BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Sepekan

  • Bagikan
ILUSTRASI

Adanya Fenomena Awan Arcus

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyebut telah terjadi fenomena awan arcus di wilayah Makassar.'

Dijelaskan Prakirawan BMKG Makassar, Re'kun Matandung, Senin 30 Januari 2023, fenomena awan Arcus merupakan bagian dari awan cumulonimbus. Awan ini bisa mengakibatkan terjadinya angin kencang, hujan lebat, angin puting beliung dan hujan es.

Kemunculannya berbentuk ombak yang menggulung sehingga kadang pula disebut awan roll. Fenomena ini termasuk normal, namun jarang terjadi.
Awan arcus terjadi akibat tidak stabilnya atmosfer sepanjang bertemunya massa udara yang lebih dingin dengan massa udara yang lebih hangat dan lembab.

Biasanya fenomena ini sering terjadi di wilayah tropis di pagi atau sore hari. Biasanya juga terjadi di langit yang rendah dan hanya pada satu level. Sering kali juga terlihat menumpuk di atas atau di bawah, namun bukan sesama awan arcus.

Adapun prakiraan cuaca untuk hari ini wilayah Tana Luwu akan diguyur hujan pada pukul 14.00 Wita dengan intensitas ringan. Kemudian pukul 17.00 Wita kembali diguyur hujan intensitas ringan.

Untuk cuaca di malam hari diperkirakan akan berawan dengan suhu udara 28 derajat celcius pada pukul 20.00 wita dan 23.00 wita dengan kelembaban 85 persen. (idr)

  • Bagikan