Tujuh Bakal Cabup Torut Digadang-gadang Bertarung pada Pilbup 2024, Bupati Ombas Bakal Bersaing dengan Wabup Frederick

  • Bagikan

--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO-- Pilkada serentak 2024 masih setahun lebih. Namun, hawanya kini makin menghangat. Beberapa kandidat disebut-sebut akan maju untuk bertarung memperebutkan posisi Bupati Toraja Utara.

Selain incumbent, yakni Yohanis Bassang, juga beberapa figur lainnya akan mengikuti pesta demokrasi lima tahunan ini.

Salah satu figur pendatang baru bakal calon Bupati Toraja Utara sudah menyampaikan kesiapannya. Adalah, Dating Pelembangan. Sekertaris Jenderal PMTI ini sudah memantapkan hati untuk maju. Apalagi, adanya dorongan dari Sahabat "DATANG".

Selain Sekjen PMTI, juga pengusaha IT Bobby Sangka. Ia digadang -gadang bakal maju sebagai calon Bupati Toraja Utara. Malah, sudah disebut-nyebut bakal berpasangan dengan dr. Hendrik Sulo.

Pasangan ini ramai diperbincangkan di grup WA Toraja Raya dan para netizen. Beragam memberikan tanggapannya.

Yang ramai juga diperbincangkan masyarakat Toraja yang akan maju menjadi bakal calon Bupati Toraja Utara di antaranya Wakil Bupati Toraja Utara Frederick Victor Palimbong, Djuli Mambaya mantan Kepala Dinas PUPR Provinsi Papua.

Selain itu, juga Johni Mantong. Ia merupakan pengusaha dan Bendahara PMTI ,Theo Kristian Seleng (Pengusaha), dan Yusuf Rombe (Kontraktor)

Namun, hanya Dating Palembangan yang sudah menyatakan siap maju sebagai bakal calon Bupati Toraja Utara yang akan digelar bulan November 2024 nanti.

"Saya menyampaikan ada kerinduan untuk membangun Toraja Utara dengan maju sebagai calon Bupati pada Pilkada serentak tahun 2024 nantinya. Doakan saya. Semoga dapat menjadi calon Bupati Toraja Utara. Saya siap sebagai calon 01 Torut," terang Dating Pelembangan.

Thomas B Rantekala, pengamat politik di Toraja Utara, mengatakan, sejak terbentuknya Toraja Utara belum ada pemimpin incumbent yang bisa tembus dua periode. Apalagi sudah muncul rasa kecewa dan ketidakpuasan atas kepemimpinan di Toraja saat ini. Hal tersebut merupakan gunung es yang mencair dan bom waktu dimana akan mengakhiri incumbent secara alami.

"Masih ada tiga kekuatan besar saat ini. Yakni, Team Papua, Team Kalimantan, dan Team Jawa. Siapapun yang bisa menggalang kekuatan 3 Team di atas, maka dia sebagai pemenang. Ada percaya? Kita buktikan di 2024. Dan, satu hal lagi yang perlu diperhatikan, masyarakat yang berdomisili di Toraja Utara sudah mulai menilai pemimpin dari pola pikir, tindakan, karakter, sopan santun, tutur kata, etika, dan tetap rendah hati. Mari kita temukan "Sosok" tersebut di Pemilu 2024," kunci Thomas B Rantekala.

Sementara Incumbent, Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, dibincangkan di Medsos bahwa calon paling kuat dan akan Oppo' untuk masa periode keduanya pada Pilkada serentak 2024.

Sebelumnya, banyak netizen yang menyebut-nyebut via Medsos, Ombas akan berhadapan dengan kotak kosong nantinya. Hanya saja saat ini, sudah ada berapa figur menyatakan siap maju, meski belum jelas partai apa yang akan dikendarainya. (albert tinus)

  • Bagikan