Ternyata, Ini Arti Lato-Lato Versi Bahasa Yahudi, Konspirasi Freemasonry dan Iluminati?

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Latto-latto. Saat ini menjadi permainan yang kini digandrungi masyarakat. Mulai dari anak-anak sampai dewasa. Malah, kerap diperlombakan.

Dari mana sebenarnya permainan ini? Saat ini di media sosial ada sebuah narasi yang menyebut bahwa permainan lato-lato berasal dari bahasa Yahudi.

Sebuah unggahan di media sosial menyebut lato-lato merupakan konspirasi freeremasonry dan iluminasi. Konspirasi ini berhubungan kemunculan Dajjal, makhluk akhir zaman.

Unggahan lato-lato berasal dari baha Yahudi yang dimaksud sebagai berikut:

"Lato latto itu konspirasi remason dan iluminasi

Lato artinya AkuLatto artinya Yahudi..

Ternyata peermainan adu buah..(Bulan - Matahari)

LATO LATTO artinya Aku YAHUDI !!

Inilah era kebodohan dgn dalih LATAH Viral dikit² ngikut, segitu bodohnya tanpa tau perkara yg di ikuti Waspada!!!

Ini bukan sejengkal demi sejengkal.. Malah mangap…semua diikuti. ????

Narasi ini tersebar seiring dengan boomingnya permainan lato-lato di Indonesia dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Permainan ini bahkann dibuat perlombaan.

Benarkan latto-latto bahasa Yahudi?

Dilansir dari artikel sebelumnya, yang berjudul: Latto-latto Mainan Jadul yang Viral Ternyata Bukan dari Indonesia Loh!, dijelaskan bahwa lato-lato merupakan permainan zaman dulu yang berasal dari Amerika Serikat dengan nama crackers balls toys.

Crackers balls toys ini ditemukan oleh Marvin Glass pada era 1960-an yang masih menggunakan bol akaca.

Crackers balls toys ini kemudian mulai terkenal di Indonesia tepatnya di Sulawesi Selatan dengan nama latto atau lato pada tahun 1970-an.

Kata Lato atau Latto berasal dari bahasa Makassar yang berarti bunyi yang dikeluarkan oleh dua benda yang berbenturan.

Sehingga lato-lato atu latto-latto menurut bahasa Makassar adalah bunyi yang berulang-ulang yang dikeluarkan dari dua benda yang berbenturan.

Dikutip dari detiksulsel, dosen Sastra Daerah Bugis-Makassar dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Dr. Firman Saleh, menjelaskan orang Makassar menyebutnya latto-latto, karena permainan tersebut menimbulkan suara ketukan berulang.

Meski terlihat sangat mudah, permainan ini butuh keahlian dan konsentrasi tinggi untuk mempertemukan kedua bola plastik tersebut. Selain itu, tidak mudah pula untuk mempertahankannya.

Firman menambahkan permainan latto-latto tidak hanya viral di tengah masyarakat Bugis-Makassar, tetapi juga dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan ada yang sampai membuat lomba atau turnamen latto-latto.

"Sekarang baru booming lagi. Yang dulunya ada, tapi tidak sebooming sekarang. Sampai ada yang diperlombakan, dibuatkan turnamen," kata Firman

Dengan demikian arti kata latto-latto atau lato-lato yang menyebut berasal dari bahasa Yahudi yang berarti; Aku Yahudi merupakan narasi hoask.

Yang benar latto-latto atau lato-lato berasa dari bahasa Makassar atau Sulawesi Selatan yang artinya bunyi yang berulang.

Dilansir dari google translate, latto dengan bahasa Ibrani atau bahasa yahudi tertulis: לאטה yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah sebuah latte atau kopi.

Sementara jika ditulis lato-lato, maka dalam bahasa ibrani atau bahasa Yahudi tertulis: לאטו-לאטו yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah 'pelan-pelan.' (fin/pp)

  • Bagikan