Demo Mahasiswa Soal Luteng Sempat Ricuh di Dekat Lokasi Peringatan HJL/HPRL

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO.ID, TOMPOTIKKA-- Peringatan Hari Jadi Luwu (HJL) ke-755 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) di Lapangan Pancasila, Palopo, Senin, 23 Januari 2023 diwarnai aksi demo soal pembentukan pemekaran Luteng.

Belasan mahasiswa mengatasnamakan Aliansi Rajyat Luwu Menggugat melakukan aksi demo di perempatan Lampu Merah Kantor Wali Kota. Dekat dengan lokasi peringatan HJL/HPRL, sekira 100 meter.

Aksi yang dipimpin Korlap, Iqro, mahasiswa UIN Makassar, awal berlangsung tertib. Mereka bergantian melakukan orasi.

Namun ketika mahasiswa hendak menambah bakar ban, polisi yang berjaga-jaga berupa menghentikan sehingga terjadi aksi dorong-mendorong. Namun akhirnya tenang kembali setelah pihak kepolisian melakukan pendekatan persuasif.

Menurut Kabag Ops Polres Palopo, Kompol Marten SR, pihaknya sudah memberikan kebijakan dengan memberikan kesempatan untuk bakar satu ban.

"Namun saat hendak bakar ban lagi, kita larang. Soalnya sedang ada acara dan banyak tamu. Lagian tidak ada pemberitahuan sebelum aksi ke pihak kepolisian, " kata Marten.

Sementara pihak mahasiswa menyesalkan tindakan aparat yang dinilai menghalang-halangi penyampaian pendapat di muka umum. (ikh)

  • Bagikan