Bupati Lutim Budiman Hadiahkan Ukiran Kayu Ikan Butini ke Menparekraf Sandiaga

  • Bagikan
MENPAREKRAF Sandiaga Uno senang mendapat hadiah patung kayu Ikan Bunti khas Danau Matano dari Bupati Lutim, H. Budiman bersama Ketua Dekranasda Lutim, Hj Sufriaty saat mengunjungi stand Pemkab Lutim di ajang Inacraft 2023 di JCC, Jakarta, Rabu 1 Maret 2023. REPRO
  • Saat Kunjungi Stand Pemkab Lutim di Ajang Inacraft JCC

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendapat hadiah berupa ukiran kayu Ikan Butini dari Bupati Luwu Timur, H Budiman Hakim bersama Ketua TP PKK Lutim yang juga Ketua Dekranasda Lutim, Hj Sufriaty saat mengunjungi stand Pemkab Lutim di ajang Inacraft 2023 di JCC, Jakarta, Rabu 1 Maret 2023.


Ukiran kayu berbentuk ikan ini berwarna coklat tua.


Dari video yang diterima redaksi Palopo Pos tadi malam, nampak Bupati Lutim H Budiman dan Menparekraf Sandiaga kompak memakai batik warna tosca.


Uniknya lagi dalam video yang berdurasi tak sampai semenit itu, Menteri Sandiaga usai menerima hadiah ukiran kayu Ikan Butini dari Bupati Lutim, Budiman, ia langsung sendiri yang menjelaskan, kalau jenis ikan Butini ini berasal dari Danau Matano di Luwu Timur. Yang salah satunya termasuk Danau Terdalam di Indonesia dan Asia.


"Danaunya ini pak sangat jernih. Danau Matano ini. Salah satu danau terdalam di Indonesia, dan di Lutim juga ada Desa Matano Iniaku yang menjuarai Desa Wisata kategori kelembagaan," kata Menteri Sandiaga menjelaskan didampingi Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.


Sebagai informasi, sebelumnya Ketua Dekranasda Lutim, Hj. Sufriaty Budiman menyatakan siap mengikuti Pameran International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) Tahun 2023 di Jakarta pada 1-5 Maret mendatang.


Sufriaty juga menyampaikan bahwa, dirinya dan Bupati Lutim, H. Budiman rencananya akan hadir dalam pembukaan INACRAFT 2023 di Jakarta.


“Lutim siap untuk turut mensukseskan pameran INACRAFT 2023. Kami dari Kabupaten Lutim turut berpartisipasi pada giat tarian tradisional yang sudah dijadwalkan pada tanggal 3 Maret mendatang. Selain itu, juga ada produk-produk kerajinan unggulan yang diproduksi oleh IKM binaan Dekranasda, seperti anyaman Teduhu, Kain Taipa, Gerabah dan lain-lain, yang telah dikemas dengan baik,” bebernya.


Sufriati memaparkan bahwa, produk unggulan dari Lutim yang akan dibawa saat pameran sudah selesai dipersiapkan semuanya dan akan memberikan tampilan terbaik.(idr)

  • Bagikan