13 Figur Kuat Maju 01 Pilkada Tator

  • Bagikan
GRAFIS/ILUSTRASI

Ada Mantan Bupati, Pengusaha, dan Juga Dokter

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKALE -- Di Bumi Lakipadada, Tana Toraja, juga mulai hangat dengan perhelatan politik calon kepala daerah. Meskipun baru akan digelar November 2024, mendatang, namun atmosfer persaingan meraih simpati/dukungan masyarakat sudah dimulai saat ini.
Palopo Pos merangkum sejumlah nama yang disebut-sebut berpotensi maju sebagai calon Bupati Tana Toraja.

Informasi dihimpun, ada 12 figur potensial yang merupakan tokoh masyarakat disebut akan maju di kontestasi Pilkada Tana Toraja. Para calon kandidat yang akan bersaing merupakan Tokoh Toraja dari berbagai kalangan yang sepak terjangnya telah dikenal luas masyarakat Toraja.

Disebut-sebut para bakal calon memiliki pengalaman mumpuni memimpin Kabupaten Tana Toraja.
Seperti yang dilakukan partai Gerindra, langsung merekrut dan mengangkat Wakil Bupati Tana Toraja, dr Zadrak Tombeng sebagai ketua DPC Gerindra Tana Toraja. Dengan maksud tujuan, memenangkan Gerindra di Bumi Lakipadada di 2024.

dr Zadrak saat ini memang memiliki kans untuk maju dalam pencalonan Bupati Tana Toraja 2024 nanti. Mengingat di Pilkada serentak 2020 kemarin, pasangan Theofilus Allorerung dan Zadrak Tombeg berhasil menumbangkan petahana Nicodemus Biringkanae dan Victor Datuan Batara dengan 57.057 suara. "Nanti kita lihat partner," ucap dr Zadrak beberapa waktu lalu.

Tak hanya dr Zadrak yang diisukan untuk maju sebagai calon Kepala Daerah Tana Toraja, beberapa tokoh politik juga sudah mengutarakan ingin ikut dalam perebutan kursi Bupati.

Diantaranya, kader Golkar yaitu John Rende Mangontan atau akrab disapa JRM yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulsel yang dikenal memiliki basis besar di Tana Toraja dan Toraja Utara.

Namun, Ia menegaskan jika saat ini dirinya masih fokus menyelesaikan pekerjaan sebagai Wakil Ketua Komisi D DPRD Sulsel dan menyelesaikan janji-janji politiknya kepada konstituen, terutama pada bidang infrastruktur.

Niat JRM untuk maju sebagai calon bupati di kontestasi 2024 nanti tentu menjadi ancaman bagi figur Tana Toraja lainnya yang lebih dulu digadang-gadang akan maju.

Pasalnya di wilayah Toraja, JRM dikenal memiliki loyalis yang cukup besar dan pengalaman yang dimiliki sebagai wakil rakyat di gedung DPRD Sulsel yang tak bisa dipandang sebelah mata karena berhasil mengamankan satu kursi dengan perolehan 13 ribu lebih suara.

Pada Ahad (15/1/2023) lalu, JRM mengelar perayaan ibadah natal dan pisah sambut tahun baru di kediamannya, Kalaa’ Km. 7 Kelurahan Tengan Kecamatan Mengkendek yang mengundang keluarga besar dan seluruh kerabat mulai dari Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, pemerintah daerah, Anggota DPRD Tana Toraja, pengurus partai, relawan, organisasi kepemudaan, insan pers dan masyarakat.

“Politik kedepan masih panjang, tahun ini (2023) saya memutuskan langkah ke Caleg DPR RI atau Calon Bupati Tana Toraja, tentu saya mempersiapkan hati, pikiran dan strategi untuk menentukan sikap,” ungkapnya.

Politisi Golkar yang dikenal sangat dekat dengan kaum milenial itu berkeinginan menjadikan Toraja sebagai skala prioritas daerah tujuan wisata, dimana Ia juga sangat antusias mengadakan event-event pariwisata yang melibatkan anak muda Toraja, seperti yang telah digagas yaitu Toraja Carnaval, Tournament Pa’semba Toraya, motor cross, tahun 2023 akan mengelar festival layang-layang, lomba pagellu tua dan paduan suara tingkat Internasional bulan September nanti.

“Sengaja saya buat event untuk memperlihatkan ke masyarakat bahwa saya fokus membangun Toraja dari segi pariwisata, secara geopolitik tidak ada yang mengalahkan saya karena saya asli putra Toraja dan kerja saya sudah dinikmati masyarakat banyak,” pungkas John.

Tokoh politik lainnya yakni John Diplomasi yang baru saja terpilih tanpa penantang rebut Ketua DPC Partai Demokrat Tana Toraja dan saat ini menyiapkan diri bersama kader untuk memenangkan Pilpres dan Pileg pada Pemilu 2024.

John yang juga sebagai Tokoh Masyarakat di Tana Toraja itu optimis dan berupaya untuk merebut 6 kursi DPRD Tana Toraja yang saat ini menduduki 4 kursi sementara Tana Toraja memiliki 6 Daerah Pemilihan (Dapil).

“Saya akan berusaha 6 Dapil, Demokrat akan memiliki kursi di setiap Dapil dan saya optimis itu,” ucapnya.

Pasangan Albertus Patarru pada Pilkada 2020 lalu itu menegaskan partai Demokrat akan menempatkan Caleg yang tepat di setiap Dapil dan mempertimbangkan calon memiliki elektabilitas yang tinggi, orang yang ditokohkan dalam masyarakat sehingga memiliki potensi untuk terpilih.

Namun, terkait dirinya akankah maju pada Pilkada 2024, John mengaku saat ini dirinya masih fokus bertugas membesarkan partai terutama dalam menghadapi Pileg.

“Itu nanti yah, saya fokus pada Pilpres dan Pileg setelah terpilih Ketua Demokrat Tana Toraja, karena perolehan 6 kursi tentu akan berpengaruh pada Pilkada nanti,” tutupnya.

Kandidat Calon Bupati Tana Toraja disebut-sebut Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi akan maju pada pertarungan Pilkada 2024 apalagi putra asal wilayah Toraja Barat itu sudah empat kali terpilih sebagai anggota DPRD dan tiga periode menduduki kursi Ketua DPRD Tana Toraja.

Politisi Golkar Tana Toraja itu beberapa saat lalu di ruang kerjanya memiliki penilaian terkait Pemilihan Bupati (Pilbup) 2024 yang menurutnya memiliki dinamika dan fenomena baru.

Menurutnya, tinjauan politik menuju Pilkada Tana Toraja dimana momentum sejumlah masyarakat tunjukkan pesta demokrasi yang baik dan berkualitas.

Pasalnya, warga sudah pintar menilai dan memilih calon bupati dan wakil bupati yang layak karena pengalaman politik dan birokrasi dimiliki calon.
Sementara itu, Ketua DPD II Golkar Tana Toraja, Victor Datuan Batara juga menegaskan dirinya akan maju sebagai calon Bupati Tana Toraja di 2024. Bahkan, pihaknya kata dia sudah mulai bergerak konsolidasi hingga ke tingkat desa.

"Untuk apa saya mati-matian rebut kursi ketua Golkar Tana Toraja kalau tidak ada tujuan ke pemilihan Bupati," tegas mantan Wakil Bupati Tana Toraja ini.

Victor juga mengungkapkan, kejadian pilkada serentak di 2020 kemarin tak akan terulang. Dimana dirinya harus mengakui kekalahan dari pasangan Theofilus Allorerung dan Zadrak Tombeg.
"Kemarin itu karena ada kader Golkar yang membelot. Kita berharap kader tidak membelot lagi. Harus ada sanksi tegas dari DPD I dan DPP," tandas Victor.

Calon lainnya ada mantan Bupati Tator, Nicodemus Biringkanae, Semuel Tande Bura yang merupakan mantan Sekretaris Daerah Tana Toraja. Lalu, ada Sarce Bandaso, anggota DPR RI periode 2019-2024 juga Pemilik Perusahaan Otobus (PO) Bintang Timur yang beroperasi di sejumlah daerah Sulawesi. Terus, Erianto L Paundanan, Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja. dr. Etha Rimba P. Tandi Payung yang pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Toraja Utara, bersaing dengan Bupati Yohanis Bassang (Ombas). Ada Hansten Allorerung, Ketua DPD Perindo Tana Toraja. dr Farma Lelepadang yang merupakan Direktur RSUD Lakipadada, dr Farma Lelepadang Juga Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada Makale.

Terus Yariana Somalinggi, yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Tana Toraja saat ini. Yariana adalah istri Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung.(ris/idr)

13 Tokoh Tana Toraja Punya Kans Maju 01

  • dr Zadrak Tombeng (Wakil Bupati Tana Toraja)
  • Nicodemus Biringkanae (Mantan Bupati Tana Toraja)
  • John Rende Mangontan (Anggota DPRD Sulsel Golkar)
  • Welem Sambolangi (Ketua DPRD Tana Toraja)
  • Victor Datuan Batara (Mantan Wabup Tator/Direktur PT Malea)
  • Semuel Tande Bura ( Mantan Sekda Tana Toraja)
  • Sarce Bandaso Tandiasik (Anggota DPR RI PDIP)
  • Erianto L Paundanan (Kajari Tana Toraja)
  • dr Etha Rimba P Tandi Payung (Mantan calon Wabup Tator)
  • Hansten Allorerung (Ketua Perindo Tana Toraja)
  • dr Farma Lelepadang (Direktur RSUD Lakipadada)
  • Yariana Somalinggi (Ketua Tim Penggerak PKK Tator)
  • John Diplomasi (Ketua Demokrat Tana Toraja)
  • Bagikan