Seru Perebutan Top Skorer, Messi Atau Mbappe

  • Bagikan

Lionel Messi. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Final ideal bakal tersaji. Dua benua bakal adu kekuatan di partai puncak Piala Dunia 2022. Yah, Prancis sang juara bertahan dari Eropa, sementara Argentina dari Benua Amerika?

Keduanya akan berduel sengit di partai final, Minggu, 18 Desember 2022 mulai pukul 23.00 Wita untuk memperebutkan juara.

Yang menarik, bukan hanya soal perebutan juara. Ternyata, kedua tim juga memiliki pemain haus gol. Yah, tidak lain adalah Lionel Messi dan Kylian Mbappe. Keduanya mengumpulkan gol yang sama, yakni lima. Siapa yang akan rebut Sepatu Emas?

Siapa tidak kenal sosok Lionel Messi?

Lionel Messi membuka kampanye Piala Dunia Argentina lewat sepakan titik putih yang sempurna ke gawang Arab Saudi. Namun sayangnya gol tersebut tak mampu mencegah mereka tumbang mengejutkan.

Dan, lagi-lagi Messi yang harus menyelamatkan Albiceleste saat menghadapi pertahanan Meksiko yang alot dalam partai hidup mati. Ia memecah kebuntuan lewat gol di luar kotak penalti.

La Pulga menceploskan gol pembuka versus Australia di babak 16 besar di partai ke-1000-nya, yang sekaligus gol pertamanya di babak gugur Piala Dunia edisi mana pun.

Messi mencetak gol ke-10-nya di Piala Dunia lewat tendangan penalti untuk membawa Argentina unggul 2-0 atas Belanda di perempat-final.

Penalti Messi menghujam deras ke gawang Kroasia untuk membuka keunggulan Argentina di semi-final.

Kylian Mbappe. --net--

Bagaimana dengan Mbappe? Striker haus gol milik Prancis ini menjadi andalan. Lima gol sudah dikemas.

Ia menyiksa pertahanan Socceroos dengan kecepatannya dan mencetak gol serta assist di laga pertama Prancis di Piala Dunia 2022.

Melawan Denmark, ia menaklukkan keberingasan sang negara viking. Mbappe menusuk kotak penalti dengan pergerakan yang rumit dikawal, sebelum menyelesaikan bola melewati kiper Kasper Schmeichel. Megabintang PSG ini lalu menceploskan gol kemenangan untuk mengamankan tiket 16 besar untuk Les Bleus.

Mbappe menambah pundi-pundi golnya saat menggandakan keunggulan Prancis atas Polandia di babak 16 besar, sebelum menembakkan gol ketiga Les Bleus di menit akhir.

Pemain Argentina lainnya Julian Alvares juga tidak bisa ditapikan. Kini, ia sudah mengemas 4 gol.

Yah, Deputi Erling Haaland di Manchester City ini mencetak gol Piala Dunia pertamanya dalam laga hidup mati kontra Polandia di fase grup.

Ia lalu mencetak gol keduanya pada babak 16 besar melawan Australia. Sepakannya menggandakan keunggulan Albiceleste untuk melajut ke perempat-final.

Alvarez memanfaatkan kegagalan Kroasia membuang bola dengan baik untuk menggandakan keunggulan Argentina di semi-final, sebelum semakin membuat pasukan Lionel Scaloni kian tak terkejar di babak kedua.

Hal sama juga di Prancis. Olivier Giroud juga sudah mengoleksi empat gol.

Striker gaek Prancis ini mencetak gol ke-50-nya bagi Les Bleus untuk membawa negaranya berbalik unggul vs Australia. Ia lalu melesakkan gol keempat timnya hasil crossing Kylian Mbappe untuk menyamai rekor Thierry Henry sebagai topskor sepanjang masa timnas Prancis dengan 51 gol.

Olivier Giroud tak akan masuk starting XI andai Karim Benzema tak cedera di saat-saat terakhir, tapi sekali lagi ia menunjukkan bahwa, meski sudah berusia 36 tahun, sang juara dunia bisa mengandalkannya.

Giroud resmi menjadi topskor sepanjang masa timnas Prancis saat membuka keunggulan Les Bleus kontra Polandia di babak 16 besar.

Di perempat-final, striker AC Milan ini kembali membuktikan statusnya sebagai big game player saat menanduk gol kemenangan Prancis atas Inggris.

Sementara dari Brasil, Richarlison sudah mengoleksi 3 gol. Hanya saja kini tidak karena timnya tidak masuk semifinal. Tidak ada lagi laga yang akan dilakoninya.

Richarlison start sebagai No.9 di skema empat penyerang Brasil, tapi gagal memberi impak berarti berkat alotnya pertahanan Serbia. Namun golnya yang memanfaatkan bola rebound berhasil membawa Tim Samba unggul 1-0.

Gol keduanya sangat layak andai menjadi Goal of the Tournament. Ia mengontrol crossing Vinicius Junior dengan meluncurkannya ke udara sebelum melepaskan salto keras untuk menggandakan keunggulan Brasil.

Richarlison kembali mencatatkan gol indah saat menyelesaikan skema umpan-umpanan Brasil dengan finishing yang tenang, membawa Brasil unggul 3-0 atas Korea Selatan.

Goncalo Ramos kini mengemas 3 gol. Hanya saja juga sudah tidak bisa menambah pundi-pundi golnya. Karena timnya tidak masuk semifinal.

Ramos menggaungkan namanya ke penjuru dunia saat mencetak hat-trick pertama Piala Dunia 2022, membantu Portugal menggulung Swiss 6-1, Rabu (7/12) dini hari WIB demi melangkah ke perempat-final.

Pertama, ia melepaskan tembakan presisi nan mantap ke pojok kiri atas. Ia lalu menceploskan gol yang striker banget: tap-in klasik hasil umpan mendatar dari samping, sebelum melengkapi hat-tricknya dengan menaklukkan Yan Sommer di situasi satu lawan satu.

Begitu juga Bukayo Saka dari Inggris yang kini sudah mengemas 3 gol.

Penggawa Arsenal ini membuka rekening gol Piala Dunia-nya lewat brace kala Inggris melumat Iran 6-2.

Ia meneruskan performa apiknya saat menceploskan gol ketiga Inggris ke gawang Senegal di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Pemain Inggris, Marcus Rashford juga sudah mengemas 3 gol.

Rashford mencetak gol solo saat dimasukkan sebagai pengganti di partai pertama Inggris di Piala Dunia 2022.

Melawan Wales, Rashford mencetak brace. Gol pertamanya menjadi salah satu yang terbaik di turnamen ini, sebuah tendangan perekik mantap (sekaligus gol perekik langsung pertama di turnamen ini). Gol keduanya adalah gol ke-100 Inggris di sepanjang sejarah Piala Dunia.

Alvaro Morata dari Spanyol, 3 gol. Morata menyumbang satu gol saat Spanyol membantai Kosta Rika 7-0 di laga pembuka. Ia lalu menambahkan catatannya saat menjebol gawang Jerman sebagai pemain pengganti, sebelum membuka keunggulan versus Jepang.

Pemain andalan Belanda, Cody Gakpo, juga sudah membukukan tiga gol.

Gakpo menanduk gol krusial untuk membantu Belanda menang 2-0 atas Senegal di matchday pertama. Ia menambah catatannya lewat gol apik kala ditahan Ekuador 1-1.

Penyerang PSV ini mencetak gol di tiga laga beruntun untuk membuka keunggulan timnya kontra Qatar. Siapa pemegang top skorer nanti? Tunggu tanggal mainnya! (*/net/pp)

  • Bagikan