Usai Tertinggal 0-1, PSM Balik Bantai Rans, Kini Urutan Kedua di Klasemen Sementara

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- PSM Makassar kembali memperlihatkan keperkasaannya usai membantai Rans Nusantara 3-1 pada pekan ke-21 Liga 1 2022-2023.

Pasukan Ramang sempat tertinggal 0-1, pada babak pertama. Namun berbalik unggul pada pertandingan yang dihelat di Stadion BJ Habibie, Parepare, Senin, 30 Januari 2023 sore Wita.

Dengan kemenangan telak ini, PSM Makassar kini beranjak ke posisi dua klasemen sementara dengan poin 41 dari 21 partai yang dilakoninya.

Sementara Rans, kini makin terperosok ke zona degradasi. Saat ini, hanya mengumpulkan poin 17 dari 21 pertandingan yang telah dilakoninya.

Kini, menempati urutan ke-16 dari 18 tim yang berlaga di Liga 1 BRI.

Jalannya Pertandingan

Pada partai ini, PSM Makassar sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Ikhsan Nul Zikrak (29').

Namun, PSM berhasil comeback lewat gol-gol dari Ramadhan Sananta (66') dan Yakob Sayuri (71', 78').

Terlihat, pada partai ini pertandingan berlangsung di tengah kondisi hujan deras. Nampak, genangan air terlihat di beberapa sisi lapangan.

Sayangnya pertandingan yang baru berlangsung 13 menit di Stadion B.J. Habibie, Sulawesi Selatan itu ditunda lantaran hujan deras yang membuat lapangan tergenang.

Hal itu pun membuat panitia pelaksana (panpel) pertandingan menunda laga tersebut hingga 30 menit, sembari menunggu kondisi lapangan membaik. Sebelum laga itu ditunda, PSM Makassar dan RANS Nusantara FC masih bermain imbang 0-0.

Kendati demikian, PSM Makassar sempat melancarkan serangan cepat ke gawang RANS Nusantara FC. Yuran Fernandes Rocha Lopes hampir membawa PSM Makassar memimpin pada menit kedua.

Akan tetapi tendangannya masih bisa dihentikan barisan pertahanan RANS Nusantara FC. Kedua pun tim tampak kesulitan membangun serangan akibat hujan deras mengguyur lapangan.

Kondisi lapangan yang tergenang air membuat pemain-pemain dari PSM dan RANS Nusantara sulit mengalirkan bola.

Wasit Steven Yubel Poli akhirnya menghentikan pertandingan pada menit ke-13 setelah berdiskusi dengan kedua kapten tim.

Setelah hampir satu jam dihentikan, laga PSM vs RANS kembali dilanjutkan.

Hujan mulai mereda, tetapi lapangan masih digenangi air di beberapa titik. Saat kondisi lapangan belum ideal, tim tamu RANS Nusantara berhasil unggul lebih dulu lewat gol Ikhsan Nul Zikrak pada menit ke-29.

Memasuki babak kedua, hujan deras kembali mengguyur lapangan. Namun, wasit memutuskan laga tetap dilanjutkan.

Tim Juku Eja yang tertinggal satu gol, berusaha mengejar, tetapi upaya mereka sempat terhalang lapangan yang tak ideal. Juku Eja akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-66 lewat pemain pengganti Ramadhan Sananta.

Ramadhan Sananta dengan tenang menceploskan bola ke gawang RANS Nusantara setelah lolos dari kawalan lawan. Ini adalah gol keenam Ramadhan Sananta dalam 11 penampilannya bersama PSM di Liga 1 2022-2023.

Tidak butuh waktu lama bagi PSM untuk membalikkan keadaan.

Pada menit ke-71, PSM mencetak gol kedua mereka lewat Yakob Sayuri.

Yakob Sayuri melesakkan bola ke gawang RANS Nusantara usai memanfaatkan umpan silang Wiljan Pluim. Pada menit ke-78, papan skor kembali berubah setelah Yakob Sayuri mencetak gol keduanya pada laga ini.

Yakob melepas tendangan melengkung dari luar kotak penalti, yang gagal diantisipasi kiper Hilman Syah. Sampai wasit Steven Yubel Poli meniupkan peluit panjang, PSM sukses mempertahankan keunggulan 3-1 mereka atas RANS Nusantara. (*/net/pp)

Skuad Pemain

PSM Makassar (3-5-2):

30-Muhammad Reza Arya Pratama; 27-Safrudin Tahar, 11-Yance Sayuri, 4-Yuran Fernandes; Yakob Sayuri, 37-Muhammad Dzaky Asraf Huwaidi, 45-Akbar Tanjung, 48-Muhammad Arfan, 39-Kenzo Nambu; 80-Willem Jan Pluim, 10-Everton Nascimento De Mendonca

Pelatih: Bernardo Tavares

RANS Nusantara FC (4-3-3):

97-Hilman Syah; 34-Willian Correia Silva, 28-Arif Satria, 23-Ady Setiawan, 5-Saddam Hi Tenang; 66-Mitsuru Maruoka, 19-Sumarna, 6-Makan Konate; 8-Ikhsan Nul Zikrak, 99-Septian Satria Bagaskara, 24-Hamdan Zamzani

Pelatih: Rahmad Darmawan (*)

KLASEMEN SEMENTARA

  • Bagikan