11 Tokoh Torut Digadang Maju 01 Pada Pilkada Serentak 2024

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO -- Masa jabatan Bupati Toraja Utara saat ini, Yohanis Bassang memang baru akan berakhir tahun 2026 mendatang. Namun, sejumlah figur, tokoh politik, dan masyarakat Toraja Utara mulai kembali gencar sosialisasi menyatakan akan maju di Pemilihan Kepala Daerah Serentak untuk Toraja Utara 2024.

Dari rangkuman Palopo Pos, Selasa 31 Januari 2023, beberapa figur yang diprediksi akan maju 01 Toraja Utara. Dimulai dari petahana Bupati Yohanis Bassang, pastinya akan mati-matian kembali mempertahankan kedudukannya saat ini untuk periode kedua nantinya.

Dimana pada Pilkada Torut 2019, lalu, Yohanis Bassang bahkan mampu menumbangkan petahanan kala itu, Bupati Kalatiku Paembonan yang berpasangan dengan Yosia Rinto Kadang.

Selanjutnya, figur yang lain disebut akan maju kembali adalah incumbent Kalatiku Paembonan. Ia juga tentunya akan mati-matian merebut kembali kursi 01 yang pernah ia rasakan saat periode pertama. Untuk periode keduanya, ia tentunya akan sangat berhati-hati memilih pasangan, untuk menambah elektabilitas di masyarakat.

Figur lainnya ada Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong. Ia turut mengomentari hal ini.
"Untuk itu, saya belum memikirkan Pilkada," ujar Frederik, Senin (30/1/2023).

Ketua DPC Partai Gerindra Toraja Utara ini menjelaskan, dirinya masih fokus mengurus Toraja Utara dan hal lainnya. "Saya juga masih fokus mengurus Partai Gerindra, Persekutuan Kaum Bapak Gereja Toraja (PKBGT) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Toraja Utara," tuturnya.

Juga ada Sekjen PMTI, Dating Palembangan. Namanya dalam setahun terakhir mulai meramaikan kancah perpolitikan di Toraja Utara. Ia bahkan secara tegas sudah menyatakan diri akan maju 01 Pilkada Torut 2024. Untuk memuluskan langkahnya itu, Dating Palembangan yang bahkan sudah membentuk tim dan relawan hingga ke lembang-lembang.

Kepada Palopo Pos, Dating mengungkapkan, terus intensif melakukan pertemuan dengan berbagai elemen masyarakat, dan kali ini bersama para pramuwisata di Cafe Aras, Sabtu 28 Januari 2023, malam.

Dating dihadapan para pramuwisata (Guide) melakukan silaturahmi dan berdiskusi terkait kunjungan para Wisata Mancanegara (Wisman) di Toraja Utara saat ini serta agenda kegiatan perhelatan politik di tahun 2024. Dating Pelembangan yang didampingi Relawan DATANG Usai pertemuannya mengatakan teman-teman yang bergelut di bidang pariwisata mengundangnya untuk saling sharing satu dengan yang lain mengenai keberadaan mereka. Bahwa para guide pariwisata ini sangat mengharapkan suatu pemimpin ke depan yang peduli dengan pariwisata.

"Di Toraja ini, hanya pariwisata yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk mendapatkan income sehingga masyarakat Toraja khususnya Pemuda tidak banyak keluar dari Toraja Utara. Tetapi dengan majunya pariwisata para milenial menjadi inovatif dalam mengembangkan diri menerima dan memberikan yang terbaik buat wisatawan Ke depan. Inilah keluhan-keluhan yang mereka sampaikan kepada saya. Sekiranya perjalanan ke depan ada yang terbaik bagi saya untuk Toraja Utara sebagai Bupati, supaya ini perhatikan," jelas Sekjen PMTI ini.

Tokoh Torut lainnya yang potensi maju 01 adalah mantan Wabup Torut, Yosia Rinto Kadang (Ketua NasDem Torut). Mantan anggota DPR RI Hj Felicitas Tallulembang, Bobby Sangka (CEO Metrocom) digadang -gadang bakal maju sebagai calon Bupati Toraja Utara, yang rencananya akan berpasangan dengan dr. Hendrik Sulo, dan Djuli Mambaya (Mantan Kadis PUPR Prov. Papua). Lalu, Johni Mantong seorang pengusaha dan Bendahara PMTI,Theo Kristian Seleng (Pengusaha) Yusuf Rombe (kontraktor).

Pengamat Politik di Toraja Utara, Thomas B Rantekala memberikan pandangan. Menurutnya dari sejak terbentuknya Toraja Utara belum ada pemimpin incumbent yang bisa tembus dua periode, apalagi sudah muncul rasa kecewa dan ketidakpuasan atas kepemimpinan di Toraja saat ini. Hal tersebut merupakan gunung es yang mencair dan bom waktu dimana akan mengakhiri incumbent secara alami.

"Masih ada tiga kekuatan besar saat ini yakni Team Papua, Team Kalimantan dan Team Jawa. Siapapun yang bisa menggalang kekuaatan 3 Team di atas maka dia sebagai pemenang, ada percaya ? Kita buktikan di 2024.Dan satu hal lagi yang perlu di perhatikan, masyarakat yang berdomisilih di Toraja Utara sudah mulai menilai pemimpin dari pola pikir, tindakan,karekter,sopan santun, tutur kata, etika dan tetap rendah hati. Mari kita temukan "Sosok" tersebut di Pemilu 2024," kunci Thomas.

Sementara Incumbent, Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, dibincangkan di Medsos bahwa Calon paling kuat dan akan Oppo' untuk masa periode keduanya pada Pilkada serentak 2024 .Sebelumnya banyak netizen yang mengatakan di Medsos, Ombas akan berhadapan dengan kotak kosong. Namun nyatanya sudah berapa figur penantang meskipun belum semuanya nyatakan kesiapannya. (alb/idr)

Tokoh Toraja Utara Potensi Maju 01

  • Yohanis Bassang (Petahana Bupati Toraja Utara)
  • Kalatiku Paembonan (Mantan Bupati Toraja Utara)
  • Frederik V Palimbong (Wabup Toraja Utara)
  • Yosia Rinto Kadang (Mantan Wabup Toraja Utara)
  • Dating Palembangan (Sekjen PMTI)
  • Hj Felicitas Tallulembang (Mantan anggota DPR RI)
  • Bobby Sangka (CEO Metrocom)
  • Djuli Mambaya (Mantan Kadis PUPR Prov. Papua)
  • Joni Mantong (Bendahara PMTI)
  • Yusuf Rombe (Kontraktor)
  • Theo Kristian Seleng (Pengusaha di Sulteng)
  • Bagikan