Gubernur Sulsel Beri Bantuan Perahu Pokmaswas Teluk Mutiara Luwu

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Andi Sudirman Sulaiman memberikan bantuan perahu untuk Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Teluk Mutiara, Kabupaten Luwu. Bantuan ini untuk penguatan kelembagaan Pokmaswas dalam pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan di Luwu.

Pokmaswas merupakan pelaksana pengawasan di tingkat lapangan yang membantu pemerintah dalam upaya penyadaran hukum dan pengendalian pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan.

“Jadi Pokmaswas secara sukarela dan aktif menjaga keberlanjutan sumber daya kelautan dari kegiatan illegal fishing dan destructive fishing,” ungkap Andi Sudirman, Kamis, 15 Desember 2022.

Menurutnya, untuk menjalankan fungsi tersebut, diperlukan sarana penunjang seperti perahu yang dapat digunakan untuk melakukan pengawasan secara langsung di wilayah perairan.

Untuk itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan melalui Cabang Dinas Kelautan Luwu Raya melakukan langkah strategis berupa pengadaan bantuan perahu Pokmaswas.

Bantuan ini diberikan kepada salah satu Pokmaswas di wilayah Luwu Raya yaitu Pokmaswas Teluk Mutiara, Desa Muladimeng, Kecamatan Ponrang, Kabupaten Luwu.

“Perahu yang diberikan terbuat dari bahan fiber dengan desain yang memungkinkan untuk digunakan dalam berbagai kegiatan seperti penangkapan dan pengangkutan ikan,” lanjut Andi Sudirman.

Tidak hanya untuk melakukan pengawasan, Pokmaswas juga dapat menggunakan perahu ini untuk kegiatan komersil sehingga bisa menutupi biaya operasional perahu.

Dengan diberikannya bantuan perahu ini, Gubernur Sulsel berharap masyarakat dapat lebih aktif berkontribusi dalam pengawasan pemanfaatan sumber daya kelautan.

Ketua Kelompok Pokmaswas Teluk Mutiara Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu Irwan Ilham bersama kelompoknya, mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

“Terimakasih atas bantuan perahu pengawasan Pokmaswas. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan kapal ini dapat meningkatkan pengawasan khususnya di Kabupaten Luwu Kecamatan Ponrang,” pungkasnya. (rls)

  • Bagikan