YM Datu dan Andi Hatta Lolos Calon DPD RI

  • Bagikan

Bersama-sama Dudukkan WTL di Senayan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel telah melakukan tahapan akhir verifikasi administrasi (Vermin) perbaikan syarat dukungan KTP dan sebaran calon DPD RI asal dapil Sulsel. Hasilnya, ada enam bakal calon Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Sedangkan yang Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 28 orang, termasuk YM Datu Luwu Andi Maradang Mackulau dan H. Andi Hatta Marakarma.
Untuk itu, perlunya Wija To Luwu (WTL) untuk bersama-sama meloloskan putra daerah ke Senayan.

Komisioner KPU Sulawesi Selatan Asram Jaya mengatakan enam calon DPD itu tak lolos karena statusnya TMS dimana syarat dukungan minimal tidak terpenuhi.
Dimana, KPU Sulsel sendiri menggelar pleno rekapitulasi bakal calon DPD RI di Hotel Four Points Sheraton Makassar jalan Andi Djemma, Jumat (3/2) malam.

Seperti diketahui, penyerahan dukungan dimulai 16 Desember hingga 29 Desember 2022. Jadi di Sulsel jumlah penduduk 9 juta lebih. Maka dukungan minimal itu 3.000 orang yang tersebar di 50 persen daerah.
Mereka yang TMS, yakni Patrisius Apri Bhatara Randa, Pither Ponda Barani, Andi Armal Al Hakam, Andi Baso Riyadi Mappasule, Andi Mappatunru dan Sulprian.

Sementara, Kepala Sub Bagian Teknis dan Humas KPU Sulsel, Muh Asri mengungkapkan bahwa enam bakal calon senator tersebut Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dukungan minimal. Itu, setelah dilakukan verifikasi dukungan dan verifikasi perbaikan tahapan administrasi.
"Dari 29 bakal calon kami BMS untuk perbaikan, ada enam orang tidak mencukupi dukungan 3000an. Ini verifikasi akhir dari syarat administrasi dukungan," ungkapnya.

Diketahui, sejak awal pendaftaran terdapat 34 bakal calon berlomba-lomba mendaftar merebut empat kursi DPD RI. Memasuki masa perbaikan awal sebanyak 29 orang Belum Memenuhi Syarat (BMS) dukungan.
Sedangkan lima orang dinyakan Memenuhi Syarat (MS) dukungan tanpa perbaikan.

Padahal rentang waktu diberikan untuk perbaikan vermin sejak tanggal 30 Desember 2022 sampai 12 Januari 2023.
Kemudian dilanjutkan dengan perbaikan dan penyerahan dukungan minimal pemilih perbaikan kesatu pada tanggal 16-22 Januari 2023.
Selanjutnya verifikasi administrasi perbaikan lanjutan mulai tanggal 23 Januari sampai tangga 1 Februari 2023.

Tidak hanya itu, ia menjelaskan bahwa pada proses Vermin dan perbaikan dukungan bakal calon DPD, terdapat dua calon tak melakukan perbaikan. Meskipun sudah mengetahui Belum Memenuhi Syarat (BMS) dukungan.
Keduanya adalah Aliyah Mustika Ilham, dan Prof Abd Rahman. Khusus untuk Abd Rahman kata Asri telah meminta waktu tambahan untuk perbaikan, Namun, tak ada kabar lanjutan.

"Mereka juga tidak mengupload (formulir Lampiran Model F1-DPD) dan KTP yang diupload, artinya tidak melakukan perbaikan," jelasnya.
Untuk tahapan selanjutnya yakni verifikasi faktual yang akan berlansung pada tanggal 6-26 Februari 2023.

Cita-cita Provinsi Tana Luwu
Seperti diberitakan, tujuan utama YM Datu Luwu Andi Maradang Mackulau maju calon DPD RI adalah untuk mengawal pembentukan Provinsi Tana Luwu.

Ini adalah salah satu yang dicita-citakan dari masyarakat Luwu Raya yang terdiri dari 3 Kabupaten dan 1 Kota.
Datu Luwu turut menegaskan perihal tersebut karena ia menilai Luwu Raya wilayah kaya akan potensi alamnya.

Di samping itu pula, ia menekankan persatuan masyarakat Wija To Luwu. Hal ini dimaksudkan agar senantiasa Wija To Luwu memegang prinsip tersebut. Bahkan Datu Luwu mengeluarkan maklumat terkait setiap Wija To Luwu yang mempunyai dapat mengambil peran dalam setiap kontestasi. "Bagi Wija To Luwu yang memiliki potensi wajib kita dukung dalam mengambil peran dalam setiap momentum demi mendorong kemajuan Luwu Raya," katanya.

Andi Hatta
Majunya Andi Hatta Marakarma sebagai calon anggota DPD RI 2024, sebagai 'naik kelas'. Yang saat ini menjadi Ketua Fraksi Golkar DPRD Provinsi Sulsel.

Sebagai Tokoh Masyarakat Luwu Raya, H Andi Hatta yang juga pernah menjabat sebagai Bupati Luwu Timur Dua Periode yang dimulai pada 2005-2010-2010-2015 lalu, menyatakan majunya sebagai calon anggota DPD RI pada pemilu DPD 2024 telah mendapat sambutan yang sangat antusias dari masyarakat Luwu Raya dan Sulsel pada umumnya. Terbukti para pendukung Andi Hatta saat ini sudah mulai turun melakukan sosialisasi.
Dengan adanya respon positif dari masyarakat Luwu Raya dan Sulsel pada umumnya, terhadap dirinya yang akan maju sebagai calon angota DPD RI pada Pemilu 2024 mengaku sangat berterima kasih.

“Terima kasih atas dukungan para sahabat, keluarga, dan masyarakat Luwu Raya. Tentunya saya siap berjuang untuk untuk masyarakat baik pikiran, tenaga, dan waktu. Saat saya terpilih dan dipercaya sebagai anggota DPD RI dengan penuh tanggung jawab, pula yang terpenting bagaimana undang-undang otonomi daerah terkait hubungan pemerintah pusat dan daerah begitupun dengan penyusunan undang undang pembentukan pemekaran dan penggabungan daerah dalam pengelolaan sumber daya alam akan saya perjuangkan,” pungkas Andi Hatta.

Sebagai informasi, Tana Luwu yang terdiri dari 4 daerah kab/kota, sekarang ini luasnya sekitar 17.791 km², dengan penduduk lebih dari 700.000 jiwa.(idr)

Bacalon Anggota DPD RI Tidak Memenuhi Syarat (TMS)

Patrisius Apri Bhatara Randa
Pither Ponda Barani
Andi Armal Al Hakam
Andi Baso Riyadi Mappasule
Andi Mappatunru
Sulprian

  • Bagikan