Ayo Maroko, Rekor Lagi!

  • Bagikan
Pemain Maroko saat merayakan kemenangan. Akankah kembali menang saat melawan Prancis dinihari nanti. --net--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Tim nasional (Timnas) Maroko kini menjadi sorotan. Yah, ini karena penampilan mereka begitu impresif selama perhelatan piala dunia 2022 digelar. Menariknya, karena tim-tim raksasa pun menjadi ladang pembantaian mereka, seperti Belgia, Spanyol, dan Portugal.

Maroko kembali akan menjalani laga berat pada semifinal Piala Dunia 2022. Yah, lawan mereka bukanlah tim kacangan. Tapi, sang juara bertahan, Timnas Prancis!

Mereka akan melakoni duel sengit, Kamis, 15 Desember 2022, mulai pukul 03.00 Wita. Pertandingan Prancis vs Maroko ini akan digelar di Al Bayt Stadium, live di SCTV, Indosiar, NEX Parabola, dan live streaming di Vidio.

Siapa pemenang, maka itulah yang akan menjadi lawan Argentina di final atau partai puncak. Apakah Prancis akan kembali menginjakkan kaki di final, ataukah Maroko yang akan melanjutkan dongeng indah mereka, rekor demo rekor ditorehkan dalam ajang ini? Kita tunggu!

Ya, perjalanan Maroko di Piala Dunia ini memang ibarat sebuah dongeng. Setelah menjuarai Grup F yang dihuni Kroasia, Belgia, dan Kanada, Achraf Hakimi dan rekan-rekannya mengeliminasi Spanyol serta Portugal di fase gugur.

Dengan kiper tangguh bernama Yassine Bounou, Maroko menang adu penalti lawan Spanyol di 16 besar. The Atlas Lions lalu menaklukkan Portugal 1-0 lewat gol tunggal Youssef En-Neysri di perempat final.

Di sisi lain, setelah meraih gelar kedua dengan mengalahkan Kroasia 4-2 di final Piala Dunia 2018, Prancis datang ke Qatar mengusung ambisi untuk mempertahankan gelar. Sekarang, Les Bleus sudah selangkah lebih dekat untuk mewujudkan ambisi mereka.

Setelah menjuarai Grup D, Prancis memulangkan Polandia di babak 16 besar dan Inggris di perempat final. Prancis mengalahkan Polandia 3-1 lewat satu gol Olivier Giroud dan dua gol Kylian Mbappe. Mereka kemudian menaklukkan Inggris 2-1 melalui gol-gol Aurelien Tchouameni dan Giroud.

Mbappe, yang saat ini memimpin daftar top skor Piala Dunia dengan lima golnya, meski tak membobol gawang Inggris di laga sebelumnya, bakal tetap menjadi salah satu pemain kunci Prancis. Di sisi kiri serangan Prancis, dia bakal berhadapan dengan bek sayap kanan Maroko yang juga rekan seklubnya di PSG, Achraf Hakimi. Ini bakal menjadi salah satu sajian menarik di laga nanti.

Di atas kertas, Prancis bakal lebih difavoritkan. Sebab, Prancis unggul kualitas dan skuadnya masih lengkap. Di sisi lain, kekuatan Maroko tergerus karena harus kehilangan Walid Cheddira yang terkena skorsing, serta bek dan kapten Romain Saiss yang dibekap cedera.

Maroko telah mencapai perempat final Piala Dunia pertamanya, juga menjadi tim Afrika pertama yang pernah menginjakkan kaki di semifinal turnamen akbar ini. Apakah dongeng mereka akan terhenti sampai di sini atau melaju di partai puncak dan akhirnya mengukir rekor terdahsyat? (*/net/pp)

Perkiraan Pemain

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Theo Hernandez, Dayot Upamecano, Raphael Varane, Jules Kounde; Adrien Rabiot, Aurelien Tchouameni; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Ousmane Dembele; Olivier Giroud.

Pelatih: Didier Deschamps (Prancis).

Info skuad: Tidak ada pemain absen.

Maroko (4-3-3): Yassine Bounou; Yahia Attiyat Allah, Achraf Dari, Jawad El Yamiq, Achraf Hakimi; Selim Amallah, Sofyan Amrabat, Azzedine Ounahi; Sofiane Boufal, Youssef En-Nesyri, Hakim Ziyech.

Pelatih: Walid Regragui (Maroko).

Info skuad: Walid Cheddira (skorsing), Romain Saiss (cedera), Nayef Aguerd (cedera), Noussair Mazraoui (meragukan), Abdelhamid Sabiri (meragukan).

Head-to-Head

Pertemuan: 5
Prancis menang: 3
Gol Prancis: 12
Seri: 2
Maroko menang: 0
Gol Maroko: 6.

5 Pertemuan Terakhir
16/11/2007 Prancis 2-2 Maroko (Friendly)
06/06/2000 Maroko 1-5 Prancis (Friendly)
20/01/1999 Prancis 1-0 Maroko (Friendly)
29/05/1998 Maroko 2-2 Prancis (Friendly)
05/02/1988 Prancis 2-1 Maroko (Friendly).

5 Pertandingan Terakhir Prancis
23/11/22 Prancis 4-1 Australia (Piala Dunia)
26/11/22 Prancis 2-1 Denmark (Piala Dunia)
30/11/22 Tunisia 1-0 Prancis (Piala Dunia)
04/12/22 Prancis 3-1 Polandia (Piala Dunia)
11/12/22 Inggris 1-2 Prancis (Piala Dunia).

5 Pertandingan Terakhir Maroko
23/11/22 Maroko 0-0 Kroasia (Piala Dunia)
27/11/22 Belgia 0-2 Maroko (Piala Dunia)
01/12/22 Kanada 1-2 Maroko (Piala Dunia)
06/12/22 Maroko 0-0 Spanyol (Piala Dunia)
10/12/22 Maroko 1-0 Portugal (Piala Dunia).

Statistik dan Prediksi Skor

Prancis dan Maroko sudah pernah bertemu 5 kali, dan semuanya dalam laga friendly, di mana Prancis tak terkalahkan.
Prancis selalu mencetak minimal 2 gol dalam 4 dari 5 laga terakhirnya melawan Maroko.
Prancis cuma kalah 4 kali dalam 31 laga terakhirnya
Prancis selalu mencetak minimal 2 gol dalam 12 dari 18 laga terakhirnya.
Prancis cuma mencatatkan 1 clean sheet dalam 11 laga terakhirnya.
Prancis memenangi 8 dari 9 laga terakhirnya di Piala Dunia
Prancis cuma kalah 1 kali dalam 12 laga terakhirnya di Piala Dunia
Prancis selalu mencetak minimal 2 gol dalam 7 dari 9 laga terakhirnya di Piala Dunia.
Prancis selalu kebobolan 1 gol dalam 5 laga terakhirnya di Piala Dunia.
Maroko tak terkalahkan dalam 10 laga terakhirnya
Maroko mencatatkan 8 clean sheet dan cuma kebobolan total 1 gol dalam 9 laga terakhirnya.
Maroko tak terkalahkan di waktu normal dalam 6 laga terakhirnya di Piala Dunia
Maroko mencatatkan 4 clean sheet dalam 5 laga terakhirnya di Piala Dunia. (***)

  • Bagikan