10 Tokoh Lutim Punya Kans Maju Pilkada 2024

  • Bagikan

Harus Kantongi Minimal Dukungan 8 Kursi di DPRD

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Tensi politik di daerah jelang Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 mulai terasa hangatnya. Meskipun masih dua tahun lagi digelar, kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Luwu Timur 2024 sudah mulai 'panas' dibahas. Sejumlah figur juga mulai kembali menampakkan diri, kembali rajin ke masyarakat untuk bersosialisasi.

Pilkada Luwu Timur juga sangat menarik untuk dibahas. Petahana saat ini adalah Bupati Luwu Timur, H. Budiman Hakim dipastikan akan kembali maju di putaran kedua Pilkada Lutim mendatang. Ia pun tentunya akan berhati-hati memilih pasangan untuk mengokohkan posisinya sebagai incumbent agar bisa "oppo".

Namun, di Luwu Timur bukan hanya Bupati Budiman. Ternyata masih banyak tokoh yang juga punya banyak simpati. Salah satunya, mantan Bupati Luwu Timur yang juga Ketua Partai Nasdem Lutim, Irwan Bachri Syam. Terus ada Ketua DPRD Lutim, Aripin, Wakil Ketua DPRD, HM Siddiq, mantan Kadis Tarkim, Ir Zainuddin yang akrab disapa Bang Jay, anggota DPRD Sulsel, Taqwa Muller, hingga Sekretaris Partai Golkar Lutim, putra mantan Bupati Lutim Andi Hatta Marakarma, Andi Rio Patiwiri, digadang juga akan maju kembali menantang Bupati Budiman. Ada juga istri alm HM Thorig Husler, Puspawati Husler, pengusaha Lutim, Andi Baso Makmur, dan anggota DPRD Sulsel PDIP Esra Lamban.

Analisa itu disampaikan Ketua Badan Kajian Pengawasan Kebijakan Pembangunan Aliansi Media Jurnalis Independen Republik Indonesia (BKPKP AMJI-RI), Muhammad Rafi'i.
Ia menuturkan, Irwan Bachri Syam diprediksi kembali akan menjadi lawan berat calon incumbent, Budiman.

"Sejumlah figur tersebut dianggap layak untuk memimpin Luwu Timur kedepan karena memiliki kemampuan," ungkap pemerhati politik Kabupaten Luwu Timur, Amiruddin Budiman AMd, Senin 30 Januari 2023.
Amiruddin mengatakan, bermunculannya sejumlah nama figur tersebut, maka diprediksi jumlah pasangan yang akan bertarung di Pilkada Lutim nanti bisa di atas dua pasang. Sementara jumlah partai politik yang diprediksi dapat mengusung pasangan calon minimal dua gabungan parpol.

"Jumlah kursi di DPRD Lutim pada Pileg 2024 nantikan berjumlah 35 kursi. Maka 20 persen dari 35 untuk satu pasangan calon di Pilkada Lutim harus membutuhkan 8 kursi," jelas Amiruddin, yang juga mantan koordinator biro hukum Lembaga Missi Reclasseering Republik Indonesia (LMR – RI) Lutim ini.

Figur pasangan calon yang dibutuhkan oleh pemimpin di Luwu Timur kedepan, lanjut Amiruddin, yaitu selain memiliki pengalaman di birokrasi, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk memajukan bidang pertanian, perikanan dan pertambangan. Karena kita ketahui bahwa masyarakat Luwu Timur dominan berkecimpung disektor tersebut, jelasnya.

"Kita berharap para figur tersebut bisa membawa harapan masyarakat Luwu Timur ke arah yang lebih baik," tutup Amiruddin.
Untuk data tahun 2021, jumlah penduduk Kabupaten Luwu Timur sudah mencapai 304.938 jiwa.

"Penduduk Luwu Timur 304.938 jiwa, itu tahun 2021," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Luwu Timur, Oksen Bija. (akm/idr)

Sejumlah Figur Potensi Maju di Pilkada Lutim

H. Budiman Hakim : Bupati Luwu Timur (incumbent)
Irwan Bachri Syam : Mantan Bupati Luwu Timur/ Ketua Nasdem Lutim
Aripin : Ketua DPRD Lutim
HM Siddiq : Wakil Ketua DPRD Lutim
Ir Zainuddin (Bang Jay) : Mantan Kadis Tarkim Lutim
Taqwa Muller : Anggota DPRD Sulsel Golkar
Andi Rio Patiwiri : Sekretaris Golkar Lutim
Puspawati Husler: Istri Alm HM Thorig Husler
Andi Baso Makmur : Pengusaha
Esra Lamban : Anggota DPRD Sulsel PDIP

  • Bagikan