Waspada Batuk dan Pilek pada Peralihan Musim, Ini Tips dr Ana Adryana Agar Terhindar Penyakit

  • Bagikan
dr Ana Adryana. --ig--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Dalam beberapa hari ini, masyarakat khususnya Kota Palopo terserang penyakit batuk dan pilek.

Kenapa penyakit ini mudah menyerang kita? Dokter Keluarga BPJS Kesehatan Palopo, dr Ana Adryana mengungkapkan, penyebabnya karena saat ini masuk masa peralihan musim atau perubahan udara.

Akibatnya, terjadi suhu yang berubah-ubah. Ini menjadi salah satu kondisi yang memicu bakteri dan virus untuk lebih cepat berkembang biak.

Menurut dr Ana Adryana, Rabu, 15 Februari 2023, perubahan udara ini, akan berpengaruh pada tubuh. Karena tubuh akan berusaha untuk menyesuaikan dengan suhu sekitar.

Nah, jika daya tahan tubuh lemah, maka risiko untuk terserang penyakit jadi lebih besar terutama bagi bayi, anak, dan lansia.

Pengurus IDI Kota Palopo ini pun menyarankan supaya masyarakat Kota Palopo tetap menjaga pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi. Selain itu, dr Ana Adryana yang saat ini mengemban tugas di PKM Wara Utara Kota ini, menyarankan juga untuk berolahraga. Tentunya, harus dibarengi dengan istirahat yang cukup.

''Yang perlu juga adalah jangan lupa sertakan suplemen harian untuk membantu daya tahan tubuh Anda,'' tips alumni Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar ini. (rhm)

  • Bagikan