalam gawang Brasil. Skor berubah 1-1 yang bertahan hingga extra time berakhir. Duel lanjut ke adu penalti!

Kroasia berhasil memenangkan adu penalti setelah empat eksekutor penalti mereka sukses, sementara dua penendang 12 pas Brasil (Rodrygo dan Marquinhos) gagal. Vatreni menang 4-2 dan melaju ke semifinal Piala Dunia 2022.

Hasil Adu Penalti

Kroasia:
Nikola Vlasic (Gol),
Lovro Majer (Gol),
Luka Modric (Gol),
Mislav Orsic (Gol)

Brasil:
Rodrygo (Gagal),
Casemiro (Gol),
Pedro (Gol),
Marquinhos (Gagal).

Susunan Pemain

Kroasia: Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa (Ante Budimir 110'); Luka Modric, Marcelo Brozovic (Mislav Orsic 114'), Mateo Kovacic (Lovro Majer 106'); Mario Pasalic (Nikola Vlasic 72'), Andrej Kramaric (Bruno Petkovic 72'), Ivan Perisic.

Brasil: Alisson Becker; Eder Militao (Alex Sandro 106'), Thiago Silva, Marquinhos, Danilo; Casemiro, Lucas Paqueta (Fred 106'); Vinicius Junior (Rodrygo 64'), Neymar, Raphinha (Antony 56'); Richarlison (Pedro 84').

Susunan Pemain

Belanda: Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Marten De Roon, Frenkie de Jong, Daley Blind; Cody Gakpo, Memphis Depay, Steven Bergwijn.

Argentina: Emilliano Martinez; Marcos Acuna, Lisandro Martinz, Nicolas Otamendi, Cristian Romero, Nahuel Molina; Alexis MacAllister, Enzo Fernandez, Rodrigo de Paul; Julian Alvarez, Lionel Messi. (****)

  • Bagikan