7 Makanan Ini Bakalan Bikin Kolesterol Anda Ambyar, Mulai dari Roti Gandum Sampai Popcorn

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Banyak orang kini menderita penyakit kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh. Kolesterol tinggi biasanya disebabkan karena beberapa hal.

Mulai dari sering mengonsumsi makanan tinggi lemak, hingga stres berlebihan. Orang yang menderita kolesterol tinggi biasanya rutin mengonsumsi obat untuk menurunkan kadar kolesterol mereka.

  1. Buah-buahan
Apel dan Anggur. --ist--

Contoh buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi seperti apel, strawberry, dan juga anggur yang mengandung pektin. Pektin adalah zat yang bisa menurunkan kadar kolesterol atau lemak jahat dalam tubuh.

Selain itu dalam buah-buahan terdapat kalium yang bagus untuk mengendalikan tekanan darah.

  1. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan juga ternyata bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh.

Contohnya seperti kacang kacang almond, kacang kenari, dan kacang pecan. Namun mengonsumsi kacang-kacangan juga tidak disarankan terlalu banyak, karena kandungan kalorinya cukup tinggi.

  1. Kentang

Kentang juga bisa digunakan sebagai makanan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh. Hal ini karena kentang mengandung kalium, tinggi serat dan rendah kalori sehingga bagus untuk kesehatan pembuluh darah. Namun, agar manfaat pada kentang bisa dirasakan cara memasak atau mengolahnya juga harus dengan cara yang sehat.

  1. Sayur-sayuran

Sayuran tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi merupakan camilan atau jenis makanan yang bisa membantu turunkan kadar kolesterol.

Hal tersebut karena sayuran mengandung vitamin dan juga mineral. Selain itu, sayuran juga mempunyai kalori yang rendah, rendah lemak, dan juga rendah natrium.

  1. Popcorn

Popcorn bisa dijadikan camilan sehat yang bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun cara memasaknya jangan menggunakan mentega, jangan memakai gula atau tambahan lainnya yang tidak bagus untuk tubuh.

  1. Oatmeal

Oatmeal juga merupakan cemilan yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Hal tersebut dikarenakan oatmeal mengandung serat larut yang bisa menyerap kolesterol.

  1. Roti Gandum

Roti gandum utuh memiliki protein, dan juga serat yang bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol.(genpi/jpnn)

  • Bagikan