Satu-satunya PTS yang Memiliki CBT Center di Luwu Raya

  • Bagikan

Rektor UMB Palopo, Dr. Hj. Nilawati Uly, S.si., Apt., M.Kes. --ist--

Bimbingan UKOM Gratis Untuk Mahasiswa UMB Palopo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Universitas Mega Buana (UMB) Palopo menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Luwu Raya yang memiliki Computer Based Test (CBT) Center untuk pelaksanaan Uji Komptensi (UKOM) bagi mahasiswa dan alumni fakultas kesehatan.

CBT Center UMB Palopo ini telah disertifikasi dengan nomor : 0082/03/CBTCENTER/II/20 oleh Lembaga Pengembangan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan Indonesia (LPUK‐NAKES) tahun 2021. Hadirnya CBT Center ini membuat UMB Palopo memberikan kemudahan bimbingan gratis bagi mahasiswanya dalam mengikuti UKOM sampai mereka lulus.

"Benar, kita memberikan bimbingan gratis mahasiswa dan lulusan UMB untuk Uji Kompetensi. Hadirnya Computer Based Test (CBT) Center ini semakin mempermudah mahasiswa kesehatan utamanya mahasiswa dan alumni UMB itu sendiri agar tidak perlu lagi jauh jauh ke makassar dengan biaya yang besar, dan untuk mahasiswa kita sendiri akan diberikan bimbingan kepada mereka secara gratis,"kata Rektor Dr. Hj. Nilawati Uly, S.si., Apt., M.Kes, Senin 27 Februari 2023.

Sertifikat CBT Center Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan Indonesia. --ist--

Dengan adanya CBT Center ini, UMB Palopo memiliki reputasi membanggakan karena dapat memperlancar pelaksanaan CBT dalam uji kompetensi nasional yang terpusat di UMB Palopo dimana CBT Center ini melayani 6 Kabupaten/Kota. Dan pada tahun lalu, seluruh mahasiswa dan alumni peserta Ukom seratus persen lulus lantaran intensif mengikuti bimbingan.

Diketahui Uji Kompetensi adalah syarat wajib bagi seluruh mahasiswa profesi kesehatan antara lain, dokter, perawat Diploma tiga, profesi Ners, bidan diploma tiga, apoteker, rekam medis, dokter gigi, dan lainnya. Setelah mengikuti uji kompetensi baru mendapatkan sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh Pusat untuk mendapatkan STR. Setelah STR terbit, maka masing-masing lulusan sudah bisa mendaftar bekerja menjadi perawat di tatanan pelayanan kesehatan baik itu di Rumah Sakit, Puskesmas dan lain sebagainya.

Dan di UMB Palopo ini sebanyak 7 Program Studi kesehatan siap diberikan bimbingan UKOM gratis secara khusus, diantaranya pendidikan Profesi yakni Bidan dan Ners, dua Program Studi alih jenjang S1 Ilmu Keperawatan dan S1 Kebidanan serta 3 program Reguler yakni Prodi S1 Kesmas, S1 Keperawatan dan S1 Kebidanan.

Selain diberikan bimbingan UKOM gratis, tahun ini menjelang dies natalis ke 14 tahun, UMB Palopo juga memberikan subsidi biaya kuliah untuk pendaftar pertama yang akan berlaku hingga April 2023, dengan biaya kuliah hanya Rp19 Jutaan sampai lulus untuk alih jenjang, Rp2 juta per semester untuk program reguler, Rp12 Jutaan sampai untuk Profesi bidan dan Rp16 Jutaan sampai lulus untuk profesi Ners.(*/pp)

  • Bagikan