Ini Makna Bulan Suci Ramadan Bagi Umat Islam, Melatih Kesabaran Hingga Pengampunan Dosa

  • Bagikan
Ilustrasi. --ist--

-Istimewa-

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Umat islam sebentar lagi akan merayakan hadirnya bulan Ramadan. Bukan hanya berpuasa, bulan Ramadan memiliki makna yang sangat berarti yaitu bulan pengampunan.

Bulan Ramadan yang juga disebut sebagai bulan penuh berkah itu adalah waktunya umat islam menjalankan salah satu rukun Islam, yaitu menjalankan puasa Ramadan.

Kehadiran bulan Ramadan selalu disambut dengan antusias oleh umat Islam. Banyak sekali amalan amalan yang dapat dilakukan seorang muslim pada bulan Ramadhan ini.

Akan sangat merugi seorang muslim bila tidak memanfaatkan datangnya bulan Ramadan ini untuk memperbanyak amal ibadahnya.

Berhubung bulan Ramadan tahun ini hanya tinggal menghitung hari, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui apa saja keutamaan bulan Ramadan.

Redaksi fin.co.id (grup PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID) berusaha merangkum 5 keutamaan bulan Ramadan yang wajib diketahui, ulasannya sebagai berikut:

Makna Bulan Ramadan Bagi Umat Islam

  1. Bulan Ramadan penuh dengan kesabaran

Makna bulan Ramadan bagi umat Islam yang pertama adalah Sebagai bulan di mana umat muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Selama berpuasa umat islam diwajibkan untuk menahan segala hawa nafsu, berperilaku sabar, dan tahan akan adanya ujian.

Rasulullah SAW bersabda, “Puasa (Ramadan) merupakan perisai dan benteng yang kokoh dari siksa api neraka.” (HR. Ahmad dan al-Baihaqi).

Selain itu, berpuasa di bulan Ramadan adalah salah satu rukun Islam. Karena itulah makna bulan Ramadhan bagi umat islam sangatlah besar. Ramadhan penuh dengan berbagai macam kebaikan serta keberkahan.

Kamu diwajibkan untuk menahan diri dari segala emosi ketika berpuasa, selain tentunya menahan haus dan lapar. Segala emosi, seperti nafsu, amarah dan emosi yang berlebihan lainnya dapat merusak pahala puasa.

Oleh karena itu kamu sebaiknya memperbanyak ibadah dan tadarusan ketika berpuasa. Selain itu, kamu juga diwajibkan untuk tidak bergosip pada bulan Ramadan.

Kamu harus menjaga mulutmu untuk tidak mengatakan tentang orang lain serta mengatakan hal-hal yang jorok atau tidak seharusnya kamu katakan. Hal ini menjadi bukti bahwa makna bulan Ramadhan bagi umat islam menjadi sangat besar.

  1. Bulan Turunnya Al Quran
    Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadhan, tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan. Alquran merupakan petunjuk dan pedoman hidup yang harus diimani oleh setiap muslim.

Malam pertama kalinya diturunkan Alquran kepada Nabi Muhammad SAW disebut juga dengan Nuzulul Qur'an. Jadi makna bulan Ramadhan bagi umat islam menjadi bertambah penting dengan diturunkannya Alquran sebagai kitab pedoman kehidupan umat di bulan Ramadhan ini.

  1. Malam Lailatul Qadar
    Pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Itulah malam Lailatul Qadar (QS. 97: 1). Malam Lailatul Qadar ini tentunya menjadi suatu malam yang paling diinginkan oleh semua umat muslim.

Tentunya untuk mendapatkan malam seribu bulan ini, kamu harus melaksanakan ibadah dan amalan yang shaleh, seperti berpuasa, tilawah, tadarus Alquran, berdoa, berdzikir, muhasabah diri dan amal ma'ruf lainnya untuk diri sendiri maupun orang lain.

Hanya orang orang yang beramal shaleh lah yang bisa mendapatkan malam ini. Karena itu, makna bulan ramadhan bagi umat islam salah satunya adalah adanya malam lailatul qadar yang merupakan malam yang sangat spesial.

  1. Bulan yang penuh dengan kedermawanan

Pada bulan Ramadhan ini, Nabi Muhammad SAW memberi teladan terbaik dengan banyak bersedekah dan menjadi orang yang paling dermawan pada bulan suci ini. Hal ini membuat Anda mendapatkan bahwa makna bulan ramadhan bagi umat Islam selanjutnya adalah untuk banyak bersedekah dan memberi kepada orang yang tidak mampu serta mengurangi beban fakir dan miskin.

Umat islam dianjurkan untuk bersedekah serta di akhir puasa yaitu sebelum hari raya Idul Fitri diwajibkan untuk menunaikan zakat fitrah bagi orang yang mampu.

  1. Bulan pengampunan dosa

Makna Ramadhan bagi umat Islam selanjutnya adalah sebagai bulan pengampunan dosa. Rasulullah SAW pun bersabda,

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena keimanan dan hanya mengharap pahala, dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. al-Bukhari).

Dengan hadis tersebut maka telah jelaslah untuk kita semua bahwa bulan Ramadhan ini memang penuh dengan pengampunan. Allah SWT menjanjikan pengampunan segala dosa dan kebebasan dari siksa api neraka terhadap orang orang yang berpuasa karena keimanannya dan semata mata untuk mengharap ridha-Nya.

Apalagi ketika bulan Ramadhan pintu pintu surga dibuka, pintu pintu neraka ditutup dan setan setan dibelenggu. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Jika datang bulan Ramadhan pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR. al-Bukhari dan Muslim). Membuat makna bulan Ramadhan bagi umat Islam semakin besar.

Bahkan Allah SWT menyediakan pintu khusus di surga untuk umat Islam yang berpuasa Ramadhan, yang bernama Ar-Rayyan. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Pintu ar-Rayyan hanya diperuntukan bagi orang-orang berpuasa, bukan untuk selain mereka. Bila pintu tersebut sudah dimasuki oleh seluruh rombongan ahli puasa Ramadhan, maka tak ada lagi yang boleh masuk ke dalamnya.” (HR. al-Bukhari, Muslim dan Ahmad).

Jadi dengan mengetahui berbagai makna bulan Ramadhan bagi umat Islam ini, kamu dapat memperbanyak amalan dan semakin bertakwa dalam menjalani ibadah puasa Ramadhan yang akan menjadikanmu pribadi yang lebih baik untuk selanjutnya. (fin/pp)

  • Bagikan