KPU Laksanakan Sosialisasi Kepada 170 Penyuluh Keagamaan Se-Toraja Utara

  • Bagikan

Ketua KPUD Kabupaten Toraja Utara Bonnie Freedom didampingi dua Anggota KPU Anshar Tangkesalu dan Jan Hery Pakan saat menyampaikan kata sambutannya, Senin, 26 Desember 2022. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara melaksanakan sosialisasi tahapan penyelenggaraan pemilu Tahun 2024 kepada penyuluh keagamaan se- Kabupaten Toraja.

Sebanyak 170 penyuluh keagamaan yang hadir, yakni Kristen 85 orang, Islam 56 orang, dan Katolik 20 orang, di Toraja Heritage Hotel, Senin, 26 Desember 2022.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Toraja Utara Bonnie Freedom. Ia didampingi dua Komisioner Jan Hery Pakan dan Anshar Tangkesalu.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Toraja Utara Bonnie Freedom mengatakan, saat ini sudah memasuki tahapan agenda yang besar. Baik pemilu maupun pilkada. Akan diselenggarakan di tahun yang sama di 2024. Hanya saja beda bulan.

Menurutnya, masyarakat harus mendapatkan edukasi yang baik dari penyelenggara KPU dan BAWASLU.

"Kami mohon, agar pendidikan -pendidikan terkait demokrasi, pemahaman -pemahaman terkait pemilu itu mungkin dielaborasi bersama dengan pendidikan -pendidikan keagamaan baik dari perspektif Kristen, perspektif Islam dan mungkin ada yang lain lagi yang mungkin bisa digabungkan di dalam sehingga masyarakat kita ini betul-betul bisa menghadapi pemilu dan pilkada ini dengan penuh rasa takut terhadap kepercayaan masing-masing, kepada Tuhan masing-masing,'' ungkap Bonnie Freedom.

Menurut Bonnie, kegiatan para penyuluh keagamaan tentunya dapat diisi dengan tahapan-tahapan materi-materi kepemiluan yang mumpuni. Sehingga hal yang selama ini menjadi kekuatiran kita dalam setiap agenda pemilu seperti berita hoax, kemudian berita-berita bohong, kampanye-kampanye hitam apalagi politik uang dan lain sebagainya, yang bisa memicu disintegrasi bangsa,ini bisa kita hindarkan .

"Kita berpemilu, ya ini merupakan pesta rakyat dan semua masyarakat harus senang menghadapi dengan riang gembira. Di dalam pemilu tidak boleh kita menciptakan disintegrasi bangsa atau menciderai apa-apa yang selama ini sudah dibangun dengan baik, apalagi negara kita menganut konstitusi Pancasila. Saya kira sudah sangat jelas di dalam Pemilu,'' pungkas Ketua KPU Toraja Utara.

Dalam Sosialisasi penyuluhan keagamaan, sebagai Narasumber yaitu Ketua KPU Bonnie Freedom, Anggota KPU Anshar Tangkesalu, Kepala Kemenag Kabupaten Toraja Utara Pretty Lamban Gasong, M.Th., M.Adm.SDA dan Anggota Bawasalu Toraja Utara Arifin.

Dalam sosialisasi tersebut turut hadir Bawaslu Torut Arifin, Kepala Kemenag Torut dan seluruh penyuluh ke Agamaan se Kabupaten Toraja Utara. (albert tinus)

  • Bagikan