Maroko Vs Kroasia, Duel Sengit Perebutan Juara 3 Piala Dunia Nanti Malam

  • Bagikan
Pelatih Maroko Walid Reragui merayakan keberhasilan pasukannya menembus semifinal Piala Dunia 2022. Kroasia vs Maroko akan berlangsung Sabtu (17/12) malam WIB. --jpnn--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Duel sengit kembali akan terjadi pada babak perebutan posisi ketiga Piala Dunia 2022 Qatar. Yah, dua 'tim terluka' Maroko vs Kroasia bakal berjuang hidup mati untuk saling jegal demi memenangkan pertandingan.

Maroko bakal berhadapan dengan Kroasia, Sabtu, 17 Desember 2022 mulai pukul 23.00 Wita di Khalifa Internasional Stadium, Qatar.

Laga ini, bakal menjadi pertarungan balas dendam bagi keduanya. Karena, sama-sama kalah di semifinal. Sebelumnya, Maroko dan Kroasia juga sempat bertemu di fase grup namun tanpa pemenang, skor akhir 0-0.

Bisa dibilang, keduanya juga menjadi underdog di awal turnamen karena banyak yang tidak menyangka dua tim ini bisa lolos hingga semifinal dan mengalahkan tim-tim besar.

Tapi, prediksi itu justru jauh melenceng. Maroko tampil fantastis. Ia begitu heroik! Kenapa tidak! Mereka berhasil mengalahkan tim-tim raksasa dunia seperti Spanyol dan Portugal di fase knock out.

Achraf Hakimi Cs tidak canggung menghadapi tim-tim besar Eropa, terlihat kala berhasil menang adu penalti di babak 16 besar saat berhadapan dengan Spanyol.

Di babak 8 besar, Maroko juga membuat Cristiano Ronaldo menangis karena harus tersingkir di turnamen yang berpotensi menjadi Piala Dunia terakhirnya. Capaian besar ini modal ketika menghadapi Kroasia di penentuan ketiga sebentar malam.

Apalagi ini bakal menjadi rekor besar jika berhasil menempati peringkat ketiga. Perjalanan Singa Atlas di turnamen ini sudah sangat mengesankan, yakni menjadi negara Afrika pertama yang lolos ke babak semifinal Piala Dunia.

"Ini akan sulit secara mental. Saya akan memberikan kesempatan kepada mereka yang tidak bermain dan kami akan berusaha merebut tempat ketiga," kata Pelatih Maroko Walid Regragui.

Pelatih Maroko, Walid Reragui, mengatakan, laga memperebutkan juara ketiga Piala Dunia merupakan "pertandingan terburuk untuk dimainkan".

Pernyataan tersebut dilontarkannya usai laju Maroko dihentikan Perancis pada babak semifinal Piala Dunia 2022 dengan skor 2-0, di Stadion Al Bayt, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB. Dengan begitu, Tim Singa Atlas akan menghadapi Kroasia untuk memperebutkan juara ketiga, setelah Modric Cs ditaklukkan oleh Argentina dengan skor 3-0 pada fase 4 besar.

Walaupun demikian, Reragui mengatakan, duel dengan Kroasia akan memberikan Maroko peluang untuk menjadi negara Afrika pertama yang meraih gelar juara ketiga Piala Dunia.

“Saya kira itu adalah pertandingan terburuk yang harus kami mainkan,” kata Reragui, dikutip dari Talksport, Jumat, 16 Desember 2022.

Di sisi lain, Kroasia juga tidak bisa dianggap remeh. Modric Cs yang berstatus Runner up Piala Dunia 2018 tentu tidak ingin pulang dengan tangan hampa. Perjalanan Kroasia juga sudah mengesankan, misalnya kala mampu membalikkan keadaan ketika sempat tertinggal dari Brazil di babak 8 besar.

"Secara realistis, sebelum dimulainya turnamen, kami semua akan menerima untuk mencapai semifinal. Tapi, kami mulai memimpikan trofi," kata gelandang Kroasia, Lovro Majer.

Yang menarik juga, tentu perebutan ketiga ini merupakan perjuangan all out bagi pemain yang memperkuat Real Madrid, Luka Modric.

Pemain berusia 37 tahun ini, hampir dipastikan partai terakhirnya membela negaranya di Piala Dunia.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic mengungkapkan bahwa jika Modric pensiun, maka itu adalah hal yang 'disayangkan' bagi semua penggemar sepak bola.

Zlatko Dalic berharap pemain yang ia percaya sebagai kapten tim itu meneruskan masa baktinya bersama Timnas Kroasia.

Modric memenangkan Ballon d'Or setelah memimpin Kroasia ke final Piala Dunia di Rusia empat tahun lalu, dan bintang Real Madrid itu tampil impresif hingga membawa Kroasia lolos empat besar di Qatar.

Kekalahan itu membuat spekulasi pensiunnya Modric dari timnas makin deras diperbincangkan.

Modric sendiri menolak untuk memberikan apapun mengenai masa depannya setelah laga melawan Argentina, tetapi Dalic berharap kaptennya masih bisa bermain setelah pertandingan memperebutkan medali perunggu. (*/net/pp)

Prediksi Susunan Pemain Kroasia vs Maroko
Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Born Sosa; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Nikola Vlašić, Andrej Kramarić, Ivan Perišić.

Maroko (4-3-3): Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Jawad El Yamiq, Achraf Dari, Yahia Attiyat-Allah; Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat, Selim Amallah; Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri, Sofiane Boufal. (*/net/pp)

  • Bagikan