52 Pantarlih se-Kecamatan Belopa Dilantik, Camat Andi Makkawaru Data Pemilih Harus Akurat

  • Bagikan

Suasana saat Pantarlih Kecamatan Belopa dilantik di Kantor Kecamatan Belopa, Minggu 12 Februari 2023. --fajar--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Pelantikan seluruh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) setiap desa secara serentak pada seluruh Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, di Kantor Kecamatan Belopa, Minggu 12 Februari 2023.

Pelantikan dilakukan Ketua PPS masing-masing dan dilanjutkan dengan apel siaga serta bimbingan teknis. Total Pantarlih sebanyak 52 orang.

Camat Belopa, Andi Makkawaru, mengatakan, pelantikan Pantarlih se- Kecamatan Belopa begitu khidmat. "Pelantikan ada hikmah. Kalau sudah disumpah artinya tidak boleh main-main. Di atas kepala ada Alquran," kata Andi Makkawaru. Dia meminta supaya Pantarlih ini hati-hati dalam mendata pemilih.

"Jangan ada anggota pantarlih yang tidak turun di lapangan untuk bekerja," tegasnya.
Data harus tepat. Tidak boleh salah. Kalau data amburadul, akan menimbulkan masalah dan tentu akan menimbulkan kerawanan. "Keberhasilan ada di tangan Anda petugas Pantarlih," ungkap Andi Makkawaru.

Pantarlih merupakan garda terdepan dalam mendata pemilih. Data yang ada tinggal dicocokkan apakah ada meninggal dan ada yang bertambah umur pada saat pemilih. Pendataan pemilih ini harus sesuai undang-undang dan peraturan KPU.
Divisi Data PPK, Kecamatan Belopa, Dia Muharida mengatakan, setiap hari harus bekerja.

"Jangan hanya tinggal di rumah. Tapi harus door to door," kata Diah. Setiap hari harus bekerja. Isi apa yang ada di rekap. Serahkan ke PPS. Kalau ada kendala koordinasi ke PPS maupun ke PPK.

Ketua PPK Belopa, Riyan Adrian saat membacakan sambutan Ketua KPU RI menegaskan agar Pantarlih untuk berkoodinasi dengan tokoh masyarakat setempat. "Pantarlih merupakan garda terdepan dalam mendata pemilih. Maka harus proaktif," paparnya. (fjr/pp)

  • Bagikan