Fajar/Rian ke Final Malaysia Open, Tantang Liang Wei Keng/Wang Chang

  • Bagikan

Nampak pemain Ganda Putra terbaik Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berhasil melaju ke final Malaysia Open 2023. --badminton--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALAYSIA-- Ganda Putra terbaik Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke final Malaysia Open 2023.

Ganda putra rangking satu dunia ini, menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang melangkah ke final.

Kemenangan 21-18, 21-17 atas Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan) membuat keduanya berhak melaju ke partai puncak.

Pada babak final, Fajar/Rian akan menghadapi wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang yang sebelumnya berhasil menang tiga gim 21-16, 11-21, 21-15 atas Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India).

Sebelumnya, dua wakil Indonesia Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia terhenti di semifinal.

Dejan/Gloria kalah dua gim langsung dari ganda campuran China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, 16-21 18-21. Sementara Apriyani/Fadia harus menyerah retired karena Fadia mengalami cedera di awal gim kedua.

Fajar/Rian bermain di Axiata Arena, Sabtu, 14 Januari 2023 melawan Kang/Seo.

Kang/Seo yang sempat mengambil kendali di awal gim pertama dengan keunggulan 6-3, kemudian 8-5. Namun Fajar/Rian balas menekan dan hanya tertinggal 10-11 saat interval.

Momen kebangkitan FajRi muncul usai jeda. Sempat tertinggal 11-13 dan 13-15, keduanya mampu berbalik unggul menjadi 16-15, dan terus memimpin hingga 20-18. Satu smash Fajar ke arah kiri masuk, membuat gim pertama dimenangkan Indonesia dengan skor 21-18.

Pada gim kedua, saling mengejar poin terjadi hingga skor 4-4, namun setelahnya Fajar/Rian mulai mengambil kontrol. Usai merebut tiga poin beruntun menjadi 7-4, mereka akhirnya unggul 11-8 saat interval.

Usai rehat, Fajar/Rian kian sulit dibendung dan menjauh hingga 16-11. Kang/Seo sempat menambah dua poin menjadi 13-16, namun satu sambaran Rian di depan net gagal dikembalikan dan mengubah skor menjadi 17-13.

Fajar/Rian terus menambah poin hingga 20-15, tapi Kang/Seo belum menyerah dan mengejar hingga 17-20. Namun jumping smash dari Rian jatuh dengan telak di lapangan permainan Kang/Seo dan menutup gim kedua dengan kemenangan 21-17.

Atas kemenangan ini, ucapan syukur dan terima kasih disampaikan Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto.

"Terima kasih kepada suporter yang mendukung kami selama ini. Semoga besok kami bisa memberikan kemenangan. Mohon doanya. Hari ini dukungan penonton yang hadir ke stadion berbalik, semua jadi mendukung kami," ujar Fajar seusai pertandingan.

Dia berharap bisa kembali bermain bagus di laga final besok.

"Alhamdulillah diberi kelancaran dan bisa memenangkan pertandingan. Kami kini menjadi satu-satunya wakil Indonesia ke final. Semoga besok bisa bermain bagus dan memberikan kemenangan bagi PBSI, Indonesia, dan semua pendukung," lanjutnya.

Fajar mengatakan dia bersama Rian sebelumnya sudah mempelajari permainan lawan dan faktor kekalahan di pertemuan sebelumnya.

Hal senada juga dikatakan Rian yang berharap bisa tampil lebih bagus lagi di final besok.

"Alhamdulillah bisa diberi kemenangan. Semoga di pertandingan final besok kami bisa tampil lebih bagus lagi. Hari ini kami bermain lebih baik dibanding pertandingan kemarin. Tadi di gim pertama kami sempat tertinggal, tetapi kami dengan bermain lebih fokus, lebih tenang dan akhirnya menang dua gim," tuturnya.

"Hari ini kami bermain jauh lebih baik dibanding dari laga-laga yang kami jalani sebelumnya. Kami sudah bisa beradaptasi lebih baik dengan lapangan. Kami kurang-lebih, sudah lebih tahu soal kondisi angin di lapangan," tambah Rian. (*/net/pp)

  • Bagikan