Pembentukan Toraja Utara Barat Segera Dideklarasikan, Dan Pongtasik: Kami Optimis DOB Secepatnya Terbentuk

  • Bagikan

Dan Pongtasik Ketua Tim Pembentukan DOB Toraja Utara Barat, bersama Dating Pelembangan serta para tim panitia DOB, Sabtu,28 Januari 2023. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO-- Perjuangan pembentukan daerah otonomi baru di Toraja Utara Bagian Barat, terus digelindingkan. Berbagai langkah dilakukan demi terwujudnya kabupaten Toraja Barat.

Ketua Panitia Tim Pembentukan
Daerah Otonomi Baru (DOB) Toraja Barat, Dan Pongtasik terus memantapkan perjuangannya.

Anggota DPRD Sulsel ini, memimpin rapat konsolidasi yang dilaksanakan di Resto Rimiko Rantepao, Sabtu, 28 Januari 2023.

Tim Pembentukan DOB Toraja Barat saat ini, semakin intens melakukan rapat konsolidasi dengan panitia lainnya. Ini untuk memperkuat dukungan dari semua elemen masyarakat Toraja. Juga, tentunya untuk terus mengobarkan semangat demi terlaksananya tujuan DOB.

Dan Pongtasik usai rapat konsolidasi dengan para panitia DOB kepada para awak media mengatakan, bersama panitia DOB bagian barat yang sudah berapa kali melakukan pertemuan, akan melaksanakan Kombongan Kalua' pada pertengahan Februari 2023 di Kecamatan Rindingallo.

"Tadi, saat rapat terkait rencana Kombongan Kalua', sebelumnya dalam waktu dekat ini Panitia Pemekaran akan melakukan audiens dengan Bupati dan DPRD Toraja Utara. Ini untuk meminta petunjuk memohon dukungan kepada beliau terutama dukungan dari Lembang -lembang dari sekitar wilayah Toraja Utara bagian Barat. Mudah -mudahan rencana dalam waktu dekat ini dapat terealisasi," ujar Dan Pongtasik.

Anggota DPRD Sulsel dari daerah pemilihan X ini menjelaskan, dalam waktu dekat mereka akan melakukan road show keliling ketemu DPRD Toraja Utara, Komandan Kodim 1414/Tator, Kapolres Toraja Utara, Kepala Kejaksaan, dan Kepala Pengadilan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat di Toraja Utara.

"Dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan road show. Kami akan keliling ketemu DPRD Toraja Utara, Komandan Kodim 1414/Tator, Kapolres Toraja Utara, Kepala Kejaksaan, dan Kepala Pengadilan untuk menyampaikan Aspirasi masyarakat di Toraja Utara bagian Barat. Kami ada kerinduan untuk berdiri sebagai daerah otonomi baru di Sulawesi Selatan. Kami sadar bahwa perjuangan ini pasti panjang tapi kami harus memulai,'' kata politisi PDI Perjuangan ini.

Dan Pongtasik juga berharap agar semoga rencana ini dapat terwujud. Pihaknya optimis kelak suatu waktu dapat menjadi sebuah provinsi yang baru di Sulawesi Selatan.

"Mudah-mudahan dengan berdirinya Toraja Utara bagian Barat kelak memudahkan mendirikan sebuah provinsi. Cita -cita jangka panjang dan jangka pendeknya itu walaupun itu juga tidak kurang 10 tahun itu adalah lahirnya suatu daerah otonomi baru. Yaitu, Toraja Utara bagian Barat," kata anggota DPRD Provinsi Sulsel 5 Periode ini.

Diketahui rencana Deklarasi Pemekaran Toraja Utara Barat, akan dilaksanakan di Pangala' Kecamatan Rindingallo Depan Makam Pahlawan Nasional Pongtiku.

Adapun Kecamatan yang akan masuk nantinya di antaranya Kecamatan Sesean Suloara, Buntu Pepasan, Denpina, Kapalapitu, Rindingallo, Awan Rantekarua, dan Kecamatan Baruppu.

Turut hadir dalam rapat koordinasi DPB Toraja Barat yakni Dating Pelembangan yang disebut-sebut bakal calon Bupati Toraja Utara pada Pilkada serentak bulan November 2024, juga mantan anggota DPRD Torut Paulus Tangke dari Fraksi PDI Perjuangan, Mantan Kapala Dinas, Mantan Ketua KNPI Briken, Ketua KNPI Torut Belo Tarran, Sekretaris KNPI Ardi Lulun, dan para tokoh masyarakat.(albert tinus)

  • Bagikan