Argentina Bantai Kroasia 3-0, Tim Tango ke Final, Messi Pecahkan Rekor

  • Bagikan

Nampak saat Lionel Messi melakukan selebrasi bersama Julian Alvarez dalam laga semifinal Piala Dunia 2022 Argentina vs Kroasia, Rabu, 14 Desember 2022. AP Photo/Martin Meissner

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Luar biasa penampilan timnas Argentina. Bermain di Lusail Stadium, Rabu, 14 Desember 2022 di Semifinal Piala Dunia 2022, berhasil membantai Kroasia 3-0.

Yang patut diacungi jempol penampilan sang kapten, Lionel Messi. Yah, Lionel Messi tampil menggila.

Lionel Messi menyumbang satu gol lewat eksekusi penalti, sedangkan dua gol lainnya diborong oleh Julian Alvarez yang juga bermain luar biasa di lini depan Argentina.

Dengan gol-gol indah itu, Argentina pun berhak melenggang ke partai final untuk menghadapi pemenang laga Prancis vs Maroko, yang akan bertanding dinihari nanti, Kamis, 15 Desember 2022.

Sementara itu, Kroasia akan berlaga di partai perebutan tempat ketiga.

Selebrasi Lionel Messi dalam laga semifinal Piala Dunia 2022 Argentina vs Kroasia, Rabu (14/12/2022) (c) AP Photo/Martin Meissner

Pada partai ini, saat kick off, laga berlangsung cukup ketat. Kedua tim saling memperlihatkan permainannya.

Baik Argentina maupun Kroasia masih sama-sama berusaha mencari momentum untuk menciptakan peluang berbahaya.

Tapi, memasuki menit ke-32, Argentina mendapat hadiah penalti. Itu setelah Alvarez dilanggar Dominik Livakovic di kotak terlarang.

Sang kapten Messi yang maju sebagai algojo pun, menuntaskannya dengan sempurna. Tim Tango unggul 1-0.

Unggul 1-0, membuat Argentina semakin berada di atas angin.

Serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Argentina, membuahkan hasil. Kali ini, Alvarez sukses menggandakan keunggulan timnya pada menit ke-39.

Gol indah ini tercipta dari proses luar biasa. Ini diawali solo run dari tengah lapangan sebelum menaklukkan Livakovic. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, rupanya Kroasia ingin bangkit. Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic pun melakukan dua pergantian pemain sekaligus.

Mislav Orsic dan Nikola Vlasic dimasukkan, disusul Bruno Petkovic lima menit berselang.

Hasilnya memang nampak. Kroasia memegang kendali permainan. Meski demikian, justru Messi yang memperoleh peluang pada menit ke-58. Sayang, tembakan kaki kirinya masih bisa dimentahkan Livakovic.

Messi benar-benar membuat pertahanan Kroasia kewalahan. Aksi individu briliannya pada menit ke-69 sukses memperdaya Josko Gvardiol. Messi memberikan assist yang dituntaskan Alvarez menjadi gol. 3-0 untuk Argentina!

Menang 3-0, nampaknya Argentina menurunkan tempo permainannya.

Terlihat, Kroasia lebih dominan penguasaan bola.

Tapi, Argentina tetap memainkan serangan balik dan gocekan-gocekan indahnya.

Sampai menit terakhir, Skor 3-0 untuk kemenangan Argentina.

REKOR MESSI

Yang menarik, dalam partai ini Lionel Messi mencatakan prestasi gemilang.

Rekor pun tercipta. Apa itu?
Berdasarkan statistik Opta, Messi menyamai rekor penampilan terbanyak di Piala Dunia yang selama ini dipegang legenda sepakbola Jerman Lothar Matthaeus. Yakni, dengan 25 kali.

Messi sudah bermain dalam 25 pertandingan Argentina di lima Piala Dunia (2006, 2010, 2014, 2018, 2022) dengan pencapaian terbaiknya menjadi runner-up di Brasil. Kini, menuju final. Selangkah lagi juara!

Begitu juga rekor lainnya. Yakni jumlah assist terbanyak dalam sejarah timnas Argentina di Piala Dunia menjadi torehan kedua yang bisa dicapai Messi saat melawan Kroasia.

Pemain ikonik Barcelona yang kini memperkuat PSG, sudah membukukan delapan assist dalam lima Piala Dunia. Kini, sudah menyamai rekor terbanyak milik Diego Maradona.

Satu lagi adalah soal jumlah gol. Lionel Messi telah mengemas 11 gol di Piala Dunia. Kini, mengalahkan Gabriel Batistuta sebagai pemain tertajam Argentina di turnamen dengan hanya 10 gol. (*/net/pp)

Susunan Pemain

Argentina: Emiliano Martinez; Nahuel Molina (Juan Foyth 86'), Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo de Paul (Exequiel Palacios 74'), Leandro Paredes (Lisandro Martinez 62'), Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister (Angel Correa 86'); Lionel Messi, Julian Alvarez (Paulo Dybala 74').

Kroasia: Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Borna Sosa (Mislav Orsic 46'); Luka Modric (Lovro Majer 81'), Marcelo Brozovic (Bruno Petkovic 50'), Mateo Kovacic; Mario Pasalic (Nikola Vlasic 46'), Andrej Kramaric (Marko Livaja 72'), Ivan Perisic.

Hasil dan Jadwal Semifinal

Rabu, 14 Desember 2022

Argentina vs Kroasia (Lionel Messi 34' pen, Julian Alvarez 39', 69')

Kamis, 15 Desember 2022

02:00 WIB - Prancis vs Maroko - SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola

Jadwal Final

Minggu, 18 Desember 2022

23:00 Wita- Argentina vs Prancis/Maroko - SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola.

  • Bagikan