Hari Ini, Bulog Operasi Pasar Beras Murah di Songka

  • Bagikan
ILUSTRASI

6 Maret di Pelataran SCC

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Perum Bulog Palopo mulai melakukan stabilisasi harga beras di pasaran dengan mengadakan Pasar Murah. Yang Rabu 1 Maret hari ini dimulai di Pasar Hobi, Jl. Memet, Kelurahan Songka, Kec. Wara Selatan.
Dikatakan Kepala Perum Bulog Palopo, Lisnawati, kalau operasi pasar murah ini menyediakan beras dengan kualitas medium yang dijual harga Rp9.450 per kg dan beras premium sekira Rp11 ribu per kg.

"Rencananya kita akan gelar operasi pasar murah ini di beberapa lokasi nantinya. Untuk hari pertama di Pasar Hobi, Jl. Memet, Kelurahan Songka. Selanjutnya Senin 6 Maret di pelataran SCC," kata Lisnawati saat dikonfirmasi, Selasa 28 Februari 2023, kemarin.
Seperti diketahui, harga beras yang naik drastis membuat masyarakat semakin galau. Di tingkat pengecer (kelontong) ada yang mencapai Rp15 ribu per kg.

Adapun stabilisasi harga yang dilakukan Bulog adalah menjual beras kemasan medium lewat pasar murah dan ke sejumlah toko kelontong yang tersebar di pasar serta sejumlah toko ritel modern.
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, dan Direktur Utama (Dirut) Perum BULOG Budi Waseso untuk menjaga stabilitas harga beras.

“Ini masalah penyaluran, soal operasi pasar. Mendag itu stabilisasi, saya pelaksananya, Pak Arief itu, Badan Pangan Nasional itu yang ngitung neracanya nanti kebutuhannya berapa,” ujar Dirut Perum BULOG Budi Waseso usai mengikuti rapat terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (31/01/2023).
Budi mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan hingga 300 ribu ton untuk disalurkan melalui operasi pasar.

“Yang sudah siap kita edarkan 315 ribu ton. Itu yang akan segera kita turun-turunkan untuk operasi pasar,” ujarnya.(idr)

  • Bagikan