Macam-macam Masker Wajah dan Manfaatnya

  • Bagikan

ilustrasi--

PALOPOPOS.CO.JD, JAKARTA-- Anda yang selalu memperhatikan kesehatan dan kecantikan kulit, pasti tak pernah melewatkan masker wajah dalam salah satu rangkaian perawatan. Anda sangat tahu dengan benar manfaat yang dirasakan dari masker tersebut untuk wajah Anda. Jadinya sesibuk apa pun, Anda pasti akan meluangkan waktu untuk menggunakan masker di wajah Anda.

Missha adalah sebuah brand asal Korea Selatan. Salah satu produknya adalah masker wajah. Banyak dari para penggunanya yang menyebutkan bahwa masker wajah Missha sangatlah bagus. Membuat kulit wajah kenyal, bersih, halus, dan juga mulus.

Berikut ini beberapa jenis masker wajah dan manfaatnya yang harus Anda tahu. Mungkin saja salah satu atau beberapa di antaranya adalah masker wajah yang selama ini Anda butuhkan.

1. Wash Off Mask

Sesuai namanya, masker ini merupakan masker wajah yang penggunaannya dioleskan ke wajah, dan lalu didiamkan beberapa saat, setelah itu dibilas hingga bersih. Bentuknya bisa berupa gel, berupa krim, atau juga berupa bubuk yang harus dilarutkan terlebih dahulu dengan air ketika akan digunakan.

Masker yang satu ini memberi manfaat yang banyak, tergantung pada kandungan bahan yang ada di dalamnya. Untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering, Anda bisa memilih masker wajah yang yang mengandung hyaluronic acid, kemudian juga shea butter, lalu lidah buaya, atau juga mentimun.

2. Clay Mask

Sesuai namanya juga, masker ini menggunakan bahan dasar berupa tanah liat. Namun bukan tanah liat yang biasa, melainkan tanah liat khusus yang di dalamnya mengandung mineral. Masker jenis clay mask ini merupakan salah satu jenis masker wajah yang banyak digemari.

Cara penggunaannya mudah, yakni dengan dioleskan di kulit wajah, kemudian didiamkan hingga kering, dan lalu dibersihkan menggunakan handuk basah atau sponge khusus kulit wajah yang juga  basah.

Masker jenis clay mask sangat cocok untuk Anda yang berkulit kering. Sebab sifatnya dapat menyerap minyak berlebih yang ada di permukaan kulit. Di samping juga mampu membersihkan kotoran serta sel kulit mati. Kemudian juga bisa mengatasi serta mencegah timbulnya jerawat dan juga komedo. Penggunaan masker ini bisa 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

3. Mud Mask

Masker yang satu ini juga bisa ditebak kandungannya dari namanya. Ya benar, terbuat dari lumpur. Tapi tentu, bukan lumpur sembarang lumpur. Melainkan lumpur laut atau lumpur dari abu vulkanik yang kaya akan berbagai jenis mineral penutrisi kulit.

Mud mask kandungan airnya banyak. Jadinya masker ini sangat bisa menghidrasi kulit menjadi lebih lembap.

4. Sheet Mask

Ya, ini adalah masker yang bentuknya berupa lembaran tisu yang sudah dilubangi pada bagian mata, bagian hidung, serta bagian bibir. Jadinya masker ini termasuk ke dalam jenis masker paling praktis di dalam cara penggunaannya. Anda hanya cukup membersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian sheet mask ditempelkan pada bagian kulit wajah, lalu diamkan sekitar 15 hingga 20 menit. Setelah itu sheet mask-nya bisa dilepas.

Sheet mask bisa digunakan di kulit jenis apa pun. Sebab kandungannya beraneka ragam, yang bentuknya berupa serum. Setiap jenis kandungan di dalam serumnya memiliki manfaat sendiri-sendiri. Manfaatnya juga beraneka ragam, tergantung bahan yang ada di dalamnya. Akan tetapi secara umum, sheet mask ini memberi manfaat di dalam melembapkan dan menyejukkan kulit.

5. Peel Off Mask

Masker yang satu ini biasanya berupa gel atau krim. Penggunaannya dioleskan di kulit dan lalu mengering. Setelah kering, bagian maskernya akan berubah tekstur, jadi lebih elastis layaknya karet. Bagian yang elastis inilah yang nantinya dilepas.

Secara umum, manfaat masker wajah jenis ini biasanya adalah untuk mengangkat komedo, menghilangkan minyak, serta mengangkat kotoran dan juga sel-sel kulit mati. Tergantung pada kandungan yang ada di dalamnya. Tapi hati-hati, Anda yang berkulit sensitif sebaiknya menghindari penggunaan masker wajah jenis ini, sebab efeknya bisa membuat kulit terasa perih dan mengiritasi.

6. Exfoliating Mask

Masker yang satu ini memiliki manfaat di dalam mengangkat sel-sel kulit yang mati. Kandungan bahan yang digunakannya, dulu biasanya berupa bahan aktif kimia. Namun kini banyak juga masker jenis ini yang bahannya jenis bahan alami, seperti kopi, atau gula, atau juga oat. Nah yang menggunakan bahan-bahan zat kimia, pada masker jenis ini biasanya ditambahkan AHA, atau BHA, atau retinol, atau juga asam laktat. Hati-hati ya di dalam menggunakan masker wajah jenis ini. Anda menggunakannya jangan terlalu sering.

7. Sleeping Mask

Masker yang satu ini penggunaanya dilakukan ketika tidur. Masker yang awalnya populer di negara Korea Selatan ini kini jadi favorit banyak orang di Indonesia. Bentuknya ada yang berupa krim dan ada yang berupa gel. Tak seperti masker lain yang penggunaannya relatif singkat, yang hanya sampai maskernya kering, nah masker ini selama Anda tidur, dan lalu dibersihkan besok paginya. Banyak orang yang menyukai jenis masker sleeping mask ini. Sebab khasiatnya dalam melembapkan kulit jauh lebih baik daripada krim malam.

Itu dia jenis-jenis masker wajah yang mesti Anda tahu. Kesemuanya memberi manfaat yang bagus untuk kulit wajah. Anda perlu salah satunya? Ayo buka aplikasi Blibli Anda. Di sana ada banyak jenis masker wajah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Merknya bermacam-macam, harganya bervariasi. Belanja di Blibli aman dan nyaman! (*/pp)

  • Bagikan