Cuaca Ekstrem Ancam Pesisir Barat, Selatan, dan Utara Sulsel Termasuk Tana Luwu Akhir Pekan Ini, Berikut Peringatan BMKG

  • Bagikan
Angin kencang. ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini cuaca di sejumlah wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Hujan lebat hingga angin kencang diprediksi akan terjadi dalam tiga hari ke depan.
Peringatan dini cuaca 3 harian yang dirilis BMKG berlaku sejak 25, 26, dan 27 Februari 2023.

BMKG memperkirakan sebagian besar kabupaten/kota di Sulsel terdampak hujan ringan, sedang, dan lebat. Juga, disertai dengan kilat/petir dan angin kencang. Wilayah yang dimaksud, yakni Bantaeng, Barru, Bone, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Makassar, Maros, Palopo, Pangkep, Parepare, Pinrang, Sinjai, Takalar, Tana Toraja, Toraja Utara, dan Kepulauan Selayar.

''Peringatan Dini! Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang pada pagi hari hingga dini hari di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat dan selatan serta wilayah utara,'' sebut BMKG dalam laman resminya yang dikutip, Sabtu, 25 Februari 2023. https://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca-indonesia.bmkg?Prov=28&NamaProv=Sulawesi%20Selatan.

Di Palopo sendiri, mulai Sabtu, Minggu, dan Senin, akan terjadi hujan. Baik ringan dan sedang. Juga, disertai kilat/petir.

Pada hari Sabtu pagi, kondisi Kota Palopo berawan. Tapi, pukul 14.00 Wita diperkirakan akan terjadi hujan sedang sampai sore hari. Malam hari, pukul 20.00 Wita, terjadi hujan ringan. Begitu juga saat larut malam, yakni pukul 23.00 Wita hujan ringan.

Kondisi yang sama juga terjadi di Kabupaten Luwu, Sabtu, 25 Februari 2023. Sepanjang siang hari, akan terjadi hujan ringan. Begitu juga pada malam hari diperkirakan akan terjadi hujan yang sama.

Di Luwu Utara juga begitu. Sepanjang siang hari akan terjadi hujan ringan. Tapi, pukul 14.00 Wita akan terjadi hujan sedang. Sore hari juga masih terjadi hujan sedang. Tapi, malam mulai pukul 20.00 Wita intensitas hujan menurun menjadi hujan ringan.

Bagaimana dengan Minggu, 26 Februari 2023? Di Kota Palopo, mulai pukul 08.00 Wita, masyarakat masih bisa melakukan aktivitas jogging atau senam di tempat terbuka. Karena, kondisi cuaca hanya berawan dengan kecepatan angin 0 km/jam menuju barat.

Tapi, pada pukul 11.00 Wita, Palopo akan diguyur hujan. Yakni hujan sedang dengan kecepatan angin 10 km/jam. Begitu juga pada pukul 14:00 Wita, intensitasnya naik, yakni hujan sedang.
Tapi, saat sore hari, hanya hujan ringan. Malamnya, kondisi berawan.

Di Luwu, kondisi berawan juga pada saat pagi hari. Tapi pagi menjelang siang akan terjadi hujan sedang. Sama dengan Palopo. Sore hari hujan ringan.

Bagaimana dengan malamnya? Aman. Kondisi cuaca hanya berawan.

Sedang di Luwu Utara, siang baru akan terjadi hujan dengan intensitas rendah. Yakni hujan ringan. Malam hari berawan.

Bagaimana kondisi cuaca pada Senin, 27 Februari 2023? Di Palopo, pagi cerah. Tapi, akan terjadi hujan disertai petir pada pukul 14:00 Wita dengan kecepatan angin 10 km/jam arah tenggara. Pukul 20.00 Wita juga akan terjadi hujan disertai petir. (*/pp/uce)

  • Bagikan