Bacaleg Golkar dan Gerindra Lengkap

  • Bagikan
ilustrasi

Demokrat Menunggu Penetapan Ketua Terpilih, PDIP akan Lakukan Survei

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Tahapan pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota baru akan dimulai pada 24 April 2023 hingga 25 November 2023. Namun saat ini, partai politik (Parpol) di Kota Palopo, sudah mempersiapkan bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg).
Sejumlah partai besar di Palopo telah melakukan rekrutmen Caleg. Seperti Golkar, Gerindra, PDIP, dan NasDem. Sedang Demokrat menunggu penetapan ketua terpilih.

Bahkan ada Parpol yang telah melengkapi Bacalegnya sesuai kuota 25 kursi DPRD Palopo. Adalah Partai Golkar Palopo yang telah melengkapi susunan Bacalegnya. Susunan Bacaleg tersebut telah dikirim ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Provinsi Sulsel.

''Kami sudah mengirim ke DPD I susunan Bacaleg. Namun akan direvisi jika ada perubahan Bacaleg sesuai maping area,'' terang Sekretaris DPD Golkar Palopo, Taufan Rahman yang dikonfirmasi Palopo Pos, Selasa, 3 Januari 2023 kemarin.

Hanya saja, Taufan belum bersedia menyebutkan nama-nama Bacaleg tersebut. Namun dalam sebuah wawancara sebelumnya, Taufan, mengungkapkan bahwa semua anggota Fraksi Golkar DPRD Palopo masih akan maju Caleg Palopo pada Pileg 2024 mendatang. Mereka adalah Hj Nurhaenih, Harisal A Latief, Baharman Supri, Zubir Surasman, Steven Hamdani.

Pada acara Jalan Sehat HUT Golkar 16 Oktober 2022 lalu, Ketua Golkar Palopo, Rahmat Masri Bandaso (RMB) memperkenalkan sejumlah Bacaleg Golkar untuk DPRD Palopo. Seperti Irfan Nawir, Kamriah MT Klauku yang dikenal dengan Komunitas Mama Muda Golkar, Hasyuni Tahir Gani, Kalvina Veronika, Hj Hatma Hatta (Ketua GOW Palopo dan IWAPI), Hj Idaria M Jaya, Hj Anita Octaviana, Hj Nurlina, dan lainnya.

Sementara, Sekretaris Gerindra Kota Palopo, Sapar Sampetan yang ditemui di Kantor Gerindra, Selasa sore, mengatakan, Bacaleg Gerindra di Palopo lengkap. Bahkan lebih dari cukup. Hanya saja, Sapar belum bersedia mengekspose karena alasan strategi.

Informasi yang dihimpun Palopo Pos, sejumlah legislator Gerindra di Palopo, masih maju Caleg pada Pileg 2024. Hanya mengalami perubahan Dapil.

Seperti Nureny, masih tetap maju di Dapil 3 Wara Timur, Warsel, dan Sendana. Bogi Harto rencana pindah dari Dapil 2 Wara Utara, Bara, dan Telluwanua) ke Dapil 3 bersama Nureny.

Di Dapil 2 Wara Utara, Bara dan Telluwanua maju Taming Somba bersama Candra (putra dari Ketua Gerindra Palopo, Hj Hasriani).

Di Dapil 1 Wara, Wara Barat, dan Mungkajang, maju Mustahir Sidu alias Tato dan dr Andi Fadly. Sementara Budirani Ratu telah menyatakan pamit untuk maju Caleg Provinsi Sulsel.

Legislator Partai Demokrat, Irvan Majid yang dihubungi Palopo Pos, Selasa kemarin, mengatakan, rekrutmen Bacaleg Partai Demokrat menunggu penetapan ketua terpilih.

Saat ini, proses pemilihan Ketua Demokrat Palopo masih berlangsung. Dua calon yakni Irvan Majid dan Devi Syukur Bijak sudah mengikuti fit and proper test di DPP Demokrat. "Tinggal menunggu penetapan DPP, " kata Irvan.

Sementara Ketua PDIP Palopo, Alfri Jamil tidak memberi respon saat dikonfirmasi, Selasa kemarin.
Sebelumnya, Alfri mengatakan, tiga legislator PDIP Palopo, Angga Bantu, Herman Wahidin, dan Jabir masih maju pada Caleg Palopo. Demikian halnya Alfri, akan maju caleg Palopo.

Alfri juga belum dapat membuka deretan nama-nama 25 bakal caleg yang akan didorong. "Jadi kita di PDIP tidak asal memasukkan nama kader dalam daftar caleg. Mereka ini akan kita survey. Tentu nama-nama yang memiliki rating yang bagus kita utamakan," kata Alfri.

Sekretaris NasDem Palopo, Umar SE yang dikonfirmasi, tidak merespon. Informasi dihimpun Palopo Pos, Partai NasDem masih merampungkan komposisi calegnya. Adapun santer disebut akan kembali maju Wakil Ketua DPRD Abdul Salam, Mustamar, drh Lupita Dengen, Efendi Sarapang. (ikh)

  • Bagikan