HMD Terbukti Mengabdi, Pantas jadi Bupati Luwu

  • Bagikan
Bacalon Bupati Luwu Dr H Husmaruddin, SE MM

Pendapat Sejumlah Warga soal Dr H Husmaruddin

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA -- Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Dr H Husmaruddin SE MM (HMD) merupakan sosok yang layak memimpin daerah. Ia cerdas dan berprestasi, berkontribusi dalam bidang pendidikan, dan sudah teruji dalam mendedikasikan dirinya dalam pembangunan daerah.

Di kampus, menjadi alumni pertama Universitas Muhammadiyah Palopo (dulu STIEM) yang terbaik dengan IPK tertinggi. Waktu itu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) masih menggunakan sistem ujian negara. Di kampung, Desa Pangi, Kec. Bajo, Luwu, jadi Kades Terbaik se Kab. Luwu awal era tahun 2000-an.

Bidang pendidikan, pengabdian HMD mengajar tanpa pamrih sejak tahun 1992 sampai sekarang.
Mengajar di masjid, mengajar di kampus, mengajar di kantor-kantor, sanggar tani, paket B, paket C, demi untuk sama-sama mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) menyongsong pengembangan industri dan berkemajuan, serta keunggulan untuk negeri tercinta
Ketika menjabat anggota DPRD Luwu dan DPRD Sulsel selama 18 tahun, pria bertagline HMD Anak Desa mampu berinovasi untuk mengantar Luwu unggul dan sejahtera di masa depan.

Pada akhir tahun 2022 sampai awal tahun 2023, HMD tetap berada di Daerah Pemilihan (Dapil) Tana Luwu untuk bersilaturahim sekaligus program strategis Provinsi Sulsel. Ia menemui Pemda se Tana Luwu, seperti Bupati Luwu membahas mengenai pelabuhan dan bandara supaya berfungsi dengan maksimal.

Juga menemui Wali Kota Palopo menindaklanjuti tentang pemanfaatan daerah pesisir dan pelabuhan Palopo terkait Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Provinsi Sulawesi Selatan.

HMD sebagai juru bicara masyarakat Tana Luwu Dapil 11 tetap mengawal program serta mengkomunikasikan penyelesaian program strategis. Misalnya pembebasan lahan bandara, jalan keluar bandara, Bua-Bastem-Toraja. Juga bidang pendidikan, kesehatan, serta infrastruktur lainnya.
Arkam sebagai Koordinator HMD Center adalah saksi bahwa HMD adalah orang yang betul ingin mewakafkan seluruh yang dimiliki untuk menjadi juru bicara rakyat berjuang untuk Tana Luwu dan terkhusus Kab. Luwu.

''Bersyukurlah masyarakat Luwu mempunyai figur yang cukup pengalaman dan lengkap pengabdiaannya, dari kampus, desa serta DPRD selama 18 tahun jadi kita yakin bahwa beliau mampu berinovasi untuk mengantar Luwu unggul dan sejahtera di masa depan,'' kata Arkam kepada Palopo Pos, Sabtu, 7 Januari 2023.

Satriawaty Mallu sebagai Koordinator KOWAD (Organisasi Sayap HMD) juga berpendapat bahwa HMD adalah orang yang sangat patut dari sisi kapasitas, pengabdian di bidang pendidikan, kesehatan, bidang pemerintahan desa serta terkait ketahanan pangan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara Syukur sebagai Koordinator BRIGADE (Barisan Gabungan Anak Desa), terharu dan mengatakan bahwa dirinya merupakan orang dari Wotu Kab. Luwu Timur, isterinya orang Luwu Utara, namun sudah menganggap HMD sebagai orang tua.

HMD banyak membina pemuda pemudi untuk kegiatan organisasi sosial kemasyarakatan, kursus, pelatihan, beliau Anak Desa terbukti tulus mengorbankan yang dimiliki untuk kemajuan orang banyak, beliau tulus, dan pekerja keras.

Syukur yang juga banyak mendampingi kegiatan-kegiatan HMD, juga mengungkapkan bahwa ia ikhlas berkorban untuk mengantar HMD menjadi Bupati Luwu pada Pilkada 2024 mendatang. ''Dan kalau beliau (HMD) terpilih jadi Bupati Luwu, Insya Allah pemuda dan masyarakat sejahtera, Luwu akan unggul. Allahu Akbar,'' terang Syukur.

Sementara itu, warga Desa Lamunre, Kec. Belopa, Akhir SE yang juga alumni UMPalopo, menilai HMD tidak akan cukup bila hanya menilai dari satu aspek saja. Karena menurutnya, HMD merupakan Figur yang paket lengkap.

''Hal tersebut yang selalu saya sampai ke teman-teman bahkan ke masyarakat,'' kata Akhir saat dikonfirmasi Palopo Pos.
Mengapa dikatakan HMD paket lengkap?
Lanjut Akhir menjelaskan. Pertama, karena apabila berbicara tentang agama, HMD adalah pendakwah yang dimana latar belakang organisasinya adalah Muhammadiyah. Dimana organisasi yang memang notabenenya adalah organisasi dakwah Islam. ''Dan saya rasa kita tidak akan ragukan lagi persoalan itu,'' katanya.

Yang kedua adalah, ketika berbicara tentang pendidikan, Pak Haji atau HMD adalah dosen di Universitas Muhammadiyah Palopo yang memiliki gelar Doktor. Dan yang ketiga adalah, ketika berbicara politik, siapa lagi yang mau meragukan karir politik HMD.

''Kita sama-sama tahu bahwa Pak Haji (HMD) mengawali karir politik menjadi seorang Kepala Desa, dan akhirnya sekarang menjadi anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, yang bahkan sudah dua periode,'' tandasnya. (ikh)

  • Bagikan