Ingat, Seleksi CPNS 2023 Dibuka untuk Umum Bukan Hanya PPPK, Ini Jadwalnya…

  • Bagikan
Suasana saat seleksi CPNS. --google--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ini kabar gembira bagi yang ingin mendaftar jadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) segera membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2023.

Pemerintah membuka seleksi CASN 2023 bukan hanya pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Tapi, juga untuk umum.

Kabar gembira pembukaan seleksi CASN 2023 untuk umum tersebut disampaikan langsung Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas.

“Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 31 Januari 2023.

Terkait formasi seleksi CASN, dikatakannya melingkupi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara selektif dan terbatas serta PPPK itu, selain pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan pendidikan, pemerintah juga berfokus pada pemenuhan talenta digital.

Hal tersebut, menurutnya, sebagai bentuk transformasi digital yang sedang dilakukan dalam membangun sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

"Pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digital yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur SPBE. Formasi lain yang juga akan dibuka adalah hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” ucapnya.

Disampaikannya, saat ini instansi pemerintah dalam tahapan persiapan pengusulan formasi seleksi CASN.

“Sekarang, semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah,” ujar dia.

Rekrutmen CASN 2023, juga mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu, seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan sumber daya manusia guna mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

Dia pun meminya instansi-instansi pemerintah mulai mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN untuk tahun 2023 yang menjadi prioritas untuk segera diisi di instansi masing-masing.

Usai usulan kebutuhan dari masing-masing instansi, tahap selanjutnya adalah penetapan kebutuhan. Formasi ditetapkan dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Anas juga menyampaikan ada empat arah kebijakan dalam pengadaan ASN tahun 2023.

Pertama yaitu fokus pelayanan dasar.
Kedua, kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital.
Ketiga, merekrut CASN secara selektif.
Keempat, mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Dengan demikian, pemerintah saat ini masih menganalisis jabatan-jabatan yang bisa terdampak oleh perkembangan digital.

“Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi,” ujar Anas.

Sementara itu, seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS 2023 berdasarkan informasi yang beredar dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), seleksi CPNS 2023 dibuka pada Juni atau Juli mendatang.

Pihak PANRB sendiri saat ini sedang mengolah kembali pelaksanaan dan penetapan formasi. Target ditetapkan pelaksanaannya akan lebih awal daripada tahun lalu.

Jadwal pendaftaran CPNS 2023

Jadwal rekruitmen CPNS 2023 ditetapkan bulan Juni. Akan tetapi, belum ada informasi resmi tepatnya tanggal berapa pada bulan Juni pendaftaran CPNS 2023 sudah bisa dilakukan. Pada saat ini Kementerian PANRB sedang mematangkan proses penerimaan CPNS 2023.

Peluang formasi untuk lulusan SMA dan S1

Berdasarkan informasi yang beredar, peluang formasi CPNS 2023 yang dibuka saat ini hanya untuk formasi jaksa, hakim, dosen dan tenaga teknis tertentu dalam bidang digital. Adapun formasi untuk lulusan S1 berdasarkan informasi yang sudah diedarkan dibuka lowongan sebagai berikut:

  1. Formasi analisis kebijakan
  2. Formasi auditor
  3. Formasi penggerak swadaya masyarakat
  4. Formasi peneliti
  5. Formasi penyuluh sosial
  6. Formasi pemeriksa
  7. Formasi widyaswara
  8. Formasi perencana
  9. Formasi perekayasa
  10. Formasi pekerja sosial

Sementara itu, berdasarkan informasi yang beredar saat ini lowongan formasi CPNS untuk lulusan SMA/sederajat di bidang kemenhub adalah sebagai berikut.

  1. Jabatan penerbang
  2. Teknisi peralatan listrik dan elektronika
  3. Teknisi listrik dan jaringan
  4. Petugas pertolongan kecelakaan penerbangan
  5. Petugas pemadam kebakaran
  6. Petugas Avsec (Aviation Security)
  7. Teknisi penelitian dan perekayasaan

Akan tetapi, informasi ini belum bisa dikatakan akurat, karena belum ada pengumuman resmi dari Kementerian. Kamu bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan mempersiapkan persyaratan untuk pendaftaran yang biasanya tidak akan jauh berbeda daripada lowongan di tahun sebelumnya. (fin/net/pp)

  • Bagikan