Waketum BPP KKLR Dukung WTL Solid pada Pemilu 2024

  • Bagikan
Dr Talib Mustafa MSi dalam sebuah diskusi di Palopo. --ft: istimewa

* Dr Talib: KKLR dan Forum Alumni IPMIL Bisa Jadi Mediator

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--
Gagasan Bidang Litbang dan Kajian Strategis BPW KKLR Sulsel soal Wija To Luwu (WTL) harus solid pada Pemilu 2024, direspon positif Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) KKLR, Dr Talib Mustafa MSi.

Menurutnya, ide tersebut bagus dan penting. Agar suara WTL benar-benar terwakili secara proporsional di DPR-RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Pemilihan Gubernur Sulsel (Pilgub), DPRD Sulsel, termasuk pada Pilpres.

Kenapa penting. Lebih jauh dijelas Dr Talib yang juga Bakal Caleg pusat PDIP di Dapil Sulsel III, karena pertama, WTL memiliki potensi. Dan kedua, jumlah WTL yang ikut Pileg cukup banyakm, termasuk calon DPD ada tiga WTL yang maju yakni Datu Luwu, Andi Hatta Marakarma, dan Hj Aliyah Mustika Ilham.

''Kalau tidak ada kesamaan pandangan antara para WTL, tidak menutup kemungkinan keterwakilan WTL di DPR-RI bisa menjadi lebih kecil dibanding sekarang, karena kita pecah-pecah sehingga perolehan suara kumulatif kecil,'' katanya.

Persoalannya adalah bagaimana soliditas lintas partai dan lintas calon WTL dibagun. Harus ada kesepahaman dan keserasian pandangan terhadap kandidat senator, caleg pusat, caleg priovinsi, dan lainnya.

''Harus bisa urung rembuk, berdiskusi bagaimana baiknya untuk diserasikan. Di sini rumitnya,'' katanya.

Karena itu, harus ada lembaga yang independen dan non partisan yang mengambil peran sebagai mediator untuk mempertemukan masalah ini. ''Bisa KKLR atau Forum Alumni IPMIL ambil peran sebagai jembatan,'' tandasnya. (ikh)

  • Bagikan