Hasil India Open: Kevin/Marcus Menang Dramatis, Ini Kuncinya

  • Bagikan

Kevin/Marcus menang dramatis untuk lolos ke perempat final India Open. (Arsip PBSI)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, INDIA-- Luar biasa penampilan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Berkat kegigihannya, mereka lolos ke perempat final India Open 2023 setelah mengalahkan Ren Xiang Yu/Tan Qiang 16-21, 21-18, 23-21.

Di awal gim pertama setelah imbang pada kedudukan 2-2, Kevin/Marcus lebih sering dalam posisi tertekan di paruh awal gim pertama. Ren/Tan mampu unggul 6-3 yang berlanjut menjadi 8-4.

Interval gim pertama pun berhasil ditutup Ren/Tan dengan keunggulan enam poin pada angka 11-5.

Selepas interval, Kevin/Marcus mulai bisa memberikan tekanan balik pada lawan. Mereka bisa merebut poin demi poin dan terus mendekati angka Ren/Tan.

Ren/Tan akhirnya meraih game point di angka 20-15 setelah memenangkan adu drive melawan Kevin/Marcus.

Memasuki gim kedua, Kevin/Marcus sempat memimpin 4-1 di awal gim. Kedudukan sempat sama kuat di angka 5-5 namun kemudian Minions bisa merebut tiga poin beruntun.

Seusai interval, Kevin/Marcus berusaha gigih mengejar ketinggalan. Upaya itu membuahkan hasil di angka 13-13.

Tetapi pukulan Kevin yang keluar membuat Ren/Tan kembali memimpin 14-13. Ren/Tan lalu makin menjauh dengan selisih tiga angka pada kedudukan 17-14.

Smes Kevin memperkecil ketinggalan menjadi 15-17. Tekanan Kevin/Marcus membuahkan poin berikutnya sehingga mereka tinggal berjarak satu angka, 16-17. Skor kembali imbang di posisi 17-17 karena pukulan lawan gagal menyeberangi sisi lapangan.

Tetapi Ren/Tan lebih dulu merebut poin ke-18 lewat keunggulan daam reli panjang yang menghadirkan 69 pukulan.

Skor imbang kembali di angka 18-18 usai pukulan Marcus ke arah baseline tidak mampu dibaca lawan.

Minions akhirnya berbalik memimpin di angka 19-18 setelah smes Tan Qiang membentur net. Smes Marcus yang tak bisa dikembalikan Ren Xiang Yu membuat Minions meraih game point di angka 20-18.

Pukulan silang Kevin yang mengecoh ganda China akhirnya membuat mereka menang 21-18 di gim kedua.

Memasuki gim penentuan, Kevin/Marcus tertinggal 2-5 di awal. Namun Minions bisa bereaksi dengan baik dan merebut tiga poin untuk menyamakan skor menjadi 5-5.

Seusia interval, Ren/Tan bisa meraih dua poin dan menjauh di angka 13-9.

Ren/Tan terus menjaga keunggulan hingga angka 15-13. Serangan mereka bisa menjebol pertahanan Minions. Kemenangan dalam reli lalu membuat Ren/Tan meraih poin berikutnya dan skor berubah jadi 16-13.

Pertandingan sempat terhenti karena Marcus sempat meminta medical break untuk perawatan di kaki kirinya.

Strategi Kevin/Marcus memilih bertahan dan mengeksploitasi Tan Qiang untuk melakukan smes membuahkan hasil. Tan Qiang melakukan kesalahan dan skor berubah jadi 14-16.

Servis apik dari Marcus kemudian berbuah poin yang membuat skor menjadi 15-16. Poin kembali sama di angka 16-16 setelah Kevin memukul shuttlecock di depan net.

Ren/Tan kembali menjauh lewat agresivitas serangan mereka yang berbuah dua poin beruntun. 18-16 untuk Ren/Tan.

Kevin/Marcus lalu mendapat poin ke-17 usai smes Ren Xiang Yu membentur net. Skor kembali sama di angka 18-18 lewat pukulan Kevin ke tengah-tengah Ren Xiang Yu dan Tan Qiang.

Minions akhirnya memimpin 19-18 setelah smes Marcus tidak bisa dikembalikan dengan sempurna oleh lawan.
Skor lalu berubah jadi 19-19 karena serangan Ren/Tan berhasil berbuah poin.

Pukulan backhand Marcus membuahkan angka karena tidak bisa dihalau oleh Tan Qiang dengan sempurna. 20-19 untuk Minions.

Skor lalu sama kuat karena Ren Xiang Yu bisa membaca arah shuttlecock yang dilepaskan Kevin. 20-20.

Ren/Tan berbalik meraih match point di angka 21-20 karena serangan mereka kembali efektif membuahkan poin. Return service dari Kevin kemudian menggagalkan match point lawan. Skor imbang 21-21.

Kejelian Marcus menempatkan shuttlecock ke arah baseline menghasilkan match point di angka 22-21. Pertandingan akhirnya dimenangkan Minions dengan skor 23-21 usai pukulan Kevin tak bisa dikembalikan lawan.

Keberhasilan Kevin/Marcus dalam partai itu tidak terlepas dari pengalaman, ketenangan, dan stamina. (net/pp)

  • Bagikan

Exit mobile version