Bawaslu Lutim Launching Aplikasi ‘Jarimu Awasi Pemilu’, Rachman Atja: Bisa Langsung Kirim Foto Atau Video di Aplikasi Soal Kecurangan Pemilu

  • Bagikan

BAWASLU Luwu Timur launching aplikasi Jarimu Awasi Pemilu dan Posko Kawal Hak Pilih yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Bawaslu Luwu Timur,
Ratcman Atja, Selasa 14 Februari 2023. --karim--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI-- Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Luwu Timur menggelar Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024 yang digelar di Hotel Lagaligo, Desa Puncak Indah Kecamatan Malili, Selasa 14 Februari 2023.

Dalam agenda ini juga dirangkaikan dengan sosialisasi pengawasan partisipatif sekaligus penandatanganan deklarasi Pemilu Damai.

Selain itu, Bawaslu juga melakukan launching Aplikasi ‘Jarimu Awasi Pemilu’ dan Posko Kawal Hak Pilih yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Bawaslu Luwu Timur, Rachman Atja.

Ketua Bawaslu Luwu Timur, Rachman Atja mengatakan kegiatan ini sebagai langkah awal mengawasi proses tahapan Pemilu 2024. Dimana bertujuan sebagai penguatan dalam pengawasan pemilu dan juga bertujuan untuk terus meningkatkan sinergitas antara lembaga dan masyarakat.

“Ini menandakan kesiapan kita dalam melakukan pengawasan dan mengawal proses demokrasi,” sebut Rachman Atja kemarin.

Dikatakan Rahman, kegiatan ini juga sesuai instruksi Bawaslu RI yang dimana digelar secara serentak. Sekaligus meresmikan hadirnya posko pengaduan tahapan Pemilu dan meluncurkan aplikasi ‘Jarimu Awasi Pemilu’.

“Aplikasi ‘Jarimu Awasi Pemilu’ ini adalah wujud bahwa Bawaslu mengajak kita melakukan pengawasan partisipatif awasi Pemilu dimana saja bisa setiap saat melakukan pengawasan pemilihan,” tegasnya.

Ia mengatakan, ‘Jarimu Awasi Pemilu’ ini dapat didownload langsung dari smartphone masing-masing dan semua
laporan pengaduan dapat disampaikan.

“Karena di aplikasi tersebut masyarakat juga bisa mengirim foto atau video langsung sebagai bukti jika adanya kecurangan pemilu,” tambahnya.

Dikatakan Rahman, aplikasi ‘Jarimu Awasi Pemilu’ merupakan terobosan sekaligus inovasi yang mengikuti perkembangan zaman digital, hadir sebagai solusi dalam melakukan pertukaran edukasi informasi, literasi digital pengawasan Pemilu.

“Selain kita melaunching aplikasi ‘Jarimu Awasi Pemilu’. ada juga deklarasi Pemilu damai dan berintegritas. Karena kami juga menyadari bahwa Bawaslu tidak kuasa tanpa dukungan semua pihak,” sebutnya.

Selain itu, kata Rahman, saat ini dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang, Bawaslu Luwu Timur telah menyatakan bahwa pihaknya telah melengkapi struktur pengawasan.

“Saat ini pengawas Pemilu berjumlah 164 orang, yang terdiri dari tiga orang dari Bawaslu, dari kecamatan 33 orang, dan pengawas Desa 128 orang.

Selain itu, kita ditopang oleh sekertariat dan pegawai non pemerintah, sehingga ditotalkan 272 orang pengawas Pemilu,”
tutur Rachman.

Kegiatan Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024, turut dihadiri sejumlah stakeholder Pemilu dari Bawaslu, KPU, Kapolres, Kajari, Dandim 1403 Sawerigading. Hadiri pula, FKUB, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Gereja, GP Ansor, Nasyiatul Aisyiyah, Pimpinan Daerah Aisyiyah, dan Pimpinan Cabang NU Luwu Timur.(abdul karim/rachmy)

  • Bagikan

Exit mobile version