Catat! Ini 3 Fakta Mengerikan PSM Musim Ini Menuju Juara Liga 1

  • Bagikan
Duo pemain andalan Pemain PSM Makassar Yakob Sayuri dan Yance Sayuri. --fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- KOKOH di puncak. Yah, PSM Makassar kini makin nyaman di posisi pucuk klasemen sementara Liga 1.

Berkat bentrok yang dilakukan dengan kemenangan, terakhir saat membak Persis Solo secara dramatis 3-2 pada laga pekan ke-28 BRI Liga 1 2022/2023 yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie, Parepare, Minggu (5/3/2023) sore Wita.

Pada duel ini, Laskar Pinisi, julukan PSM Makassar menurunkan susunan pemain terbaik untuk menghadapi Persis Solo. Pelatih Bernardo Tavares masih mengandalkan skema 3-5-2.

Terbukti, tim Juku Eja menang secara dramatis. Perjalanan PSM pun menuju tangga juara makin terbuka luas. Ada tiga rekor mengerikan yang ditorehkan PSM Makassar menuju pemegang Mahkota juara.

  1. Delapan Kemenangan Beruntun

Kemenangan PSM Makassar atas persis 3-2, membuat tim Juku Eja telah mengoleksi delapan kemenangan beruntun. Tentunya, merupakan catatan manis di antara kontestan Liga 1 lainnya.

Berdasarkan data, tak satupun klub Liga 1 yang berhasil menorehkan rekor ini. Persib Bandung yang juga pesaing terdekat hanya mencatatkan enam kemenangan beruntun saja.

Usai ditekuk Persija Jakarta 2-4 pada 25 Januari 2023, dendam membara pun dilampiaskan ke tim-tim lawannya. Pasukan Ramang berhasil mengalahkan RANS Nusantara FC, Arema FC, Barito Putera, dan Persib. Tidak puas sampai di situ, tim asuhan Bernnardo Tavares pun menggasak Persik Kediri, Persebaya Surabaya, dan Dewa United. Persis Solo pun menjadi tumbal terbaru.

  1. Keangkeran Stadion Gelora BJ Habibi

Meski bermain di Parepare, Stadion BJ Habibi, tidak seperti pada liga-ligha sebelumnya di Stadion Mattonging, Makassar, namun tempat ini juga menjadi angker bagi tim tamu musim ini.

Tercatat, dari 15 laga di Stadion Gelora BJ Habibi, PSM selaku tuan rumah baru sekali kalah dan sekali imbang. Sisanya berlalu dengan kemenangan.

Catatan 13 kemenangan itu juga jadi yang terbaik di antara tim manapun dalam konteks laga kandang. Persija memang belum terkalahkan, namun hanya 11 laga kandang saja yang berhasil dimenangkan.

  1. Comeback Terbanyak

Rekor berikutnya bisa dibilang buruk, bisa juga dianggap bagus. PSM Makassar tercatat lima kali melakoni comeback di Liga 1 2022/2023.

Catatan tersebut bisa diartikan bahwa mental PSM sangat teruji, tetapi juga bisa berarti PSM sering telat panas.

Apapun itu, PSM saat ini memimpin 10 poin dari Persib. Hanya saja, Maung Bandung masih menyimpan dua pertandingan tunda, termasuk laga panas kontra Persija.

Selamat buat PSM. Semoga, mahkota juara dapat didekapnya. (*/fjr/net/pp)

KLASEMEN SEMENTARA LIGA 1

PER 6 MARET 2023

  • Bagikan