Wilianto Tanta Diundang Konferensi Marga Tionghoa Se-Asia Tenggara

  • Bagikan
  • Berharap Ada Jalinan Kerja Sama di Bidang Perdagangan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA — Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Wilianto Tanta mengaku gembira diundang di Konferensi 10th Symposium of Chinese Clans in South East Asia & China cum International Youth Forum.

Forum yang digelar pada 4 Maret hingga 7 Maret 2023 di The Wembley A St Giles Hotel, Penang, Malaysia, dihadiri Wilianto Tanta dengan jajaran delegasi PSMTI.

Saat memberikan sambutannya, Wilianto Tanta menyampaikan kesyukurannya diundang menghadiri Konferensi Marga Tionghoa Se-Asia Tenggara dan China ke 10 itu.

"Saya sangat gembira dapat hadir di acara yang luar biasa ini dalam konferensi marga Tionghoa Se - Asia Tenggara dan China yang ke sepuluh," kata Wilianto di Penang, Malaysia, Sabtu 4 Maret 2023.

Pada kesempatan itu, ia juga memperkenalkan PSMTI sebagai salah satu organisasi suku Tionghoa terbesar di Indonesia dengan jumlah Pengurus di 32 Provinsi dan lebih dari 300 Kota / Kabupaten.

Sejak didirikan pada 28 September 1998, Wili menuturkan, PSMTI banyak berkontribusi dalam menjaga persatuan di Indonesia.

Ia pun berharap, agar forum lintas negara itu mengeratkan hubungan antar marga Tionghoa Se-Asia Tenggara.

“Ada banyak hal yang dapat kita lakukan bersama-sama, di bidang sosial, budaya maupun ekonomi, seperti perdagangan dan investasi. Saya berharap Konferensi ini dapat membuahkan program-program nyata, untuk mempererat persahabatan di antara kita terutama dibidang perdagangan," ujarnya.

Lebih lanjut, Wili menyampaikan, pada Konferensi Marga Tionghoa Se – Asia Tenggara dan China ke 9 di Manila, Philipina telah memutuskan Indonesia sebagai tuan rumah Konferensi Marga Tionghoa Se – Asia Tenggara dan China ke 11 yang diselenggarakan di Bali.

Untuk itu, Ketum PSMTI Wilianto mengucapkan terima kasih serta memohon dukungan dalam menyelenggarakan Konferensi Marga Tionghoa Se - Asia Tenggara dan China ke - 11.

"Saya mengundang para delegasi untuk hadir di Indonesia, untuk menikmati wisata alam dan kuliner," pungkasnya.

Diketahui, konferensi itu juga dihadiri Kepala Menteri Pulau Penang, Chow Kon Yew; Ketua Penyelenggara Konferensi Marga Tionghoa Se Asia Tenggara sekaligus Ketua Dewan Marga Tionghoa Penang, Leong Keng Fei; Sekretaris Jenderal Asosiasi Marga Tionghoa Se Asia Tenggara dan Ketua Asosiasi Marga Tionghoa Bersatu Thailand, DR. Kitti Ittiphakorn.

Lalu Ketua Asosiasi Keluarga Besar Filipina, Ding Jingyu; Wakil Ketua Federasi Tionghoa Khmer di Kamboja, Chea Shoeun; Ketua Federasi Asosiasi Nama Keluarga Tionghoa Malaysia, Dato Heng Hong Him; Ketua Asosiasi Marga Tionghoa China, Hu Shengcheng dan lain sebagainya.(fjr/idr)

  • Bagikan