Main Imbang, Pasukan Ramang Puncaki Klasemen

  • Bagikan

Nampak pemain PSM Makassar Rasyid Bakri saat berebut bola dengan pemain Borneo FC. --net---

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SLEMAN-- Seru dan menegangkan. Yah, itu yang tersaji saat duel dua tim papan atas Liga 1 2022/2023, PSM Makassar versus Borneo FC.

Bentrok kedua tim yang berlangsung di pekan ke-17 Liga 1 2022-2023 berakhir sama kuat 1-1 yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, pada Jumat, 23 Desember 2022 malam.

Duel elit ini, Borneo FC berhasil unggul lebih dulu melalui gol Stefano Lilipaly (64'). Tapi, PSM mampu menyamakan kedudukan lewat aksi Wiljan Pluim pada menit ke-85.

Menariknya, karena Juku Eja tampil dengan 10 pemain setelah Agung Mannan diganjar kartu merah pada menit ke-67.

Meski PSM hanya mengantongi nilai satu dalam duel sengit itu, namun mampu membawa PSM Makassar di puncak klasemen sementara. Wiljam pluim cs mengkudeta Bali United di posisi puncak. Beda Borneo FC, harus rela turun ke peringkat keempat klasemen sementara.

Borneo FC saat ini mengumpulkan 32 poin dari 17 laga, sementara PSM mengoleksi 33 poin dari 16 pertandingan,

Pada partai ini, pertarungan antara dua tim papan atas ini berjalan sengit sejak menit awal. Bukan cuma jual-beli serangan, tapi juga kontak fisik yang intens.

Tak heran jika wasit mengeluarkan tiga kartu kuning, masing-masing untuk Agung Mannan, Andy Harjito, dan Ananda Raehan.

Ada beberapa peluang sebenarnya yang diciptakan Borneo FC maupun PSM Makassar, tapi tak ada yang siginifikan.

Sampai turun minum, belum ada perubahan di papan skor, tetap 0-0.

Memasuki babak kedua, kedua tim masih terus melancarkan serangan.

Hanya saja, Stefano Lilipaly akhirnya berhasil memecah kebuntuan bagi Borneo FC.

Tendangannya dari luar kotak penalti tak berhasil dihalau kiper Reza Arya Pratama. Laju bola yang sempat membentur tanah membuatnya sulit ditebak.

Borneo FC makin di atas angin ketika Agung Mannan menerima kartu kuning kedua di menit ke-67 setelah melanggar Matheus Pato.

PSM yang menyisakan 10 pemain, terlihat mulai kesulitan membendung serangan Borneo FC. Namun, mereka juga tak lupa melancarkan counter attack.

Salah satu peluang mereka diciptakan Everton Nascimento, yang berhasil menusuk ke kotak penalti pada menit ke-78, tapi tembakannya masih diblok kiper Angga Saputra.

Borneo FC juga nyaris menambah keunggulan, dua menit kemudian, ketika Pato lolos dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper PSM.

Namun, dia dilanggar dan menghasilkan tendangan bebas jarak dekat. Jonathan Bustos yang menjadi eksekutor cuma bisa menghajar pagar hidup.

Kejutan tercipta pada menit ke-85. Serangan balik PSM berbuah gol yang dicetak oleh Wiljan Pluim.

Berawal dari umpan silang Ricky Pratama, bola sundulan Yuran Fernandes hanya membentur mistar Borneo FC.

Untungnya, Wiljam Pluim berada di posisi tepat untuk melesakkan rebound ke gawang Angga Saputra.

Sampai wasit meniup pluit panjang, kedudukan tetap 1-1. (*/net/pp)

Susunan Pemain Utama

Borneo FC: Angga Saputra; Wildansyah, Agung Prasetyo, Javlon Guseynov, Andy Harjito, Hendro Siswanto, Kei Hirose, Leo Guntara, Stefano Lilipaly, Jonathan Bustos, Matheus Pato;

Pelatih: Andre Gaspar

PSM Makassar: Reza Arya; Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Agung Mannan, Dzaky Asraf, Muhammad Arfan, Wiljan Pluim, Ananda Raehan, Rizky Pratama, Everton, Kenzo Nambu;

Pelatih: Bernardo Tavares (****)

KLASEMEN SEMENTARA

LIGA 1 2022/2023

  • Bagikan