Partai Gerindra dan Gelora Palopo, 100 Persen Rampungkan Bacaleg

  • Bagikan

Rekrut Pengusaha hingga Milenial

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Partai Gerindra Palopo menegaskan siap mengarungi perhelatan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Bahkan, partai berlambang Garuda ini memastikan komposisi bakal caleg dari setiap daerah pemilihan (Dapil) di Kota Palopo untuk persaingan menuju parlemen DPRD Kota Palopo.

Ketua DPC Gerindra Palopo, Hj Hasriani mengungkapkan bahwa partai Gerindra Palopo adalah salah satu diantara beberapa partai politik (Parpol) yang mempersiapkan kadernya dalam pertarungan Pileg. Adapun mengenai ketersediaan para bakal saat ini sudah ada yang disiapkan. Hanya saja, belum bisa membeberkan nama-nama yang dipersiapkan dalam Pileg.

"Mengenai soal para bakal caleg sudah tidak ada masalah. Komposisinya sudah lengkap. Meskipun masih ada yang akan bergabung sebagai caleg di Gerindra ke depan tetap kita akomodir," kata Hasriani di kediamannya, Senin kemarin.

Mengenai keberadaan dan latar belakang para bakal yang dipersiapkan ke depan tentunya merupakan kader. Beberapa pula diantaranya masih diisi para calon yang bertarung pada Pileg 2019. "Soal siapa-siapa mereka kami belum bisa ungkap. Karena itu menyangkut soal strategi. Nanti setelah pengajuan daftar caleg sementara baru bisa kita sampaikan," katanya.

Terkait keberadaan incumbent saat ini dipastikan masih maju. Ada tiga kader Gerindra di DPRD Palopo saaf ini menjadi perioritas dalam rancangan bakal caleg yang masih meramaikan persaingan ke depan.

Bahkan, Gerindra menargetkan untuk Pileg mendatang dapat menambah perolehan kursi. "Kalau Pileg 2019 Gerindra masih mempertahankan 3 kursi meskipun posisinya turun. Tapi 2024 mendatang maka ditargetkan perolehan kursinya bisa tembus 5 kursi," tandas Hj Hasriani.

Gelora
Dari sembilan Partai Politik (Parpol) yang menjalani Verifikasi Faktual (Verfak), Partai Gelora satu-satunya Parpol baru yang lolos di Palopo.
''Insya Allah besok dapat nomor urut peserta Pemilu No 5 sesuai penerawangan saya,'' kata Ketua Partai Gelora Palopo, Budi Sada kepada Palopo Pos melalui pesan WA, Selasa, 13 Desember 2022 kemarin.

Disinggung soal Caleg Gelora di Palopo, Budi Sada mengatakan sudah siap 100 persen. Mereka berasal dari keterwakilan millenial, kaum perempuan, pengusaha, pelaut yang akan turun ke darat, pensiunan, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta akademisi. ''Semua berkolaborasi di Partai Gelora,'' katanya.

Hanya saja, BISA (Budi Sada) belum bersedia menyebut nama-nama Calegnya. Pasalnya, semua Bakal Caleg (Bacaleg) Gelora akan dilakukan uji kompetensi sebelum ditetapkan sebagai Caleg.

Lanjut dia, Gelora akan bentuk tim untuk menguji para Bacaleg nantinya. Dan tim itu terdiri dari DPW dan DPD serta independen dari akademisi. Yang artinya bagaimana ketika mereka nanti duduk sebagai anggota DPRD dapat memahami fungsinya sebagai anggota DPRD. Dan melahirkan anggota DPRD yang berkualitas.

''Karena fungsi kontrol hanya dapat dilakukan ketika kita memahami apa yang akan kita kontrol jangan lebih cerdas yang dikontrol daripada yang mengontrol,'' tandasnya. (rul/ikh)

  • Bagikan