Kolaborasi DKM Syafaat Palopo dan MDC Indonesia Adakan Pelatihan Desain Grafis dengan Aplikasi Open Source

  • Bagikan

Suasana saat pelatihan desain Grafis dengan Aplikasi Open Source. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pegurus Masjid Syafaat 1 Palopo menyelenggarakan kegiatan Kelas Desain Dakwah Kreatif, Sabtu, 18 Februari 2023.

Kegiatan berupa pelatihan desain grafis ini merupakan hasil kolaborasi bersama Muslim Design Class (MDC) Indonesia.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris DKM Syafaat 1, Muhammad Suaib. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah unutk meningkatkan kemampuan komunikasi visual kaum muslimin, terutama para aktivis masjid agar desain-desain publikasi untuk dakwah dan kegiatan masjid bisa lebih menarik.

"Meski ini adalah kegiatan yang pertama kali, kami harap bisa terus berlanjut, agar dapat menjadi inspirasi bagi masjid-masjid lain di Kota Palopo. Kita juga mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Laznas Wahdah Inspirasi Zakat, Percetakan Amy, Komunitas Magguru Mangngaji, Bikers Mengaji serat sejumlah pihak yang mendukung kegiatan ini, semoga diberikan balasan yang terbaik dari Allah Subhanahu wata'ala" katanya.

Sementara itu, Jefriadi yang menjadi pemateri pada kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa, melalui kegiatan kelas desain ini, peserta dapat mengetahui proses kreatif dari sebuah desain publikasi, sejak dari awal hingga pada proses cetak.

"Dalam pelatihan ini kita menggunakan program Inkscape, aplikasi dengan lisensi open source atau gratis. Tujuannya adalah mengedukasi peserta agar menggunakan aplikasi yang legal dan bukan bajakan. Harapan kita, dengan menggunakan aplikasi yang berstatus 'halal', hasil desain konten dakwah dapat memberikan dampak yang positif saat dipublikasikan," tutur founder Muslim Design Class Indonesia ini.

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah peserta yang terdiri dari pegawai instansi keagamaan, ormas dakwah, komunitas dakwah, pengurus masjid dan lembaga dakwah kampus.(*/rls/uce)

  • Bagikan