PSM Jangan Lengah! Tur Away Lawan Persikabo dan Persita

  • Bagikan
Penyerang PSM, Everton merayakan go kemenangan ke gawang Persis Solo. (ABE BANDOE/FAJAR)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Juara di depan mata. PSM Makassar pun harus tetap waspada kepada setiap lawannya. Lengah, bisa tergelicnir dan akhirnya mahkota sang juara pun gagal didekap.

Kini, usai membekap Persis Solo 3-2 pada laga kandang, Minggu, 5 Maret 2023 lalu, kini Pasukan Ramang ditunggu tur away. Yah, tim Juku Eja akan menantang Persikabo 1973 dan Persita Tangerang.

Skuad asuhan Bernardo Tavares akan bertandang, Kamis, 9 Maret mendatang untuk menantang Persikabo. Setidaknya, laga ini mesti pulang dengan poin. Kemudian, Yuran Fernandes dkk kembali akan menjajaki tuan rumah Persita pada 13 Maret 2023.

Jika tergelincir, PSM akan memangkas selisih poin mereka dari pesaing terdekatnya, Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Secara posisi, PSM kukuh di puncak klasemen dengan koleksi 62 poin dari 28 laga. Terpaut 10 poin dari Persib (52 poin) dalam 26 laga. Begitu juga Persija (51 poin) dengan jumlah 26 laga.

Selisih ini memang terbilang jauh jika dilihat secara sekilas. Hanya saja, Persib dan Persija punya kans besar menyalip poin Pasukan Ramang. Dua laga tunda masing-masing keduanya jadi keunggulan.

Seperti halnya peluang Persib. Tim berjuluk Maung Bandung itu punya banyak laga kandang dari delapan sisa laganya. Tercatat lima laga kandang. Karena itu, Pasukan Ramang tak boleh lengah.

Pengamat Sepak Bola Basri Baddu Salam, melihat absennya salah satu pilar penting bukan hambatan berat Bernardo Tavares. Justru kecerdikan pelatih mampu merotasi pemain terus berbuah manis.

Kendati demikian, PSM dianggap memang patut waspada. Terlebih laga tandang berikutnya akan menantang tim yang sedang ingin memperbaiki posisi mereka di klasemen.

"Bertindak sebagai tamu bukan laga yang mudah. Perbedaan atmosfer dan tekanan akan memengaruhi performa pemain. Tapi mereka hanya perlu fokus dan konsentrasi," jelasnya kemarin.

Bernardo Tavares juga sadar akan hal itu. Makanya, dia tak ingin jauh berpikir tentang gelar juara. Baginya, memaksimalkan laga demi laga paling penting demi mencapai hasil akhir.

"Saya tidak hitung berapa kali kita comeback atau menangan. Tapi bagaimana tim mampu memaksimalkan laga tiap laga. Target lima besar sudah kita penuhi. Namun, kita punya harapan lebih besar," tandasnya.

Asal tahu saja, jika PSM kembali menang atas Persikabo, maka mereka kini menyamai rekor sembilan kemenangan beruntun Bali United pada Liga 1 2017. Pasukan Ramang saat ini sudah mencatat kemenangan delapan laga beruntun. (*/fjr/pp)

  • Bagikan